BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

PUBLIC VS PRIVATE UNIVERSITIES

Posted on 5 Februari 2022

Difference Between Public And Private College Lg E1644051551637 - Education Republic

 

WHAT IS A PUBLIC UNIVERSITY?

Selain menerima dana dari pemerintah, universitas negeri cenderung berukuran lebih besar. Banyak universitas negeri memiliki kampus yang berdiri di atas lahan yang sangat luas dengan ribuan mahasiswa. Karena berstatus negeri, banyak universitas negeri memiliki banyak mahasiswa lokal. Beberapa universitas negeri bahkan diharuskan menerima persentase tertentu mahasiswa dari wilayah mereka untuk menjaga pendanaan dari pemerintah lokal, yang berarti lebih sedikit tempat yang tersedia untuk mahasiswa dari luar wilayah atau internasional. Hal ini yang membuat pendaftaran masuk ke universitas negeri menjadi sangat kompetitif, meskipun jumlah mahasiswa secara keseluruhan lebih banyak.

 

BACA JUGA: HARD SKILLS VS SOFT SKILLS

 

WHAT IS A PRIVATE UNIVERSITY?

Dengan sumber pendanaan yang lebih selektif, universitas swasta umumnya lebih kecil, yang berarti lebih sedikit mahasiswa dan juga ukuran kelas yang lebih kecil. Biasanya ini juga berarti lebih sedikit pilihan gelar, program studi, dan profesor. Namun, karena universitas swasta tidak mendapatkan dana dari pemerintah lokal, mereka cenderung membuka pendaftaran dari mahasiswa dari seluruh dunia. Universitas swasta yang lebih kecil dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam bidang atletik atau seni rupa, karena lebih sedikit mahasiswa yang bersaing untuk kesempatan yang sama.

 

CHOOSE BETWEEN A PUBLIC VS PRIVATE UNIVERSITY

Jadi, bagaimana mahasiswa memilih universitas yang tepat? Tanyakan pada diri kamu apa yang paling penting ketika mempertimbangkan untuk kuliah di sebuah universitas:

Ukuran—jika kamu menyukai kampus besar dengan banyak orang, universitas negeri mungkin merupakan pilihan yang tepat. Jika kamu lebih suka belajar di lingkungan yang lebih kecil, kamu dapat mempertimbangkan universitas swasta.

Biaya—di mana pun kamu tinggal, kuliah di universitas negeri kemungkinan akan lebih murah. Namun, jika biaya tidak menjadi pertimbangan utama, universitas swasta memungkinkan kamu untuk melihat lebih banyak variasi sekolah.

Jurusan—jika kamu memilih jurusan, gelar, atau program tertentu, pastikan universitas swasta memiliki apa yang kamu cari sebelum mendaftar. Jika tidak, pertimbangkan bahwa universitas negeri akan memiliki lebih banyak pilihan jurusan dan jumlah fakultas yang lebih banyak, serta program pascasarjana.

 

BACA JUGA: WHERE SHOULD YOU STUDY ABROAD, UK OR USA?

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: