BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

WHAT ARE ON-CAMPUS JOBS?

Posted on 21 Maret 2022

 

WHAT ARE ON-CAMPUS JOBS?

On-Campus Job atau pekerjaan di kampus adalah lowongan pekerjaan yang berada di universitasmu, seperti lowongan kerja sebagai asisten dosen atau peneliti, juga lowongan sebagai karyawan mahasiswa yang bekerja di perpustakaan, asrama, ruang makan, dan kantor administrasi. Peraturan universitas juga memungkinkan mahasiswa bekerja untuk organisasi pihak ketiga seperti toko atau pekerjaan kontrak di kampus. Beberapa contoh pekerjaan di kampus antara lain:

 

Research Assistant: Fakultas di departemen dan bidang studi yang berbeda selalu mencari bantuan untuk mengatur dan melakukan penelitian. Seringkali, pekerjaan penelitian didanai oleh hibah dan menawarkan posisi berbayar kepada asisten.

 

IT Assistant: Gunakan keterampilanmu dalam bidang teknologi untuk bekerja! Sebagian besar universitas di luar negeri mempekerjakan mahasiswa di kampus untuk memastikan semua teknologi berjalan dengan baik (seperti networks dan intranet).

 

Marketing Assistant: Dari menghubungi para alumni hingga manajemen akun media sosial universitas, marketing adalah bagian penting dari infrastruktur setiap universitas. Banyak mahasiswa bekerja dalam bidang marketing yang membuat universitas tetap kompetitif dan populer.

 

Tour Guide: Siapa bilang mahasiswa tidak bisa belajar memanfaatkan soft skill yang penting saat bekerja di kampus? Tugas tour guide atau pemandu wisata tidak hanya memperkenalkan universitas mereka, namun juga belajar menjadi pembicara publik dan menjadi sosok yang mewakili universitasnya.

 

Radio DJ: Pekerjaan di kampus juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bersenang-senang sambil bekerja! Misalnya dengan bekerja di stasiun radio dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari cara mengembangkan program, berbicara di depan umum, berpikir kreatif, dan membangun dan meningkatkan audiens mereka.

 

BACA JUGA: CV AND RESUME WRITING TIPS

 

CAN INTERNATIONAL STUDENTS WORK ON CAMPUS?

Jika kamu khawatir apakah mahasiswa internasional dengan visa F-1 tidak diperbolehkan bekerja di luar negeri, ada aturan yang harus kamu ketahui. Pekerjaan yang tersedia untuk mahasiswa pemegang visa F-1 terbagi dalam beberapa kategori yang berbeda: Selain pekerjaan di kampus, ada jenis pekerjaan dan magang yang lebih formal, seperti posisi Curricular Practical Training (CPT) dan Optional Practical Training (OPT).

Sering kali, pekerjaan CPT adalah ketika mahasiswa masih duduk di bangku kuliah, sedangkan pekerjaan OPT tersedia setelah mereka lulus. Jika mahasiswa siap untuk mengambil langkah profesional berikutnya, ada baiknya untuk mempelajari cara mengajukan status OPT dan CPT sebelum memulai proses pencarian kerja dan juga untuk mengeksplorasi program pengembangan karir di universitas masing-masing. Ada beberapa aturan khusus untuk pekerjaan di kampus bagi mahasiswa internasional:

  • Mahasiswa tidak dapat bekerja lebih dari 20 jam per minggu saat mengambil kelas
  • Mahasiswa tidak dapat melamar pekerjaan di kampus lebih dari 30 hari sebelum program mereka dimulai
  • Mahasiswa harus mendapatkan izin dari international student office di universitas sebelum dapat memulai kerja
  • Status visa pelajar F-1 harus terus dipertahankan

Pastikan untuk memeriksa aturan kerja di kampus bagi mahasiswa internasional sebelum melamar pekerjaan jika tidak yakin apakah mereka memenuhi syarat atau tidak. Bekerja di kampus bermanfaat bagi mahasiswa internasional dalam banyak hal: Selain mendapat penghasilan tambahan, pekerjaan kampus memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan teman baru, mengembangkan keterampilan profesional, dan membantu mahasiswa internasional mengembangkan kemampuan mereka.

 

BACA JUGA: HOW TO USE LINKEDIN TO FIND AN INTERNSHIP OR JOB

 

Ingin tahu pekerjaan apa yang cocok denganmu? Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik kalian. Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: