United Kingdom

BELAJAR DI UNITED KINGDOM

Menerima lebih dari 500,000 pelajar internasional, United Kingdom (UK) adalah destinasi pelajar terfavorit setelah Amerika. Hal ini disebabkan oleh reputasi global yang kuat yang dimiliki oleh universitas di UK. Tujuh puluh satu universitas di UK menduduki peringkat di QS World University Rankings® 2018 dan empat institusi menduduki peringkat sepuluh besar di dunia. Pengalaman, ilmu dan kepercayaan diri adalah sesuatu yang akan kamu dapatkan dengan mengenyam pendidikan di UK. Tentunya, hall ini akan menginspirasimu untuk menciptakan jalan hidupmu sendiri.

Pendidikan tinggi di UK berbeda-beda sesuai dengan tiap komponen negara (England, Wales, Scotland atau Northern Island), sekalipun sistem pendidikan di tiap negara cukup serupa. Program sarjana di UK biasanya berlangsung selama tiga tahun, kecuali di Skotlandia yaitu satu tahun lebih lama. Beberapa universitas di UK menawarkan program sarjana yang lebih cepat dan bisa diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun. Kamu pun dapat memilih program berbasis kejuruan yang berlangsung selama satu sampai dengan dua tahun dan mirip dengan Associate’s Degree in Amerika.

Para pelajar di UK memulai pendidikan tinggi mereka dengan program sarjana, sekalipun beberapa mata pelajaran di tingkat tersebut dapat membantumu menuju ke tingkat master (S2) secara langsung. Kombinasi ini memerlukan waktu sekitar empat tahun. Sementara itu, program pasca-sarjana sendiri berlangsung selama satu sampai dengan dua tahun dan program doktoral (S3) berlangsung paling singkat selama tiga tahun.

Pembelajaran yang berlangsung dihantarkan dalam bahasa Inggris di mayoritas universitas di UK, dengan beberapa program berbahasa Welsh di Wales dan program Scottish Gaelic di Skotlandia.

FAKTA MENGENAI UK

  • UK menduduki peringkat pertama dalam hal kepuasan pelajar internasional
  • UK menduduki peringkat pertama dalam hal pengalaman mahasiswa untuk program sarjana menurut lima penilaian
  • UK menduduki peringkat pertama sebagai destinasi studi yang direkomendasikan oleh siswa internasional di berbagai tingkat pendidikan
  • 16 universitas asal UK menduduki peringkat 100 universitas terbaik di dunia
  • Mayoritas dari universitas di UK adalah anggota Association of Commonwealth Universities (ACU)
  • Olahraga seperti sepak bola, rugby, golf, tinju dan cricket diciptakan pertama kali di UK
  • Pengarang seri Harry Potter, J.K. Rowling berasal dari UK
  • Big Ben di kota London sebetulnya tidak mengacu kepada jam yang terdapat di Menara tersebut. Big Ben adalah bel yang terdapat di menara jam tersebut

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem edukasi di UK dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tingkat lanjut dan pendidikan tinggi. Anak-anak di UK diwajibkan untuk mengenyam pendidikan sekolah dasar dan menengah, yaitu sejak umur 5 tahun sampai dengan 16 tahun.

Sistem pendidikan di UK dibagi menjadi beberapa tingkat utama, yaitu sebagai berikut:

  • Tingkat Pertama: 5-7 tahun
  • Tingkat Kedua: 7-11 tahun
  • Tingkat Ketiga: 11-14 tahun
  • Tingkat Keempat: 14-16 tahun

Biasanya, tingkat pertama dan kedua berlangsung selama seorang pelajar mengenyam pendidikan di sekolah dasar dan pada usia 11 tahun, seseorang akan beralih ke pendidikan menengah. Setelah itu, mereka akan menyelesaikan tingkat ketiga dan keempat.

Para siswa akan diuji pada masa akhir sebuah tingkat. Ujian yang terpenting diberikan saat siswa berusia 16 tahun, yaitu ketika mereka harus menjalani ujian GCSE’s atau General Certificate of Secondary Education. Barulah setelah para siswa menyelesaikan ujian GCSE’s, mereka dapat melanjutkan pendidikan tingkat lanjut atau pendidikan tinggi, atau bahkan langsung memasuki dunia kerja.

Berikut ialah rangkuman mengenai system edukasi di UK yang dibagi menjadi lima bagian:

Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar dimulai sejak usia 5 tahun di UK sampai dengan 11 tahun. Pendidikan ini mencakup golongan tingkatan pertama dan kedua dalam system edukasi di UK.

Pendidikan Menengah
Dari usia 11 sampai dengan 16 tahun, para pelajar akan memasuki tingkat ketiga dan keempat dalam sistem pendidikan di UK, menuju kepada ujian GCSE’s. Mengenyam pendidikan dasar dan menengah merupakan sesuatu hal yang wajib di UK. Setelah berusia 16 tahun, edukasi merupakan sebuah pilihan bagi masyarakat UK.

Pendidikan Tingkat Lanjut
Setelah seorang pelajar menyelesaikan pendidikan menengah, mereka memiliki pilihan untuk memperluas pendidikan mereka dengan mengambil ujian A-Levels, GNVQ’s, BTEC’s atau kualifikasi lainnya. Pelajar di UK yang berencana untuk melanjutkan studi ke tingkat college maupun universitas harus melalui tingkat ini.

Pendidikan Tinggi
Butir berikut merupakan subjek terpenting di halaman ini. Butir ini menjelaskan lebih lanjut tentang sistem pendidikan tinggi di UK dan bagaiman sistem itu berlaku untuk pelajar internasional. Mayoritas dari pelajar internasional akan memasuki sistem pendidikan tinggi di UK pada tangka ini, setelah menyelesaikan pendidikan di negara mereka masing-masing yang setara dengan pendidikan tingkat lanjut di UK.

*Image Source Google