BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Coffee Talk – Taylor’s University

Taylor's University is coming to Denpasar! Bekerja sama bersama Education Republic, Taylor's University Malaysia mengundang mahasiswa Denpasar untuk hadir di acara Coffee Talk untuk mendapatkan informasi lengkap studi di Malaysia. […]

Find out more »

ASIA APPLICATION WEEK!

Tertarik untuk mendaftar ke salah satu Universitas luar negeri di Asia?  Education Republic menghadiri puluhan universitas Asia setiap minggu, live di Zoom! kesempatan buat kamu untuk 1-1 consultation bersama representatives […]

Find out more »

Career in Digital Marketing!

    Career as A Digital Marketer Skills Digital Marketing kini sudah terbukti menjadi skill yang sangat dibutuhkan oleh setiap Perusahaan seiiring dengan perkembangan teknologi dunia. Masyarakat kini juga mencari […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

6 DOKUMEN WAJIB UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

Posted on 15 Oktober 2021

 

Sahabat ER ingin kuliah S1 ke luar negeri? Ada beberapa dokumen yang harus Sahabat persiapkan sebelum berangkat. Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan tersebut? Berikut daftarnya:

 

  1. IJAZAH DAN TRANSKRIP

Sahabat ER harus menyiapkan banyak salinan ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir sebagai cadangan untuk mendaftar beasiswa. Selain itu, beberapa beasiswa juga menerima SKL (Surat Keterangan Lulus) sebagai ganti ijazah sementara.

 

  1. CURRICULUM VITAE (CV)

Curriculum Vitae adalah dokumen yang memuat profil singkat Sahabat ER seperti identitas diri, pendidikan, pengalaman organisasi/pekerjaan. Pastikan hanya mencantumkan poin-poin penting saja. Buatlah desain CV yang kreatif namun tidak berlebihan.

 

  1. ESSAY/MOTIVATION LETTER

Berisi tentang latar belakang, kegiatan, pengalaman, motivasi dan visi misi Sahabat ER ke depan. Intinya apa alasan kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Pastikan essay tersebut memuat rencana kamu dalam 5 tahun ke depan, apa karir yang kamu inginkan, serta alasan yang kuat kenapa kamu pantas untuk mendapatkan beasiswa itu.

 

  1. SURAT REKOMENDASI

Surat ini sebaiknya ditulis oleh pihak yang benar-benar tahu tentang diri dan kompetensi Sahabat ER. Surat rekomendasi bisa berasal dari atasan, pimpinan tempat kerja, dosen di perguruan tinggi, atau kepala sekolah. Semua itu menyesuaikan dengan latar belakang Sahabat ER apakah seorang mahasiswa, dosen atau karyawan.

 

  1. SERTIFIKAT KEMAMPUAN BAHASA

Terutama dalam Bahasa Inggris, membutuhkan sertifikat berskala internasional seperti IELTS atau TOEFL. Jenis sertifikat Bahasa perlu disesuaikan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa. Jika Sahabat ER merasa kemampuannya Bahasa Inggrisnya kurang, kamu bisa ikut kursus atau belajar dulu beberapa bulan sebelum test resminya.

 

  1. PASPOR

Paspor adalah dokumen penting jika akan bepergian ke luar negeri. Paspor menjadi syarat administratif pendaftaran kuliah dan beasiswa. Kadang proses membuat paspor bisa memakan waktu yang lama, sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Pastikan untuk membawa paspor asli dan lembar pertama fotokopi paspor, lalu simpan di tempat yang aman.

 

Udah gak sabar ya ingin kuliah di luar negeri! Jika Sahabat ER ingin tahu program studi apa yang cocok, kami di Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik kalian.

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: