Irlandia

Kuliah di Irlandia

Irlandia merupakan sebuah negara di Eropa yang berada di sebuah pulau bersebelahan dengan negara Inggris. Dikenal sebagai Emerald Isle, Irlandia memiliki sejarah yang kaya, budaya yang kuat, dan kehidupan malamnya yang seru. Rakyat Irlandia bangga akan keindahan alam pulau mereka. Dengan garis pantai yang berbatu, perbukitan dan lembah hijau yang berjejer sejauh mata memandang, serta biaya hidup yang terjangkau, menjadikan Irlandia sebagai tujuan populer bagi turis dan pelajar internasional.

Irlandia memiliki reputasi sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Faktanya, 7 universitas negeri Irlandia masuk dalam Top 700 universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings tahun 2018. Hal tersebut menjadikan Irlandia sebagai salah satu tujuan favorit bagi pelajar yang ingin kuliah di luar negeri.

Selain bisa menuntut ilmu di salah satu universitas kelas dunia, pelajar akan mendapatkan berbagai pengalaman hidup yang menakjubkan saat kuliah di Irlandia. Warga asli Irlandia dikenal terbuka, ramah dan saling menghormati satu sama lain, termasuk kepada penduduk asing. Hal ini yang membuat para pelajar internasional merasa nyaman dan betah saat menuntut ilmu di Irlandia. Di Irlandia pelajar bisa bekerja sambil kuliah. Selain mendapatkan tambahan uang saku, tentunya ini merupakan kesempatan untuk mendapat pengalaman kerja. Selain itu, terdapat juga visa pascasarjana untuk para pelajar internasional yang mencari peluang kerja di Irlandia setelah mereka lulus.

Fakta mengenai Irlandia

  • Bendera Irlandia memiliki tiga warna yang merupakan simbol dari realitas politik Irlandia. Warna oranye menyimbolkan agama Protestan Irlandia, warna hijau untuk Katolik Irlandia dan warna putih melambangkan harapan perdamaian diantara keduanya.
  • Ada dua ibukota di pulau Irlandia. Belfast adalah ibukota Irlandia Utara (Inggris) dan Dublin adalah ibukota Irlandia.
  • Sembilan dari orang yang menandatangani Declaration of Independence adalah keturunan Irlandia, dan Sembilan belas presiden Amerika Serikat adalah keturunan Irlandia, termasuk George Washington.
  • Di Irlandia ada Batu Blarney di Kastil Blarney yang dianggap mempunyai kekuatan magis. Orang yang menciumnya akan menjadi pembicara atau juru bicara yang hebat.
  • Kapal Titanic yang terkenal itu dibuat di Irlandia, yaitu di kota Belfast.
  • Irlandia mempunyai stadiun sepak bola terbesar ke-4 di Eropa, yaitu stadiun Croke Park di Dublin dan menjadi markas Gaelic Athletic Association.
  • Irlandia adalah negara pertama di dunia yang mengkampanyekan larangan merokok pada bulan Maret 2004. Irlandia juga negara pertama yang mengkampanyekan larangan pemakaian kantong plastik di toko-toko.
  • Irlandia menggratiskan pendidikan kepada rakyatnya, bahkan sampai ke perguruan tinggi.
  • Kota Dublin dulunya bernama “Dubb Linn”, yang berarti “Kolam Hitam”. Nama tersebut menunjukkan danau kuno di kota tersebut, yang sekarang menjadi bagian dari Kebun Binatang Kota Dublin.
peta irlandia

Sistem Pendidikan di Irlandia

Universitas Irlandia menyediakan pendidikan yang berkualitas dan kualifikasi yang mereka tawarkan diakui secara global. Selain universitas, di Irlandia juga terdapat perguruan tinggi, institusi teknologi dan institusi pendidikan tingkat tinggi swasta. Irlandia juga mempunyai bermacam-macam sekolah bahasa Inggris yang menawarkan beragam program.

• Universitas
Terdapat tujuh universitas di Irlandia, seluruhnya masuk dalam jajaran 3% universitas terbaik di dunia. Program-program sarjana dan pascasarjana ditawarkan dengan beragam pilihan bidang studi. Universitas-universitas di Irlandia memiliki kantor internasional untuk mendukung para mahasiswa internasional beradaptasi dengan kehidupan akademis dan membantu mereka bergabung dalam sejumlah aktivitas sosial di kampus.

• Institut Teknologi
Irlandia memiliki 14 Institut Teknologi yang menyediakan pendidikan dan program-program pelatihan studi dalam bidang seperti bisnis, sains, teknik, linguistik dan musik. Pilihan studi tersedia untuk jenjang sertifikasi, diploma, dan gelar selanjutnya, dengan jurusan dan persyaratan masuk yang berbeda untuk setiap institusi.

• Perguruan Tinggi Pendidikan
Perguruan tinggi pendidikan menyediakan pelatihan khusus bagi para siswa yang ingin menjadi guru sekolah. Hal ini dapat dicapai dengan ijazah Sarjana Pendidikan (Bachelor of Education) selama periode studi tiga tahun, atau ijazah pascasarjana selama 18 bulan. Agar dapat mengajar di atas tingkat sekolah dasar, banyak mahasiswa biasanya menyelesaikan gelar pendidikan sekolah dasar dan kemudian menempuh gelar pascasarjana.

• Perguruan Tinggi Swasta
Perguruan tinggi swasta menawarkan pendidikan dan pelatihan spesialisasi di bidang seperti pelatihan kejuruan (vokasi), kedokteran, hukum, studi bisnis, dan pertanian.  Siswanya mendapatkan kualifikasi di tingkat kejuruan, sertifikat, atau jenjang gelar selanjutnya.