BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Perbedaan Sistem Edukasi Antara UK dan US

Posted on 8 November 2022

Perbedaan Sistem Edukasi Antara UK dan US

Menurut peringkat universitas dunia oleh Times Higher Education dan QS World University, lebih dari setengah dari 200 universitas top dunia terletak di UK atau US. Kedua negara ini kaya akan tradisi, memiliki pendidikan tinggi yang berkualitas dengan fasilitas penelitian yang sangat baik, dan juga budaya yang mempromosikan intelektualisme serta kebebasan akademik. 

Namun meskipun kedua negara menyediakan lingkungan yang sangat baik untuk belajar, ada banyak perbedaan sistem edukasi antara UK dan US. Pada artikel ini, minER akan memberikan gambaran singkat mengenai perbedaannya. Simak dengan baik ya!

 

 

BACA JUGA: Tips Mengurangi Biaya Listrik dan Air Untuk Student Internasional

 

 

Durasi Waktu

Perbedaan paling signifikan pada sistem edukasi antara UK dan US adalah durasi waktu untuk menyelesaikan program studi bergelar (kecuali Skotlandia). Secara umum, program gelar di US memakan waktu sekitar satu tahun lebih lama daripada UK, tentu saja durasi ini tergantung dari program atau gelar yang kamu pilih. Durasi waktu di UK lebih pendek karena program studinya jauh lebih terfokus daripada US.

 

Istilah-istilah Akademik

Sebagian besar universitas US memulai masa studi pada pertengahan hingga akhir Agustus. Sebagian besar memiliki waktu libur yang cukup lama, mulai dari pertengahan Desember dan memulai semester kedua pada awal hingga pertengahan Januari. Namun universitas yang menggunakan kalender berbeda, seperti sistem berbasis trimester atau kuartal, dapat memulai liburan musim dingin pada liburan Thanksgiving yang jatuh pada akhir November.

Istilah akademis di UK sedikit lebih bervariasi. Sebagian menggunakan sistem semester, sistem trimester dan kuartal digunakan di beberapa universitas. Banyak kampus yang memulai perkuliahan pada bulan September atau Oktober dan berakhir pada bulan Mei atau Juni, yang membuat tahun akademik sedikit lebih lama. 

 

Tugas dan Nilai

Sistem edukasi US menekankan pada pentingnya membaca buku mingguan atau bahkan dua mingguan, serta tugas lain seperti proyek penulisan kecil, makalah penelitian besar dan presentasi lisan. 

Di UK, sebagian besar universitas berbasis kuliah dengan tugas sesekali sepanjang semester. Bahkan dalam beberapa kasus, tidak ada tugas wajib, dengan seluruh nilai akan student dapatkan pada satu ujian akhir. Sedangkan di US, nilai berdasarkan kinerja pada berbagai tugas, dengan ujian akhir hanya merupakan persentase dari nilai total.

 

 

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Edukasi US yang Wajib Kamu Kunjungi

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: