BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

WHERE SHOULD YOU STUDY ABROAD, UK OR USA?

Posted on 19 Januari 2022

 

WHERE SHOULD YOU STUDY ABROAD, UK OR USA?

Bagi Sahabat ER yang masih bingung untuk memutuskan akan kuliah di UK atau USA, ada beberapa perbedaan yang harus kalian ketahui. Perbedaan ini dimulai dengan apa yang disebut pendidikan tinggi: di UK, itu adalah uni (singkatan dari universitas), sedangkan di USA, itu adalah college. Meskipun memiliki bahasa yang sama, perbedaan universitas di UK dan USA dapat membingungkan siapa pun yang tidak mengenal keduanya, terutama bagi mahasiswa yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Selain itu, juga terdapat perbedaan antara program sarjana universitas USA dan UK, program studi, persyaratan penerimaan, biaya, dan kehidupan mahasiswa bervariasi antara dua sistem pendidikan tinggi tersebut. Dan bagaimana faktor-faktor ini dapat memengaruhi keputusan kamu untuk kuliah di luar negeri. Berikut beberapa hal yang perlu mahasiswa ketahui sebelum memilih universitas di UK atau USA.

 

BACA JUGA: 6 DOKUMEN WAJIB UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

 

WHAT DOES “COLLEGE” MEAN AND WHAT DOES “UNIVERSITY” MEAN?

Sebelum kita melihat dua sistem pendidikan tinggi, mari kita definisikan dulu istilah “college” dan “universitas” dan bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Universitas di Inggris adalah tempat mahasiswa pergi untuk mendapatkan gelar sarjana, magister, atau doktoral. Umumnya, universitas di Inggris terdiri dari perguruan tinggi independen yang terpisah. (Oxford University, misalnya, terdiri dari lebih dari 30 perguruan tinggi yang berbeda.) Kamu dapat mendaftar kuliah di salah satu perguruan tinggi dalam sebuah universitas; namun, jika kamu ingin pindah, kamu harus mendaftar secara terpisah ke perguruan tinggi yang berbeda dalam universitas yang sama.

Sedangkan college, dapat merujuk pada lembaga pendidikan kejuruan atau pendidikan lanjutan yang diikuti mahasiswa setelah sekolah menengah keenam atau tingkat tertinggi sekolah menengah. Perbedaan antara college dan universitas di USA lebih pada masalah ukuran: universitas umumnya adalah institusi yang lebih besar dalam badan mahasiswa, fakultas, penawaran akademik, dan ukuran kampus. College belum tentu merupakan bagian dari sistem universitas di USA (walaupun mereka dapat berada di beberapa universitas yang lebih besar).

 

HOW ARE COLLEGES AND UNIVERSITIES STRUCTURED DIFFERENTLY?

Mayoritas universitas di Inggris adalah lembaga independen yang menerima uang dari pemerintah. Dalam pengertian ini, mereka adalah universitas negeri; namun, mahasiswa internasional cenderung tidak menerima manfaat dari pendidikan publik, yaitu pengurangan biaya kuliah.

Lebih dari 10% universitas global terbaik berada di UK. University of Birmingham, misalnya, memiliki lebih dari 8.400 mahasiswa internasional (28% dari total mahasiswa) dan berada di peringkat ke-96. Di Birmingham, jika mahasiswa ingin belajar ilmu komputer, mereka akan mendaftar ke Fakultas Teknik dan Ilmu Fisika di dalam universitas.

Kurikulum kuliah bervariasi antara universitas di UK, dan begitu juga dengan persyaratan masuk. Perlu juga dicatat bahwa gelar di Inggris sangat terspesialisasi dan mendalami subjek, lebih dari rata-rata jurusan sarjana USA. Dengan mengingat hal itu, jika mahasiswa mempertimbangkan untuk belajar di UK, lebih penting untuk menemukan program studi yang mencerminkan minat dan tujuan karir mereka daripada pergi ke universitas terkenal yang berperingkat tinggi yang tidak memenuhi tujuan mahasiswa.

 

 

Sedangkan di USA, ada lembaga publik dan swasta. Sementara mahasiswa dari negara bagian yang sama menerima remisi uang sekolah di sekolah umum — sering disebut sebagai sekolah negeri atau universitas negeri — mahasiswa luar negeri dan internasional cenderung membayar jumlah yang sama untuk mereka. Di universitas swasta, mahasiswa biasanya mendapatkan ukuran kelas yang lebih kecil, mendapatkan waktu lebih banyak dengan dosen, peluang networking alumni yang lebih baik.

Namun, mahasiswa mungkin terkejut mengetahui bahwa hampir 50 dari 100 sekolah teratas dalam peringkat perguruan tinggi nasional USA di US News & World Report adalah sekolah negeri. Dalam hal kualitas pendidikan di universitas negeri versus swasta, jangan mengabaikan sebuah perguruan tinggi hanya karena itu berstatus negeri. Auburn University, peringkat 44 sekolah negeri terbaik dan 104 perguruan tinggi terbaik di USA, adalah contoh bagus dari universitas negeri dengan program penelitian terbaik dan alumni terkemuka, termasuk CEO Apple Tim Cook.

 

WHAT IS CAMPUS LIFE LIKE IN UK VS. USA?

Mahasiswa UK tinggal di asrama, sangat mirip dengan asrama di mana mahasiswa USA tinggal. Namun, di UK, mahasiswa sering kali memiliki kamar sendiri dan bahkan memiliki pilihan layanan pembersihan khusus. Di USA, kamar asrama paling sering digunakan bersama antara dua mahasiswa atau lebih dan fasilitasnya bervariasi, tetapi tanpa layanan kamar.

Di USA, kehidupan ala Yunani memainkan peranan besar di kampus. Di UK, hampir tidak ada. Kehidupan ala Yunani, atau Greek letter organizations, mengacu pada organisasi sosial mahasiswa yang disebut fraternities (untuk pria) dan sororities (untuk wanita). Kelompok keanggotaan seumur hidup ini memiliki aturan khusus dan ritual rahasia—dan didirikan untuk mendorong filantropi, networking, dan pelatihan etiket. Banyak fraternities dan sororities yang memiliki rumah sendiri, baik di dalam maupun di luar kampus, tempat para anggota tinggal saat mendaftar. Saat ini, sebagian besar fraternities dan sororities dikenal menyelenggarakan pesta dan acara besar di kampus.

Di UK, ada banyak perkumpulan mahasiswa, klub, serikat pekerja, dan kelompok olahraga, tetapi mereka tidak diperlakukan sebagai bagian integral dari pengalaman kuliah, seperti di USA. Kegiatan olahraga perguruan tinggi di USA dapat menarik lebih dari 100.000 orang ke satu pertandingan, tidak ada yang seperti itu di universitas UK. Di UK, kegiatan ekstrakurikuler hanya itu: ekstra. Mahasiswa datang ke universitas untuk belajar dan bekerja keras. Jika kehidupan kampus penting bagi kamu, atau jika kamu suka menonton siaran langsung olahraga, mungkin kamu lebih cocok untuk belajar di USA.

 

BACA JUGA: 7 FAKTA MENARIK TENTANG TIM COOK

 

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: