BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Mengatasi Culture Shock Saat Kuliah di Luar Negeri

Posted on 8 Juli 2022

 

Tips Mengatasi Culture Shock Saat Kuliah di Luar Negeri

Ketika kamu kuliah di luar negeri, kamu akan menemukan setidaknya 100 kewarganegaraan dan kebudayaan yang berbeda. Sebagai bagian dari student internasional, kamu ikut berperan dalam membawa perspektif global, kemampuan multi-lingual dan kebudayaan baru.

Saat pindah ke negara lain, kamu akan menemukan hambatan berbahasa, culture shock, hingga rasa rindu akan kampung halaman yang justru dapat mengganggu petualanganmu di negara baru.

Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi perbedaan itu? Simak artikel ini.

 

 

BACA JUGA: Belajar di Lingkungan Multikultural? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

 

 

Biasakan Menggunakan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang bukan bahasa native, namun mempelajari bahasa dunia akan sangat membantu saat kamu kuliah, belajar bahkan berteman. 

Membiasakan diri membutuhkan waktu dan tenaga. Tapi semakin sering kamu lakukan, maka kamu akan semakin percaya diri dan menambah wawasan berbahasa. Ketika bahasa tidak lagi menjadi hambatan, maka kamu akan menemukan lebih banyak kesempatan, peluang hingga membangun relasi pertemanan dengan student lain dari berbagai negara dan budaya berbeda.

 

Penyesuaian Kebudayaan

Culture shock merupakan reaksi alamiah yang wajar terjadi pada student internasional. Bahkan banyak student yang merasa canggung dan cemas saat melakukan transisi ke kehidupan kampus di luar negeri. Saking cemasnya, kamu jadi merindukan negara asalmu.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi culture shock dan homesickness adalah:

  • Persiapkan diri menghadapi perbedaan budaya
  • Tetap aktif beraktivitas
  • Hadiri sebanyak mungkin acara untuk menjalin pertemanan
  • Berbicara dengan orang lain, saat kamu merasa kewalahan
  • Ingat, bahwa setiap orang juga mengalami kesulitan. Mungkin temanmu terlihat baik-baik saja, padahal bisa jadi dia juga mengalami apa yang sedang kamu rasakan

Saat kamu telah mampu menyesuaikan diri dengan kebudayaan baru yang berbeda, maka kamu telah memiliki kemampuan untuk berpikiran lebih terbuka, kritis dan menambah wawasan baru.

 

 

BACA JUGA: SOFT SKILLS YANG BISA KAMU KEMBANGKAN SAAT KULIAH DI LUAR NEGERI

 

 

Itu dia tips untuk mengatasi culture shock saat kuliah di luar negeri. Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: