Korea

Kuliah di Korea

Korea Selatan kini menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi tujuan favorit untuk kuliah. Popularitas Korea Selatan semakin meningkat dalam 10 tahun terakhir, berkat gencarnya promosi budaya melalui industri perfilman dan musik yang mendunia.

Kini Korea Selatan menjadi tujuan bagi banyak mahasiswa internasional karena menawarkan kesempatan untuk kuliah di universitas dengan reputasi yang bagus, dengan banyak program yang diajarkan dalam bahasa Inggris, sambal menikmati kualitas hidup terbaik.

Fakta mengenai Korea

  • Setiap bayi yang lahir di Korea Selatan akan otomatis dihitung berusia satu tahun. Karena hal tersebut, untuk mengetahui usia sebenarnya orang Korea Selatan harus dikurangi satu tahun. Bayi yang lahir pada minggu terakhir di bulan Desember dihitung sebagai satu tahun, dan begitu tahun berganti, ia akan dianggap berusia dua tahun.
  • Kaum pria di Korea Selatan sangat memperhatikan penampilan mereka. Tidak hanya sebatas fashion namun juga dengan mengenakan tata rias atau makeup. Hal tersebut adalah lumrah bagi kaum laki-laki.
  • Sedangkan kaum wanita di Korea Selatan terkenal gemar menjalani prosedur operasi plastik. Tercatat, kaum Wanita Korea Selatan adalah pasien operasi plastik tertinggi per kapita secara global.
  • Orang Korea Selatan terkenal suka kuliner. Jika berada di Korea Selatan, akan dengan mudah menemukan restoran, kafe atau pun bar di sepanjang jalan. Orang Korea Selatan memiliki kebiasaan menanyakan apakah kamu sudah makan daripada menanyakan kabar.
  • Seperti negara Jepang, Korea Selatan juga terkenal sebagai negara dengan tingkat obesitas terendah di dunia. Hal ini adalah karena pola makan warga Korea yang banyak mengonsumsi sayur. Hidangan yang paling populer adalah kimchi, makanan tradisional yang terdiri dari sayuran yang telah dibumbui dan diawetkan.
  • Ada kepercayaan jika menulis nama seseorang dengan tinta merah, orang tersebut akan mengalami masalah serius dalam waktu dekat, atau bahkan mereka akan mati. Jadi jangan pernah gunakan tinta merah untuk kerja atau kehidupan sehari-hari.
  • Orang Korea Selatan belajar sejak dini hari sampai larut malam. Meskipun hari Minggu, mereka akan menghabiskan waktu mereka untuk mengikuti kursus. Para pengajar dianggap menjadi salah satu profesi paling bergengsi. Seorang guru biasa menghasilkan sekitar $2.500 per bulan, bahkan jika mereka bekerja di institusi pendidikan tinggi atau sekolah swasta, mereka bisa menghasilkan jutaan dolar setahun.
  • Sistem pendidikan di Korea Selatan tidak menjadikan ujian akhir sebagai penentu kelulusan. Yang menjadi penentu adalah tugas akhir, tak heran pelajar di Korea Selatan suka pergi ke perpustakaan.
  • Secara hukum, warga Korea Selatan wajib melakukan 21 bulan pelatihan wajib militer ketika menginjak usia 28 tahun.
peta korea

Sistem Pendidikan di Korea

Tahun ajaran di Korea Selatan pada umumnya dimulai pada bulan Maret, namun ada juga universitas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru dua kali setahun, pada bulan Maret dan September.

Untuk intake Maret, penerimaan mahasiswa biasanya di bulan September atau November di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk intake September, penerimaan mahasiswa di bulan Mei atau Juni.

Sistem pendidikan di Korea Selatan disebut 6-3-3-4, yaitu:
• SD selama 6 tahun
• SMP selama 3 tahun
• SMA selama 3 tahun
• S1 selama 4 tahun

Secara umum, dalam setahun dibagi menjadi dua semester, yaitu semester pertama pada bulan Maret hingga Agustus dan semester kedua pada bulan September hingga Februari. Jadwal libur dua kali setahun di antara bulan Juli hingga Agustus dan Desember hingga Februari tahun berikutnya.

Berdasarkan institusi pendirinya, universitas di Korea Selatan dibagi menjadi universitas nasional yang didirikan dan dijalankan oleh negara, universitas publik yang didirikan dan dijalankan oleh pemerintah daerah, serta universitas swasta yang didirikan oleh yayasan swasta.