Swiss

BELAJAR DI SWISS

Di Swiss, edukasi merupakan kewajiban pemerintah (kanton dan/atau federasi) sejak pendidikan dasar yang diwajibkan sampai dengan pendidikan tersier seperti universitas, pendidikan dan pelatihan profesional). Kewajiban terhadap pendidikan diberikan kepada 26 kanton. Masing-masing kanton dan pemerintah federasi memiliki kewajibannya tersendiri untuk edukasi setelah pendidikan wajib nasional (sekolah pendidikan umum, kejuruan dan pendidikan dan pelatihan profesional, dan universitas). Tiap kanton dan kotamadya menghabisnya 90% dari anggaran publik mereka di pendidikan.

FAKTA MENGENAI SWISS

  • Swiss merupakan negara yang sangat terbuka untuk berbagai macam pendidikan. Siapapun yang memiliki kualifikasi dapat mengikuti jurusan sesuai dengan pilihannya
  • Swiss menduduki peringkat nomor 9 dari 65 negara dalam hal standar edukasi di kalangan pelajar berusia 15 tahun menurut survey OECD/PISA
  • Tahun akademik di Swiss dimulai sekitar bulan Agustus atau September dan akan diberlangsungkan selama dua periode yang masing-masing berdurasi 12 minggu
  • Homeschooling atau sekolah di rumah merupakan sesuatu yang ilegal di beberapa bagian di Swiss
  • Swiss adalah salah satu dari dua negara yang memiliki bendera berbentuk kotak
  • Kopi di Zurich merupakan kopi termahal di dunia
  • Swiss merupakan negara pengekspor cokelat terbesar di dunia

SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan Dasar
Pada saat seorang anak berusia sekitar enam tahun, ia diwajibkan untuk mengikuti pendidikan di sekolah dasar. Durasi pendidikan di sekolah dasar bergantung kepada kanton yang bersangkutan, yaitu sekitar empat sampai dengan enam tahun. Pada tahap ini, anak-anak tidak diklasifikasi menurut prestasinya.

Pelajaran akan dihantarkan sesuai dengan bahasa yang digunakan di daerah tertentu, seperti bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Italia dan bahasa Romansh. Mata pelajaran yang diajarkan meliputi bahasa ibu, bahasa nasional kedua dan bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan kesastraan (sebagai contoh, geografi, sejarah, etika dan agama), seni musik dan desain, pendidikan olahraga dan kesehatan.

Metode pengujian para siswa berbeda-beda di tiap kanton, namun pada umumnya, para pelajar akan menerima hasil laporan belajar mereka dua kali dalam setahun setiap akhir masa belajar (rentang nilai adalah satu sampai dengan enam dengan enam berarti nilai tertinggi dan satu berarti kurang memuaskan). Terdapat pula ulangan umum pada tiap tahunnya.

Dapat atau tidaknya para siswa untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi bergantung kepada performa akademik mereka dalam kurun masa satu tahun, dengan tidak adanya stigma yang diberikan kepada siswa yang gagal.

 

Sekolah Menengah Pertama
Para siswa umumnya memasuki sekolah menengah pertama pada usia 11 atau 12 tahun. Sekolah menengah pertama di Swiss dikenal dengan sebutan Gymnasium atau Kantonsschule. Pendidikan di sekolah menengah pertama umumnya berlangsung selama tiga tahun, kecuali di daerah Ticino yang berbahasa Italia, dimana pendidikan sekolah menengah pertama berlangsung selama empat tahun. Performa akademik siswa pada tingkat sekolah dasar akan menentukan kelas dimana ia akan ditempatkan pada tingkat sekolah menengah pertama.

Mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat sekolah menengah pertama ialah bahasa dari daerah yang bersangkutan, bahasa nasional kedua (adapun opsi untuk mempelajari bahasa nasional ketiga) dan bahasa Inggris, matematika, biologi, kimia, fisika, biologi, sejarah, pendidikan kewarganegaraan, music, seni, desain (seni desain visual, seni desain kain dan seni desain teknis), pendidikan olahraga dan kesehatan, ekonomi, bimbingan karier dan persiapan kejuruan.

Tidak ada ujian akhir nasional atau sertifikat meninggalkan sekolah atau diploma di Swiss.

 

Sekolah Menengah Atas
Setelah mengikuti pendidikan wajib nasional selama sembilan tahun, para remaja akan melanjutkan studi mereka ke sekolah menengah atas, dimana pendidikan akan dibagi menjadi pendidikan kejuruan dan pendidikan umum. Pendidikan di sekolah menengah atas di Swiss merupakan suatu hal yang tidak diwajibkan, sekalipun 90% dari pelajar di Swiss memutuskan unutk melanjutkan studi mereka pada usia 15 atau 16 tahun. Sekolah menengah atas diatur oleh Konfederasi dan kanton, sehingga terdapat variasi dalam hal organisasi dan kurikulum di dalam negeri Swiss sendiri.

Kualifikasi yang diberikan oleh para kanton di Swiss terbagi menjadi tiga tipe, yaitu:

  • Pendidikan dan pelatihan kejuruan (VET)
  • Sekolah Baccalaureate
  • Sekolah menengah atas khusus

 

Pendidikan Tersier
Pendidikan tersier meliputi universitas, termasuk universitas yang mengajarkan ilmu pengetahuan praktis dan universitas untuk pendidikan keguruan. Selain itu, terdapat pilar terpenting kedua, yaitu institusi yang menawarkan pendidikan dan pelatihan profesional. Tujuan daripada pilar ini ialah memberikan pengalaman profesional kepada masyarakat Swiss dan memampukan mereka untuk mendapatkan kualifikasi lebih, berikut dengan pendidikan yang special. Pendidikan tersier pun meliputi PET college dan federasi atau diploma tingkat lanjut federasi PET.

*Image Source Google