BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Langkah Membangun Relasi Global (Networking)

Posted on 11 Juli 2022

Relasi Global - Education Republic

Langkah Membangun Relasi Global (Networking)

Kemampuan membangun relasi global atau networking, sangat berharga bagi perkembangan karir profesional. Nyaris setiap cerita keberhasilan seseorang, dibarengi dengan kemampuan membangun hubungan baik dengan orang lain.

Melalui networking, kamu memiliki peluang untuk terkoneksi dengan orang lain yang memiliki pemikiran serupa. Kamu juga dapat membangun kontak profesional dengan partner potensial, investor dan masih banyak lagi. 

Pada awalnya, kamu mungkin merasa kesulitan dan kebingungan mengenai cara menyampaikan ide maupun memberikan penawaran kepada orang lain. After all, you only have one real shot at making a good first impression. 

Maka untuk membantumu, berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membangun relasi global.

 

 

BACA JUGA: BEGINI TIPS MENULIS AGAR RESUME MU SEMAKIN MENARIK

 

 

1. Kenal, Suka dan Percaya

Kenali Suka Percaya - Education Republic

1 menit. Kamu hanya memiliki 1 menit untuk membuat seseorang tertarik untuk menjadi partnermu. 

Yang harus kamu lakukan adalah mengenali lawan bicaramu, dengarkan kata-katanya dan dapatkan kepercayaannya. Ingat, pastikan kamu dan orang tersebut memiliki tujuan yang sama, sehingga kalian dapat saling membantu untuk mencapai tujuan tersebut.

 

2. Master Pada Berbagai Platform

Platform - Education Republic

Saat kamu kuliah di luar negeri, mudah bagimu untuk berkomunikasi dengan teman-teman globalmu. Lalu, apa yang akan kamu lakukan saat kalian kembali ke negara masing-masing? Lost contact? Jangan sampai terjadi. Kamu harus menguasai platform komunikasi lain seperti email, pesan, video chat, post sosial media dan masih banyak lagi. 

 

3. Positif

Positive - Education Republic

Dibanding orang yang suka berkeluh kesah dan bersikap negatif, mereka yang memiliki sifat positif mampu menarik orang-orang lain ke arahnya. Sifat positif dan percaya diri tentunya akan membuatmu tampak bisa lebih dipercaya dan paham dengan apa yang kamu lakukan. 

Turn every bad situation to your favor, or find a positive value to evaluate the situation. Ketika kamu positif dan percaya diri saat menghadapi hal negatif, mereka juga akan lebih percaya kepadamu.

 

4. Humor

Humor - Education Republic

Humor dan gelak tawa sangat ampuh untuk menghilangkan ketegangan dan tensi. Kebanyakan orang lebih menyukai mereka yang memiliki selera humor. Humor is always humanizing. Tapi ingat, gunakan humor disaat yang tepat. Jangan sampai kamu tidak profesional dan dianggap banyak bercanda.

 

5. Hadiri Event 

Event - Education Republic

Banyak sekali event bisnis untuk menambah relasi. Sebelum menghadirinya, pastikan kamu sudah memiliki beberapa daftar nama yang sekiranya cocok dengan visi dan misimu. Kenali, suka dan percaya. Ingat untuk selalu fokus mendengarkan dan menunjukan ketertarikan, serta berikan respon yang sesuai.

 

 

BACA JUGA: TIPS & TRIK SUKSES DI UNIVERSITAS

 

 

Networking tidak sesulit itu, namun juga bukan sesuatu yang bisa kamu anggap remeh. Hal ini akan sangat berguna untuk membantu karir dan bisnis di masa depan. Yang harus kamu lakukan? Cukup lakukan 5 langkah di atas untuk membangun relasi global (networking) yang kamu butuhkan.

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri dan membangun jaringan global milikmu sendiri? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: