United States of America

BELAJAR DI AMERIKA SERIKAT

Sistem pendidikan di Amerika menawarkan beragai macam pilihan studi bagi para pelajar internasional. Ada berbagai jajaran sekolah, program dan lokasi yang dapat dipilih oleh siswa lokal maupun internasional. Pada saat kamu memulai mencari sekolah tujuanmu, salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan ialah mengenai sistem pendidikan di Amerika lebih lanjut. Memahami sistem pendidikan tersebut akan membantumu dalam hal menyeleksi alternative terbaik dan mengembangkan perencanaan studimu.

FAKTA MENGENAI AMERIKA SERIKAT

  • Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dalam hal penerimaan siswa internasional, diikuti dengan UK pada peringkat kedua dengan penambahan jumlah pelajar yang menuntut ilmu di Australia, Selandia Baru dan Spanyol
  • Amerika Serikat menduduki peringkat kelima dalam hal jumlah pemegang gelar tingkat college di antara grup usia 25 sampai dengan 64 tahun dan Amerika Serikat pun menduduki peringkat kedua belas di antara grup usia 25 sampai dengan 34 tahun dalam kategori yang sama
  • Universitas di Amerika hamper memonopoli ranking sepuluh besar universitas terbaik di dunia, dengan hanya Oxford dan Cambridge yang menyanding dua posisi dalam ranking tersebut
  • Satu dari setiap delapan warga Amerika pernah bekerja di McDonald
  • Apple Inc memiliki jumlah uang lebih besar disbanding perbendaharaan Amerika Serikat
  • Akumulasi dari pizza yang disajikan di Amerika Serikat setiap harinya berjumlah sekitar 100 hektar

SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan Dasar dan Menengah
Sebelum mengenyam pendidikan tinggi, para pelajar Amerika diwajibkan untuk mengikuti pendidikan sekolah dasar dan menengah selama 12 tahun. Masa-masa ini disebut sebagai kelas 1 sampai dengan kelas 12.
Pada saat berusia enam tahun, anak-anak di Amerika memulai pendidikan dasar yang sering disebut “elementary school” atau sekolah dasar. Mereka mengikuti pendidikan dasar tersebut selama lima sampai dengan enam tahun sebelum akhirnya memasuki sekolah menengah.

Sekolah menengah terdiri atas dua program: yang pertama ialah “middle school” atau sekolah menengah pertama, sementara yang kedua ialah “high school” atau sekolah menengah atas. Menjadi seorang diploma atau mendapatkan sebuah sertifikat kelulusan adalah hal yang akan didapatkan oleh seseorang yang berhasil lulus dari tingkat sekolah menengah atas. Setelah lulus dari sekolah menengah atas (kelas 12), pelajar di Amerika Serikat memiliki pilihan untuk pergi ke college atau universitas. Pendidikan di college atau universitas sering kali disebut Pendidikan tinggi.

 

Pendidikan Tinggi
Seorang pelajar yang mengenyam pendidikan tinggi di college atau universitas dan belum mendapatkan gelar sarjana berarti sedang menjalani pendidikan di tingkat undergraduate atau program sarjana. Biasanya, para pelajar membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.
Kamu memiliki beberapa pilihan untuk memulai studimu di Amerika Serikat, antara lain memulainya di community college, mengambil program empat tahun di sebuah universitas atau college.

Selama dua tahun pertama dari studimu, kamu diwajibkan untuk mengambil berbagai macam kelas dengan mata pelajaran yang berbeda, atau sering disebut sebagai prerequisite courses (mata pelajaran yang harus diambil sebagai persyaratan untuk dapat mengambil mata pelajaran lain pada tingkat yang lebih tinggi).  Prerequisite courses meliputi bidang literature, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni, sejarah, dan lain-lain. Tujuan daripada prerequisite courses ini ialah agar kamu memiliki pengetahuan umum dan fondasi tentang berbagai macam mata pelajaran sebelum kamu dapat memfokuskan dirimu di bidang studi yang lebih spesifik.

Banyak pelajar yang memilih untuk memulai studi mereka di community college untuk melengkapi syarat dua tahun prerequisite courses. Mereka akan mendapat gelar Associate of Arts (AA) yang memungkinkan mereka untuk melakukan transfer ke program universitas yang berdurasi selama empat tahun atau college.

Sebuah “major” atau jurusan ialah bidang studi spesifik dan merupakan letak fokus dari program sarjanamu. Sebagai contoh, apabila major seseorang ialah jurnalisme, mereka akan mendapatkan gelar Bachelor of Arts di Jurnalisme. Kamu akan diwajibkan untuk mengambil beberapa mata pelajaran di bidang tersebut untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar di major pilihanmu. Kamu pun harus memilih major tersebut pada awal tahun ketigamu di sekolah.

*Image Source Google