CINA

KULIAH DI CINA

Cina, negara yang kerap kali disebut sebagai negara Tirai Bambu. Cina merupakan salah satu negara dengan kebudayaan tertua di dunia yang telah berkontribusi pada beragam kesenian, sastra, arsitektur, teknik, dan masih banyak lagi.

Saat ini, Cina masih menjadi ekonomi terluas dunia yang bersaing dengan US dalam hal kepentingan ekonomi global. Negara ini adalah salah satu ekonomi utama dengan pertumbuhan tercepat dan merupakan produsen dan eksportir terbesar di dunia. Cina dianggap sebagai negara adidaya potensial karena pasarnya yang besar dengan kekuatan militer yang berkembang, potensi ekonomi dan memiliki pengaruh dalam urusan internasional.

Kepercayaan modern Cina berdasarkan ajaran Confucius yang mengutamakan moralitas, kebaikan dan pendidikan. Cina telah menjadi negara yang memiliki sejarah kaya nan panjang. Cina Kuno adalah pulaunya penemuan. Selama berabad-abad, Cina jauh di depan dan mengalahkan sebagian besar negara lain dalam Sains, Tekonologi, Astronomi dan Matematika. Masyarakat Cinalah yang menemukan kertas, kompas magnetik, percetakan, porselen, sutra, bubuk mesiu dan masih banyak lagi.

Tembok Besar Cina, Grand Canal dan berbagai proyek lain yang didirikan oleh masyarakat Cina dianggap sebagai salah satu arsitektur terbaik dunia.

FAKTA MENGENAI CINA

  • Cina secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Cina
  • Mandarin bukan satu-satunya bahasa di Cina. Ada yang lain seperti Yue, Wu, Minbei, Minnan, Xiang, Gan dan Hakka. Beberapa daerah di China juga memiliki dialeknya sendiri
  • Cina adalah negara multi-agama. Karena populasinya yang besar, banyak agama dunia yang dianut di sana. Namun, kebanyakan orang Tionghoa biasanya mempraktikkan Taoisme, Konfusianisme, dan Buddha
  • Cina, bersama dengan Italia, memiliki jumlah situs UNESCO tertinggi di dunia. Beberapa situs UNESCO yang paling banyak dikunjungi antara lain: Kota Terlarang di Beijing, Tembok Besar Cina, Istana Musim Panas di Beijing, dan Kuil Surga di Beijing serta Tentara Terakota yang terkenal di dunia
  • Cina membangun gedung pencakar langit baru setiap lima hari. Dalam setahun, Cina membangun setidaknya 73 gedung pencakar langit baru
  • Cina adalah rumah bagi universitas kelas dunia. Dalam Times Higher Education World University Rankings, 7 universitas Cina masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia.

SISTEM PENDIDIKAN DI CINA

Primary Education

Pendidikan Sekolah Dasar bersifat wajib dan berlangsung selama 6 tahun. Anak-anak akan mulai sekolah pada usia 6 tahun dengan bahasa pengantar Mandarin Cina. Tahun ajaran biasa terdiri dari dua semester dari bulan September-Juli selama lima hari dalam seminggu. Sekolah Dasar di Cina mencakup sembilan mata pelajaran wajib yaitu Bahasa Cina, Matematika, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Pendidikan Jasmani, Ideologi dan Moralitas, Musik, Seni Rupa dan Ilmu Tenaga Kerja. 

 

Middle Education

Pendidikan Menengah Pertama berlangsung tiga tahun setelah Sekolah Dasar. Untuk memperoleh sertifikat kelulusan, siswa harus lulus ujian kelulusan dan memenuhi standar minimal pendidikan jasmani. Ujian kelulusan dirancang dan dikelola oleh masing-masing sekolah sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Biro Pendidikan setempat. Penyelesaian Pendidikan Menengah Pertama juga menandai berakhirnya program wajib belajar 9 tahun.

 

Secondary Education

Setelah menyelesaikan Pendidikan Menengah Pertama, siswa dapat memilih untuk masuk Sekolah Menengah Umum (Akademik) selama 3 tahun atau Sekolah Menengah Kejuruan selama 3 atau 4 tahun. Siswa yang ingin melanjutkan studi ke jalur umum harus lulus ujian masuk yang dirancang dan dikelola oleh otoritas pendidikan provinsi. Pada akhir tahun ajaran terakhir, siswa yang ingin masuk ke pendidikan pasca-sekolah menengah wajib untuk mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional.  

 

Tertiary Education

Pendidikan Tinggi diselenggarakan oleh berbagai jenis lembaga termasuk universitas umum dan teknik, lembaga khusus, universitas profesional, lembaga militer, sekolah dan perguruan tinggi kedokteran, perguruan tinggi independen, dan berbagai jenis lembaga pendidikan tinggi dewasa. Bergabung dengan universitas tergantung pada prestasi akademik saat ujian masuk. Siswa dengan prestasi akademik luar biasa saat Sekolah Menengah bisa mendapat pengecualian dari ujian masuk dan mendapatkan rekomendasi langsung ke universitas pilihan mereka. Masuk ke pendidikan tinggi di Cina sangat kompetitif.

FAKTA UMUM

  • Bahasa resmi Cina adalah Chinese dan Mandarin. Dengan mata uang resmi Yuan.
  • Cina merupakan negara paling banyak penduduk di dunia dengan populasi 1.4 miliar juta jiwa
  • Cina memiliki 56 etnis menjadikan salah satu negara yang sangat kaya dengan budaya
  • Cina memiliki 660 kota
  • Menurut penelitian, Cina tengah mengerjakan 200 gedung pencakar langit setinggi 150 meter. Pada tahun 2030 Cina akan memiliki 1.500 gedung pencakar langit setinggi 150 meter.
  • Apabila jalur kereta api Cina disambungkan, maka dapat mengelilingi bumi 2x

FAKTA EKONOMI

  • Cina adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia
  • Cina memiliki GDP 15.8 triliun USD
  • Pertumbuhan ekonomi China didorong oleh berbagai sektor. Penjualan ritel naik 34,2%, melampaui ekspektasi pertumbuhan 28%. Produksi industri juga naik 14,1%, namun di bawah prediksi Reuters sebesar 17,2%.
  • Tingkat pengangguran yang disurvei perkotaan tercatat lebih rendah menjadi 5,3%, tetapi data menunjukkan pekerja termuda China berusia 16 hingga 24 tahun tetap tinggi 13,6%.

FAKTA GEOGRAFIS

  • Luas Wilayah Cina adalah 9.600.000 Km persegi
  • Letak Astronomis: 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT
  • Letak Geografis: Asia Timur Menghadap ke Samudra Pasifik

FAKTA PENDIDIKAN

  • Cina memiliki 2.529 pendidikan tinggi reguler, 1.327 kampus, dan 1.187 sekolah vokasi jangka pendek
  • Memiliki C9 League atau kampus paling bergengsi di Cina yaitu: Peking University, Tsinghua University, Fudan University, Shanghai Jiao Tong University, University of Science and Technology of China, Zhejiang University, Nanjing University, Xi’an Jiaotong University, dan Harbin Institute of Technology.
  • C9 League memiliki fasilitas kampus dan merupakan pusat penelitian yang menjadi tujuan peneliti dunia
  • QS World University menunjukan 71 kampus di Cina berhasil menjadi kampus terbaik
  • 6 kampus di Cina masuk Top 100 kampus terbaik dunia
  • Cina mengizinkan part-time bagi student yang memiliki izin work-study dengan pekerjaan yang sesuai program studi dan dibawah pengawasan kampus
  • Biaya kuliah di Cina sekitar RMB 18,000 - 110,000 per year
  • Biaya hidup di Cina sekitar RMB 5,000 - 6,000 per month tergantung kota

Book an online consultation to study in China!

Bendera ChinaHave a chat with our China Counselling Expert to clear all your doubts.
Click here

Education Republic has done a great job in helping me to find the right school. They’ve been giving me all the information I needed to move to another country and adapt to my new environment.

They’ve always responded fast and given updates which makes me more sure to trust them to help me find the right path for my future. I’m grateful to find this agency and trust them to help me move abroad.

JULIENNE ADWIN
University of Nottingham Ningbo China