BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

SOFT SKILLS YANG BISA KAMU KEMBANGKAN SAAT KULIAH DI LUAR NEGERI

Posted on 2 Juli 2022

SOFT SKILLS YANG BISA KAMU KEMBANGKAN SAAT KULIAH DI LUAR NEGERI

Selain mendapatkan gelar internasional yang akan meningkatkan performa resume, kuliah di luar negeri juga dapat menjadi wadah untuk mengembangkan bahkan mendapatkan skill-skill baru. Kuliah di luar negeri memang akan memberikanmu pengetahuan teknis tentang jurusan dan pekerjaan yang relevan, tapi soft skill juga tidak kalah penting untuk diasah.

Jadi, apa saja soft skill yang dapat kamu kembangkan saat kuliah di luar negeri? Ini dia!

 

 

BACA JUGA: HARD SKILLS VS SOFT SKILLS

 

 

1. Adapt to Changes in Environment

Kuliah di luar kota akan mengajarkanmu untuk beradaptasi pada perubahan, namun tentu saja perubahan itu bukan sesuatu yang signifikan. Kamu masih akan berbicara dengan bahasa yang sama, bertemu dengan masyarakat yang sama, dan tentunya budaya yang tidak jauh berbeda.

Namun, kuliah di luar negeri adalah sesuatu yang sangat berbeda. Kamu akan dihadapkan pada bahasa, masyarakat, lingkungan, adat-istiadat hingga norma yang berbeda. Dan perbedaan-perbedaan ini akan memaksamu untuk ikut beradaptasi dan membaur. Kemampuan beradaptasi inilah yang akan matang dan membuatmu mudah mengikuti arus perubahan yang sering terjadi di tempat kerja.

 

2. Communication Skills

Kuliah merupakan masa dimana, waktu istirahatmu berkurang untuk menulis karya ilmiah, laporan dan mencari referensi dari berbagai sumber. Dalam kurun waktu beberapa bulan saja, khazanah kosakata dijamin bertambah. 

Kuliah di luar negeri juga akan membentukmu menjadi sosok yang lebih mudah berkomunikasi. Jika sebelumnya kamu tertutup dan sulit berbicara, kuliah di luar negeri akan mengubah semua itu. Mau atau tidak, suka atau tidak, kamu akan dituntut untuk melakukan presentasi di depan dosen maupun teman-teman sekelasmu. 

 

3. Time and Money Management

Mengatur waktu dan keuangan adalah skill penting yang wajib dimiliki. Mengorganisir antara kebutuhan pokok dan keinginan, serta memanage waktu agar kehidupan sosial maupun kuliah tetap bisa berjalan seimbang. Hidup mandiri di negara lain, akan membentukmu menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab.

 

4. Berpikir Kritis

Kamu akan menghadapi masalah yang menuntutmu untuk memikirkan solusi dari sudut pandang yang berbeda. Skill ini akan sangat membantu ketika kamu bekerja dan menghadapi kesulitan yang menuntutmu untuk berpikir cepat, tepat dan kreatif.

 

5. Kritik Membangun

Tidak ada yang sempurna, bahkan ketika kamu merasa telah berupaya sebaiknya. Setiap tindakan dan hasil akan memiliki celah untuk perbaikan. Namun sayangnya, tidak semua orang punya kemampuan untuk mengatasi kritik. 

Kuliah di luar negeri, kamu akan menyadari bahwa kritik adalah sesuatu yang penting untuk dapat meningkatkan kemampuan. Dan kamu cukup memandang hal tersebut sebagai upaya perbaikan agar lebih baik daripada sebelumnya. Ketika kamu berhenti memandang kritik sebagai upaya menjatuhkan, kamu akan sadar bahwa kritik sangat penting sebagai bentuk self-improvement.

 

 

BACA JUGA: Mind Map for College Students, Manfaat dan Cara Melakukannya

 

 

Ternyata kuliah di luar negeri juga dapat meningkatkan soft skills lho. Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: