BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

CV AND RESUME WRITING TIPS

Posted on 9 Februari 2022

Resume Writing E1644382421454 - Education Republic

 

CV AND RESUME WRITING TIPS

Saat menulis CV dan resume, hal pertama yang harus diingat adalah tujuan utama dari CV dan resume adalah untuk menunjukkan portofolio profesional pelamar kepada pemberi kerja. Resume atau CV yang disusun dengan baik dapat menonjolkan kualifikasi, pencapaian, dan pengalaman terpenting kepada pemberi kerja untuk menunjukkan bahwa pelamar adalah kandidat paling cocok untuk pekerjaan tersebut. Jika kamu tidak yakin mana pengalaman atau kualifikasi yang akan ditampilkan, tanyakan kepada manajer perekrutan atau lihat kriteria yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan. Sebagai mahasiswa internasional, kamu mungkin tidak yakin tentang cara menyesuaikan resume atau CV untuk lingkungan kerja di luar negeri, tapi jangan khawatir karena Education Republic memiliki beberapa tips untuk membantu kamu menulis CV dan resume yang baik:

 

BACA JUGA: 5 KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI DALAM MENULIS CV

 

  • Match Your Resume or CV to the Position

Menyesuaikan resume atau CV ke posisi tertentu yang ingin kamu lamar adalah kuncinya, karena ini memungkinkan kamu untuk mencantumkan semua keterampilan yang paling relevan untuk pekerjaan tersebut. Pastikan untuk mengirimkan persyaratan khusus yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan, karena sebagian besar penawaran kerja akan menentukan dokumen dan informasi apa yang dibutuhkan agar kamu dipertimbangkan sebagai kandidat. Dengan menyesuaikan resume atau CV-mu, kamu dapat menunjukkan kepada atasan bahwa kamu memang antusias dengan lowongan pekerjaan tersebut dan bersedia memberikan yang terbaik saat job interview.

 

  • Use a Template

Setiap CV dan resume berbeda-beda, dan sebaiknya desain CV dan resumemu juga berbeda berdasarkan jenis lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Saat membuat CV atau resume, template bisa sangat membantu, karena ini bisa memberikan gambaran tentang apa saja informasi yang harus disertakan dalam resume atau CV. Kamu juga dapat membandingkan resume atau CV-mu dengan contoh resume lamaran kerja orang lain untuk mendapat ide apa saja yang harus dicantumkan. Jika kamu berencana untuk menggunakan template atau contoh resume lamaran pekerjaan, ingatlah untuk hanya menggunakan ini sebagai pedoman umum untuk membuat resume atau CV — hindari menyalin template dan sesuaikan bagian yang diperlukan untuk peran pekerjaan yang kamu pertimbangkan.

 

  • Proofread and Edit

Membuat resume atau CV bisa menjadi proses yang panjang tergantung pada individu dan jenis pekerjaan, dan kamu pasti akan melakukan banyak pengeditan dan perubahan selama proses tersebut. Inilah sebabnya mengapa penting untuk meninjau dan mengoreksi resume atau CV dengan hati-hati setelah kamu menyelesaikannya. Untuk memastikannya bebas dari kesalahan, penting untuk memiliki seseorang yang membaca dan memeriksa CV dan resume kamu sebagai proofread. Selain bisa menjadi kebiasaan profesional yang baik, proofread dan edit dapat membantu kamu untuk mengembangkan, mengedit, dan mengoreksi hasil kerjamu nanti. Resume atau CV yang bersih menunjukkan kepada atasan bahwa kamu memperhatikan detail dengan cermat. Kamu bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga untuk memeriksa CV dan resumemu setelah kamu mengoreksinya, karena mereka mungkin menemukan masalah yang mungkin kamu lewatkan.

 

BACA JUGA: 6 DOKUMEN WAJIB UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

 

Mempersiapkan resume atau CV yang sukses untuk pertama kalinya dapat menjadi tantangan, terutama bila ada persyaratan yang berbeda untuk setiap negara. Namun, dengan melakukan riset dan meluangkan waktu untuk menyusun dokumen, kamu akan dapat membuat CV atau resume yang paling sesuai dengan pekerjaan dan akan memberikan kesan pertama yang baik.

Wah, jadi menambah wawasan ya! Jika kalian ingin tahu bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuanmu, kami di Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik dalam dirimu.

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: