BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Technopreneur, Definisi dari Generasi Baru Bisnis

Posted on 13 Agustus 2022

Technopreneur, Definisi dari Generasi Baru Bisnis

Pada era melek teknologi dan wirausaha saat ini, muncul istilah baru yang disebut Technopreneur. Teknologi, sebagai kekuatan yang mendorong dunia untuk maju ke depan adalah instrumen perubahan atau transformatif. Namun ketika berbicara tentang mengelola bisnis berbasis teknologi, kemampuan pengusaha teknologi untuk menguasai hal-hal teknis dengan kecerdasan yang cepat, tentunya sangat penting bagi keberhasilan perusahaan.

 

Apa itu Technopreneurship?

Istilah Technopreneurship merupakan kombinasi dari dua kata yaitu Teknologi dan Entrepreneurship. Ini adalah semacam usaha pada bidang teknologi yang melibatkan individu paham teknologi, kreatif, inovatif dan memiliki kemampuan untuk mengambil resiko yang telah diperhitungkan. 

Keberhasilan seorang Technopreneur berdasarkan seberapa mampu mereka untuk bekerja secara berkesinambungan dan saling terkait. Jadi, keberhasilan sebuah Technopreneurship melibatkan sekelompok orang yang berdedikasi dengan keahlian dan sumber daya berbeda.

Maka tidak mengherankan ketika Technopreneur menjadi Definisi dari Generasi Baru Bisnis.

 

 

BACA JUGA: 5 Digital Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

 

 

Technopreneur Sukses

Untuk menjadi Technopreneur, kamu tidak harus jenis dalam coding atau desain. Kamu hanya perlu menjadi cerdas untuk mencari solusi menggunakan teknologi. Misalnya seperti:

  • Founder GoJek: Nadiem Anwar Makarim
  • Founder Grab: Anthony Tan
  • Founder Apple: Steve Jobs
  • Founder PayPal, SpaceX dan Tesla: Elon Musk

Mereka adalah sosok yang berhasil menggunakan kekuatan teknologi sebagai pebisnis yang berani mengambil resiko, seorang inovator, visioner dan tidak pantang menyerah.

 

Bagaimana Cara Menjadi Technopreneur Sukses?

Inovasi adalah kunci utama pada bidang Technopreneur. Ini berarti kamu harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan instrumen yang ada bertujuan untuk memberikan dampak baik pada masyarakat. Ini dia tipsnya:

  • Dapatkan banyak ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi. Mulai dari memahami internet, menguasai website, analitis, bahkan belajar coding.
  • Pantang menyerah. Setiap konsep yang baik, biasanya memiliki penemu yang pantang menyerah dan terus berusaha mendorong idenya agar menjadi realita.
  • Bangun tim. Staf pendukung yang berdedikasi sangat penting untuk kesuksesan Technopreneur.
  • Problem-solving skills. Setiap usaha pasti akan menghadapi rintangan yang bisa berupa tantangan operasional, krisis keuangan, dan hambatan aturan. Kamu harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah.
  • Bersiap menghadapi kompetitor. Uber di Indonesia nyatanya menghilang perlahan-lahan karena kalah bersaing dengan kompetitornya. Karena itu, kamu harus selalu siap berinovasi dan mengikuti keinginan pasar agar tidak kalah dari kompetitor.

Nah itu dia sedikit gambaran mengenai Technopreneur, Definisi dari Generasi Baru Bisnis. 

 

 

BACA JUGA: Langkah Membangun Relasi Global (Networking)

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: