BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Menulis Motivation Letter Untuk Kuliah ke Luar Negeri

Posted on 12 Oktober 2022

Tips Menulis Motivation Letter Untuk Kuliah ke Luar Negeri

Pernah dengar istilah motivation letter? Atau surat motivasi?

Beberapa universitas di luar negeri mencantumkan motivation letter sebagai salah satu persyaratan mendaftar. Jika kamu berhasil menulis surat ini dengan baik, maka keberhasilanmu bergabung dengan universitas sudah terjamin. 

Selain untuk tujuan pendidikan, motivation letter juga menjadi persyaratan saat kamu melamar di organisasi tertentu, baik untuk bekerja, magang, atau sukarelawan. Nah, untuk kamu yang masih merasa sedikit bingung tentang hal ini, berikut Tips menulis Motivation Letter Untuk Kuliah ke Luar Negeri.

 

 

BACA JUGA: Tips Mendapatkan Part Time Job Saat Kuliah di Luar Negeri

 

 

1. Alasan Kuliah ke Luar Negeri

Jelaskan alasan mengapa kamu ingin kuliah ke luar negeri. Meskipun alasannya jelas, tapi caramu menulisnya akan sangat mempengaruhi pandangan universitas terhadapmu.

Jangan katakan:

  • Ingin pergi dari Indonesia
  • Mau cari pasangan dari negara lain
  • Kayaknya sih asik ya…

Tapi katakan:

  • Saya ingin berkembang secara personal dan profesional melalui pengalaman eksplorasi global.
  • Saya sangat tertarik dengan kebudayaan, sejarah dan bahasa negara itu. Dan saya tidak sabar untuk merasakan pengalamannya secara langsung.
  • Saya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi lintas budaya, karena itu saya tertarik untuk mengaplikasikan kemampuan ini sebagai mahasiswa internasional.

 

2. Pengalaman ke Luar Negeri

Meskipun kamu belum pernah ke luar negeri sebelumnya, kamu harus mampu menunjukkan kesiapan untuk belajar di negara baru.

Jangan katakan:

  • Belum pernah sih, tapi pasti suka
  • Pernah, tapi ya gitu… nggak terlalu suka

Tapi katakan:

  • Meskipun saya belum pernah tinggal atau pergi ke luar negeri, saya sangat menyukai kesempatan untuk mencoba pengalaman budaya baru dan mengembangkan cakrawala pengetahuan internasional.
  • Saya telah melakukan penelitian untuk memastikan bahwa negara itu adalah negara yang tepat untuk saya. Hal ini juga merupakan peluang bagi saya yang siap untuk hidup mandiri.

 

3. Kepribadian

Jangan katakan:

  • Saya orangnya berisik banget ya, jadi gampang cari temen
  • Saya pendiem banget, jadi nggak bakal ribet

Tapi katakan:

  • Saya adalah tipikal individu yang mudah beradaptasi dengan berbagai jenis watak dan karakter orang lain. Hal ini dikarenakan saya terbuka akan perbedaan dan siap menerima perubahan.
  • Saya sangat peka terhadap sensitivitas budaya. Karena itu, saya akan sangat menghargai perbedaan budaya, nilai dan moral orang lain.

 

Nah, kira-kira itulah tips dari minER untuk kamu yang sedang kebingungan menulis motivation letter. Good luck fellas!

 

 

BACA JUGA: Tips Hidup Sehat Saat Kuliah di Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: