Selandia Baru

BELAJAR DI SELANDIA BARU

Sistem edukasi di Selandia Baru menganut sistem tiga tingkat, mencakup pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama dan pendidikan menengah atas, dan pendidikan tersier di universitas maupun politeknik.

Tahun akademik di Selandia Baru berbeda-beda, tergantung institusi yang bersangkutan. Akan tetapi, pada umumnya, tahun akademik dimulai sejak awal Februari sampai dengan pertengahan Desember untuk sekolah dasar; akhir Januari sampai dengan akhir November atau awal Desember untuk sekolah menengah dan politeknik; dan akhir Februari sampai dengan pertengahan November untuk universitas.

Pada tahun 2009, program untuk penilaian siswa internasional (PISA) yang diterbitkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyatakan bahwa Selandia Baru menduduki peringkat ketujuh terbaik di dunia di bidang ilmu pengetahuan dan membaca dan peringkat ketiga belas di bidang matematika. The Education Index yang diterbitkan sebagai bagian dari Divisi Pengembangan Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa secara konsisten memposisikan Selandia Baru sebagai salah satu negeri terbaik di dunia.

FAKTA MENGENAI SELANDIA BARU

  • Sarjana lulusan Selandia Baru diakui secara internasional melalui Lisbon Recognition Convention di Eropa yang ditandatangani oleh 50 negara dan organisasi internasional yaitu European Union, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Russia dan Israel.
  • Warga Selandia Baru disebut “kiwis”, yaitu burung asal Selandia Baru yang tidak dapat terbang
  • Kota terbesar di Selandia Baru bernama Auckland, sekalipun ibu kota negara Selandia Baru adalah Wellington

SISTEM PENDIDIKAN

Sekolah Dasar
Pada saat duduk di kursi sekolah dasar, siswa di Selandia Baru mengikuti kurikulum nasional dengan mata pelajaran sebagai berikut: bahasa Inggris, seni, pendidikan kesehatan dan olahraga, bahasa, matematika, statistik, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan teknologi.

Kemampuan para pelajar dalam hal membaca, menulis dan menghitung diuji sesuai dengan usia mereka, sesuai dengan aturan yang diatur oleh Standar Nasional Selandia Baru

Para pelajar memulai pendidikan dasar mereka pada usia 5-6 tahun dan durasi pendidikan dasar tersebut ialah 6 tahun (Kelas 1-6)

 

Sekolah Menengah Pertama
Sekolah menengah pertama (Kelas 7 dan 8) ialah jembatan antara sekolah dasar dan sekolah menengah atas. Pendidikan dasar dimulai sejak kelas satu sampai dengan kelas 8. Pada saat memasuki kelas 7 dan 8, para siswa memiliki pilihan untuk tetap melanjutkan studi di sekolah dasar mereka atau melanjutkan studi mereka ke sekolah menengah pertama yang baru. Para siswa memasuki sekolah menengah pertama pada usia 11-12 tahun

 

Sekolah Menengah Atas
Selandia Baru memiliki tiga kategori sekolah menengah atas:

  1. sekolah negeri, dimana 85% dari penduduk asli Selandia Baru masuk ke sekolah ini
  2. sekolah negeri berintegrasi, yang dikelola berdasarkan keagamaan atau menggunakan metode pengajaran yang khusus
  3. sekolah swasta

Para pelajar yang memasuki sekolah menengah atas (Kelas 9-13) atau yang sering disebut high schools atau colleges berupaya untuk menggapai National Certificate of Educational Achievement (NCEA). Selain itu, sekolah menengah pertama pun menawarkan beberapa mata pelajaran kejuruan seperti pariwisata dan pemrograman komputer. Beberapa sekolah juga menawarkan ujian internasional Cambridge dan program International Baccalaureate.

 

Pendidikan Tersier
Selandia Baru memiliki delapan universitas negeri, 16 institusi teknologi dan politektik dan 550 tempat pelatihan swasta, berikut dengan sekolah untuk belajar bahasa Inggris.

Kamu dapat memilih institusi yang paling sesuai dengan jenjang kariermu:

  • Universitas menawarkan pendidikan sarjana. Program yang ditawarkan mengacu ke arah penelitian dan bersifat akademis secara umum, dan bukan kejuruan. Menurut QS World University Rankings tahun 2015/16, delapan universitas negeri Selandia Baru memasuki deretan 100 universitas terbaik di dunia dengan minimum satu mata kuliah
  • Institut teknologi dan politeknik dan beberapa tempat pelatihan swasta yang besar menawarkan pendidikan sarjana kejuruan
  • Tempat pelatihan swasta atau PTEs biasanya menawarkan program kejuruan yang spesifik dengan pencapaian akademis setingkat diploma dan sertifikat

*Image Source Google