BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

USA Application Day

USA Application Day   You're thinking about studying in the US? A US degree is recognized worldwide, such a power move for your resume! US universities are all about projects, […]

Find out more

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee   Ngobrol seru seputar kuliah & dapetin Beasiswa ke Kaplan Singapore bareng expert speakers from Kaplan yuk! Kamu bisa kepoin kampus? Ada […]

Find out more

STUDY ABROAD EXPO 2024

STUDY ABROAD EXPO 2024!!!   Hadir Kembali di 4 Kota (BALI-BATAM-MEDAN-PEKANBARU)   Siapkan rencana studimu & konsultasi On-Spot bareng Universitas TOP DUNIA Pilihan hingga 15 NEGARA, PULUHAN KAMPUS terbaik, RIBUAN […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

TYPES OF TEACHING STAFF AT THE UNIVERSITY

Posted on 8 Februari 2022

 

Ada beberapa jenis tenaga pengajar di universitas luar negeri, di antara jenis-jenis pengajar tersebut perbedaan utamanya adalah status masa kerja mereka. Profesor tetap adalah pengajar dengan posisi tetap di universitas. Jika seorang pengajar tidak memiliki masa kerja, berarti mereka tidak memiliki kontrak tetap. Apakah itu berarti mahasiswa akan menerima pendidikan yang lebih baik dari profesor tetap daripada dari asisten pengajar? Belum tentu.

Pengajar baru, mahasiswa pascasarjana, dan kandidat doktor mengajar banyak kursus tingkat rendah di universitas-universitas luar negeri. Saat jenjang kelas menjadi lebih tinggi, mahasiswa akan memasuki ruang kelas dengan pengajar yang lebih senior atau berpengalaman. Dengan mengingat hal itu, mahasiswa harus merasa yakin bahwa kuliah yang mereka ambil diajarkan oleh pengajar yang mahir dan berpengetahuan luas yang memiliki kompetensi secara keseluruhan dalam bidangnya — apa pun jabatan mereka. Mari kita lihat apa saja jenis-jenis tenaga pengajar di universitas:

 

BACA JUGA: INTERNATIONAL ENGLISH LANGUAGE TESTING SYSTEM (IELTS)

 

Assistant Professor

Asisten profesor adalah langkah pertama dalam berkarier sebagai pengajar pendidikan tinggi. Posisi asisten profesor di luar negeri sangat kompetitif, karena sering kali mengarah ke posisi tetap di universitas, jadi mahasiswa dapat berasumsi bahwa pengajarmu sangat ahli dalam bidangnya. Banyak asisten profesor mengajar beragam kelas, tetapi biasanya mereka akan mengajar kuliah dalam beberapa tahun pertama program akademik mahasiswa.

 

Associate Professor

Di luar negeri, asisten profesor dipromosikan menjadi associate professor sebelum mereka menjadi profesor full time. Jika mahasiswa diajar oleh associate professor, kemungkinan mereka memiliki lebih banyak publikasi, penelitian, atau pengalaman mengajar daripada asisten profesor. Umumnya, associate professor mengajar lebih banyak kursus tingkat menengah dan lanjutan.

 

Professor

Profesor, adalah promosi tertinggi yang dapat dicapai seorang tenaga pengajar di universitas. Sebagian besar profesor memiliki gelar doktor dan telah menjabat selama bertahun-tahun. Mereka sering juga memainkan peran penting dalam menetapkan kurikulum universitas untuk program studi mereka. Beberapa institusi dan disiplin ilmu juga memiliki profesor yang terkemuka. Profesor umumnya mengajar program sarjana atau pascasarjana di tingkat yang lebih tinggi.

 

Professor Emeritus

Profesor emeritus adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang pensiunan profesor untuk mengakui peran akademik mereka di sebuah universitas. Gelar profesor emeritus juga dapat diberikan kepada orang yang dikenal sebagai ahli di suatu bidang, tetapi mungkin bukan profesor akademik. Seorang penulis, misalnya, dapat diakui oleh universitas dengan gelar profesor emeritus. Sementara profesor emeritus kadang-kadang tinggal di universitas untuk mengajar kuliah part-time atau kelas yang tidak terlalu berat, umumnya mereka sudah pensiun dan tidak lagi mengajar.

 

Visiting Professor

Visiting profesor atau profesor tamu adalah pengajar tingkat tinggi yang biasanya merupakan bagian dari institusi atau fakultas universitas yang berbeda. Profesor tamu umumnya ahli dalam bidang studi tertentu, menawarkan mahasiswa di universitas mengenai perspektif mereka tentang bidang tertentu. Kadang-kadang profesor tamu dipekerjakan oleh universitas untuk mengisi kekosongan fakultas. Profesor tamu dianggap sebagai sarjana di bidangnya, sehingga mereka biasanya mengajar kuliah di tingkat yang lebih tinggi. Tren terkini di institusi pendidikan tinggi mtermasuk mempekerjakan lebih banyak profesor tamu untuk menarik mahasiswa untuk mengisi kekosongan sebelum mempekerjakan profesor baru.

 

Teaching Assistant (TA)

Teaching assistant biasanya adalah mahasiswa pascasarjana yang mengambil kelas master atau doktoral dalam disiplin ilmu yang sama dengan yang mereka ajarkan. Seorang teaching assistant dapat membantu di kelas atau lab atau kuliah profesor yang berbeda, atau mengajar kelas itu sendiri. Sebagian besar TA mengajarkan kuliah untuk membantu membayar uang sekolah atau biaya hidup, dan yang lainnya harus mengajar sebagai bagian dari gelar pascasarjana mereka. Teaching assistant dan profesor tambahan umumnya mengajar mata kuliah yang sama — kelas survei atau pengantar di tingkat sarjana.

 

Lecturer

Lecturer atau dosen adalah anggota staf — seringkali dari luar akademisi — yang mengajar mahasiswa di tingkat sarjana dan pascasarjana. Dosen biasanya mendapatkan peran mereka berdasarkan prestasi profesional dan pengalaman karir dan dapat menawarkan perspektif nyata saat ini yang tidak dapat dilakukan oleh banyak profesor yang bekerja di bidang pendidikan. Dosen terutama ditemukan dalam program studi profesional, seperti bisnis dan keuangan. Dosen membawa nilai bagi sebuah universitas karena mereka adalah ahli profesional dalam suatu bidang, bukan ahli akademis — itu berarti pengalaman mereka berasal dari praktik dan bukan teori. Akibatnya, mereka umumnya memberi kuliah atau mengadakan seminar atau kelas sebagai bagian dari program gelar profesional — dari program PharmD hingga sekolah hukum.

 

BACA JUGA: TYPES OF CLASSES IN THE UNIVERSITY

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: