Singapura

BELAJAR DI SINGAPURA

Singapura, atau yang dikenal dengan sebutan “Little Red-Dot”, merupakan negara yang bersinar di jantung Asia. Singapura merupakan salah satu negara Asia yang maju dan memiliki kualitas hidup yang tinggi serta tingkat kriminalitas yang rendah.

Sistem edukasi di Singapura bertujuan untuk membantu para pelajar meraih potensi terbesar dalam diri mereka dengan cara membantu mereka menemukan talentanya, menyadari potensi terbesarnya, serta mengembangkan minat mereka untuk belajar sepanjang hayat. Sistem edukasi di Singapura diterapkan sejak seorang anak masih belia dan membantu mereka untuk mengembangkan kompetensi dasar, nilai-nilai, serta pengembangan karakter untuk memastikan bahwa mereka memiliki kapabilitas dan watak yang akan menyukseskan mereka pada abad ke-21. Jalur pendidikan di Singapura ditujukan bagi para pelajar dengan kekuatan, minat dan gaya belajar yang berbeda untuk mencapai potensi maksimal dalam diri mereka.

Dewasa ini, para pelajar di Singapura mendapatkan enam tahun pendidikan dasar, empat sampai dengan lima tahun pendidikan menengah, dan diikuti dengan dua tahun pendidikan di Junior College, Polytechnic atau Institute of Technical Education.

Pendidikan dasar di Singapura terdiri atas empat tahun tingkat dasar dimana para siswa diwajibkan untuk mengikuti kurikulum dasar yang menekankan fokus terhadap Bahasa Inggris, bahasa ibu dan matematika. Ilmu pengetahuan alam dikenalkan kepada siswa kelas 3. Mata pelajaran lain yang diajarkan di sekolah dasar meliputi pendidikan kewarganegaraan, pendidikan moral, ilmu pengetahuan sosial, pelajaran olahraga, seni dan music.

FAKTA MENGENAI SINGAPURA

  • Pelajaran dihantarkan dalam bahasa Inggris atau bahasa ibu, tergantung institusi tempat siswa tersebut belajar dan semua siswa diwajibkan untuk belajar bahasa Inggris dan sebuah bahasa ibu
  • Singapura adalah tempat destinasi terbaik untuk pelajar internasional. Pada pertengahan tahun 2014, terdapat 75,000 visa pelajar yang diterbitkan
  • Pengeluaran pemerintah untuk edukasi terhitung sejumlah 4% dari total GDP pada tahun 2014, dengan 12.7% dari total pengeluaran pemerintah diberikan kepada Kementrian Pendidikan
  • Singapura merupakan salah satu negeri terkaya di dunia dalam hal GDP per kapita. Hal tersebut adalah berkat ekonomi Singapura yang kuat, sekalipun populasinya berjumlah sedikit
  • Warga Singapura memiliki kecepatan berjalan yang tertinggi, yaitu 18 meter dalam waktu 10.55 detik!
  • Singapura juga dikenal dengan sebutan “Lion City” atau “Little Red Dot”

SISTEM EDUKASI

Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar umumnya dimulai sejak usia tujuh rahun dan terdiri dari empat tahun tingkat dasar (Kelas 1-4) dan dua tahun tingkat orientasi (Kelas 5-6). Pendidikan dasar diwajibkan dan diatur dalam Compulsory Education Act sejak tahun 2003.

Setelah enam tahun menempuh pendidikan sekolah dasar, para siswa harus mengikuti ujian nasional tingkat sekolah dasar, atau lebih dikenal dengan sebutan Primary School Leaving Examination (PSLE). Setelah itu, para siswa dapat memilih sekolah menengah yang ingin mereka tuju berdasarkan hasil test PSLE mereka.

 

Pendidikan Menengah

Pada tingkat sekolah menengah, para pelajar diwajibkan untuk menghabiskan sekitar 4 sampai dengan 5 tahun untuk menyelesaikan pendudukan menengah di Singapura. Pendidikan menengah di Singapura dibagi menjadi tiga haluan sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

  1. Express Courses
    Pelajar yang memilih express course akan menjalani pendidikan selama empat tahun untuk mempersiapkan diri mereka menjalani ujian Singapore-Cambridge General Certificate of Education (GCE) O-Level
  2. Normal Academic Course
    Pelajar yang memilih Normal Academic Course akan menjalani pendidikan selama empat tahun untuk mempersiapkan diri mereka mengikuti ujian GCE N(A)-Level. Mata pelajaran yang diuji serupa dengan mata pelajaran yang diuji GCE O-Level dan pelajar yang berhasil mendapatkan nilai tinggi di GCE N(A)-Level dapat memilih untuk mengikuti pembelajaran selama satu tahun untuk mempersiapkan diri mereka menjalani ujian O-Level.
  3. Normal Technical Course

Pelajar yang memilih Normal Technical Course diwajibkan mengenyam pendidikan selama empat tahun untuk mengikuti ujian GCE N(T)-Level. Mata pelajaran yang diuji antara lain bahasa Inggris, bahasa ibu, matematika dan mata pelajaran berempasis teknik atau praktik  dengan kurikulum yang diperbarui untuk meningkatkan pembelajaran berbasis praktik.

 

Pendidikan Tersier

Pendidikan tersier di Singapura dibagi menjadi institusi publik dan institusi swasta. Pelajar yang memegang sertifikat A-Level atau setara dengan SMA kelas 12 dapat menyelesaikan program sarjana dalam waktu 2-5 tahun, tergantung pilihan jurusan mereka. Biaya pendidikan pun bergantung kepada pilihan jurusan siswa.

*Image Source Google