Kanada

BELAJAR DI KANADA

Universitas di Kanada secara konsisten menduduki posisi terbaik di dunia. Sementara itu, Kanada merupakan salah satu dari negara terbaik di dunia untuk ditinggali. Para pelajar yang mengenyam pendidikan di Kanada tanpa terkecuali kembali ke tanah air dengan kemampuan akademis yang luar biasa dan tentunya dengan memori tentang kehidupannya sebagai seorang pelajar di negeri maple.

Kanada yang terkenal dengan tingkat toleransi yang tinggi dan alamnya yang indah, serta dengan budayanya yang inklusif memberi daya Tarik tersendiri bagi para imigran yang telah membuat Kanada sebagai rumah mereka sendiri.

FAKTA MENGENAI KANADA

  • Pada tahun 2015, terdapat 353,000 siswa internasional di Kanada yang mengenyam pendidikan di berbagai tingkat yang berbeda
  • Kanada merupakan bagian dari tempat inkubator inovasi yang meliputi handphone Blackberry, teknologi flat-screen dan IMAX film
  • Pada tahun 2016, jumlah pelajar internasional di Kanada mengalami kenaikan sebesar 8%
  • Masyarakat Kanada adalah masyarakat yang toleran dan anti-diskriminasi
  • 95% dari siswa internasional di Kanada merekomendasikan Kanada sebagai destinasi studi
  • Kanada adalah negara terbesar di dunia setelah Russia
  • Kanada adalah negara dengan penduduk yang paling terpelajar di dunia
  • Plat mobil di bagian barat laut Kanada berbentuk seperti beruang kutub

SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan Dasar dan Menengah
Sekolah dasar dan menengah di Kanada mengikuti kurikulum pemerintah dan mempekerjakan guru-guru bersertifikasi untuk memastikan kualitas pendidikan yang tinggi dan menaruh fokus terhadap kebutuhan individual siswa. Lingkungan yang positif ini terbukti sukses mengingat pencapaian tinggi para siswa Kanada di bidang ilmu pengetahuan alam, membaca dan matematika. Para pelajar di Kanada secara konsisten meraih peringkat sebagai salah satu dari lima pelajar dunia terbaik di bidang akademis dan meraih peringkat terbaik di antara negara yang berbicara bahasa Inggris menurut studi OECD PISA. Para pelajar pun dapat memilih sekolah publik maupun swasta.

  • Sekolah dasar terdiri dari tingkat 1 sampai dengan 6
  • Sekolah menengah terdiri dari tingkat 7 sampai dengan 12 di mayoritas provisinsi, kecuali Quebec dimana tingkat menengah terdiri dari tingkat 7 sampai dengan 11
  • Tahun ajaran berlangsung dari September sampai dengan Juni
  • High School Diploma di Kanada diakui oleh universitas di seluruh dunia
  • Terdapat program studi dengan system bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (English as a Second Language (ESL)) atau bahasa Prancis sebagai bahasa kedua (French as a Second Language (FSL)) untuk mendukung para siswa internasional
  • Sekolah merupakan kewajiban dari Kementrian Pendidikan di tiap provinsi dan teritori 

 

College di Kanada
College bekerja sama dengan perusahaan dan industri di Kanada untuk memastikan bahwa program mereka sesuai dengan perubahan di dunia kerja maupun dengan kebutuhan perusahaan. Program College di Kanada menawarkan berbagai pilihan di bidang teknis maupun bidang professional seperti bisnis, pertanian dan agri-food, kesehatan, pelayanan masyarakat, penyiaran dan jurnalisme, perhotelan dan management, desain, teknologi, ilmu pengetahuan, teknologi informasi, teknik, lingkungan, bahasa dan seni.

Durasi program college di Kanada berkisar di antara 6 bulan sampai dengan 4 tahun

 

Universitas di Kanada
Universitas di Kanada mempersiapkan para lulusannya dengan kemampuan untuk berpikir secara kritis, mampu beradaptasi dengan teknologi yang canggih, menjadi pemimpin di bidang profesional, serta mampu mencari solusi melalui penelitian. Sistem pendidikan universitas di Kanada memampukanmu untuk memiliki kemampuan yang sesuai dengan minatmu, baik di bidang pendidikan, ekonomi, seni, maupun nanoteknologi.

Penelitian yang sangat inovatif terdapat di bidang kesehatan, nanoteknologi, bioteknologi, pemograman computer yang canggih, teknologi berbasis lingkungan, nutraceuticals dan energi yang dapat diperbaharui. Sektor univesitas adalah sector dengan jumlah penelitian kedua terbesar di Kanada setelah sector swasta. Dengan hanya 0,5% dari total populasi dunia, Kanada dapat menghasilkan 2,8% dari jumlah penelitian ilmiah di dunia.

Program sarjana biasanya berkisar di antara 2 sampai dengan 4 tahun untuk diselesaikan.

*Image Source Google