BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024   Calling out to students travelling to Ireland this Summer for the 2024/2025 academic year!   Join us for the Education in Ireland […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Saat Kuliah IT

Posted on 14 Oktober 2022

Soft Skill Yang Wajib Kamu Miliki Saat Kuliah It - Education Republic

Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Saat Kuliah IT

Jika kamu memiliki rencana untuk bekerja di bidang IT, kamu mungkin sudah memiliki hard skills seperti mempelajari cara membuat kode dan menyelami bahasa pemrograman, libraries, frameworks dan alat lain untuk melakukan pekerjaan itu. Hal-hal ini akan kamu pelajari saat kamu kuliah IT.

Tapi, bagaimana dengan soft skill?

Seorang IT tidak bekerja sendiri. Ia adalah bagian dari tim yang lebih besar. Inilah mengapa penting untuk mahasiswa IT untuk meningkatkan soft skill yang akan menunjukkan keterampilan selama proses perekrutan.  Banyak perekrut menyatakan, bahwa soft skill menjadi penting karena ini akan membedakan mu dari kandidat lainnya.

Jadi, apa saja Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Saat Kuliah IT? Check this out!

 

 

BACA JUGA: Tips Menulis Motivation Letter Untuk Kuliah ke Luar Negeri

 

 

1. Komunikasi

Komunikasi - Education Republic

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk setiap pekerjaan, tidak terkecuali bidang IT. Pengembang dan profesional IT harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan rekan tim, klien, dan pemilik kepentingan lainnya, baik untuk mengidentifikasi tujuan bisnis atau menguraikan konsep teknis dengan cara yang mudah dipahami.

 

2. Problem-Solving yang Kreatif

Problem Solving Yang Kreatif - Education Republic

Sebagai seorang IT, kamu harus mampu memecah tugas-tugas besar dan kompleks dengan langkah terbaik. Ini tentunya membutuhkan campuran kreativitas dan keterampilan berpikir kritis.

Kemampuan problem solving biasanya muncul dari pengetahuan dan pengalaman. Kamu dapat berbincang dan berbagi pengalaman dengan IT senior untuk meningkatkan kemampuan pemecah masalah.

 

3. Memperhatikan Hal-hal Kecil

Memperhatikan Hal Hal Kecil - Education Republic

Bekerja di bidang IT membutuhkan perhatian yang cermat terhadap detail. Pemrogram perlu memastikan kode agar selaras dengan standar dan praktik perusahaan, tentunya mereka juga perlu mengawasi bug dan error. Seorang IT harus berorientasi pada detail saat membersihkan dan memformat data serta membangun mesin learning models.

 

4. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional - Education Republic

Sejatinya, teknologi menyediakan alat yang akan mempermudah kehidupan. Namun untuk mengembangkan solusi yang efektif, kamu harus dapat berempati dengan pengguna. Misalnya Desainer UX harus melakukan survei dan wawancara untuk mempelajari selera, preferensi, tujuan dan hambatan pengguna untuk merancang produk yang sesuai kebutuhan.

 

5. Kepemimpinan

Kepemimpinan - Education Republic

 

Jika kamu ingin menduduki posisi manajerial, maka kamu butuh kemampuan untuk memimpin. Karena bagaimanapun kamu akan bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan tim. Kamu dapat belajar dari manajer atau pemimpin sebelumnya, meniru yang terbaik dan menghindari kesalahan.

 

 

BACA JUGA: Tips Mendapatkan Part Time Job Saat Kuliah di Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: