Australia

BELAJAR DI AUSTRALIA

Sebagai negara yang sering disebut “Negeri Kanguru”, Australia tentunya memiliki banyak penawaran menarik!

Australia sering disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk hidup. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa Australia juga menawarkan pendidikan setaraf kelas dunia? Sistem pendidikan di Australia telah menciptakan banyak ilmuwan, desainer, pendidik, wirausahawan, seniman dan humanitarian yang telah mengubah dunia, memenangkan penghargaan Oscar maupun penghargaan Nobel. Pencapaian global lulusan Australia meliputi “black box” yang sekarang digunakan di setiap pesawat, inisiatif “Earth Hour” dan penemuan Wi-Fi. Australia tentunnya bangga terhadap tiap individual yang telah belajar dan bekerja di Australia.

Hampir setengah dari populasi Australia lahir di luar Australia atau salah satu orang tuanya lahir di luar Australia. Hal ini berkontribusi kepada fakta bahwa di Australia terdapat lebih dari 260 bahasa yang digunakan di rumah selain bahasa Inggris, yaitu bahasa Arab, Italia dan Mandarin.

Karena luas geografisnya yang besar, Australia juga memiliki lingkungan yang beraneka ragam. Australia memiliki lebih dari 500 taman nasional dan lebih dari 2.700 area konservasi yang mencakup suaka margasatwa dan cagar alam suku Aborigin. Selain itu, 17 dari situs warisan dunia UNESCO seperti Great Barrier Reef dan Sydney Opera House terdapat di Australia.

FAKTA MENGENAI AUSTRALIA

  • Australia merupakan negara tujuan studi terpopuler ketiga di kalangan siswa internasional
  • 8 dari 100 universitas terbaik dunia berada di Australia
  • 5 dari 30 kota pelajar terbaik di dunia berada di Australia
  • 15 pemenang penghargaan Nobel
  • Luas Australia setara dengan jarak antara London dan Moscow
  • Properti terbesar di Australia lebih besar dibanding milik Belgium
  • Australia merupakan salah satu negara pelopor Perserikatan Bangsa-Bangsa

SISTEM PENDIDIKAN DI AUSTRALIA

Pendidikan Dasar
Sistem edukasi di Australia dikelola oleh pemerintahan tingkat dua dan adalah sebuah kewajiban bagi seorang warga negara Australia untuk menempuh pendidikan sampai dengan usia 15 atau 17 tahun, tergantung kota atau teritori tempat mereka tinggal. Pendidikan tersebut diberikan melalui berbagai sekolah publik dan swasta, disertai dengan afiliasi religius yang diwajibkan untuk mengikuti kurikulum nasional. Pendidikan dasar dimulai pada usia 6 atau 7 tahun sampai dengan kelas 6.

 

Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah berlangsung selama 5 tahun, dimulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 12, sebelum para pelajar melanjutkan studinya ke tingkat universitas.

 

Pendidikan Kejuruan
Australia menawarkan pendidikan kejuruan dan studi teknis, atau dikenal sebagai TAFE dan VET, melalui berbagai institusi. Institusi-institusi ini menawarkan program singkat, program sertifikasi, diploma dan diploma lanjutan. Program-program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kejuruan untuk pelajar atau membantu mereka untuk bekerja.

 

Pendidikan Sarjana

Pelajar yang memiliki impian untuk mendapatkan gelar sarjana dari universitas di Australia diwajbkan untuk mengenyam pendidikan sarjana di universitas yang terdapat di Australia. Durasi pendidikan sarjana di Australia adalah 3 tahun dan pendidikan ini menganut sistem semester atau trimester.

Biaya pendidikan untuk program sarjana di bidang non-penelitian berkisar antara 21.000 sampai dengan 34.000 dollar Australia per tahun, sementara biaya program yang berkaitan dengan penelitian berkisar di antara 22.000 sampai dengan 36.000 dollar Australia per tahun.

*Image Source Google