BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Virtual Study Abroad Expo (9-10 Oct 2021)

  Pameran Virtual Kuliah ke Luar Negeri dengan pilihan terlengkap dihadiri oleh TOP Universitas Negeri dan Swasta dari Asia, US, UK, Canada, Ireland, Eropa, Australia dan New Zealand! dan 100% […]

Find out more »

Talk: Jurusan ANTI – Pengangguran!

Pada bingung mau kuliah di jurusan apa yang bisa menjanjikan prospek karir yang bagus? Jawabannya adalah Cybersecurity! - Program berfokus pada pengamanan komputer dan internet.  Bekerjasama dengan PSB Academy, Singapore. […]

Find out more »

Torrens University Australia – Open House

Torrens University Australia is Australia's fastest growing university with 90% career employability! Students who are keen to study in Australia are encouraged to explore wide range of Torrens University courses […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

5 KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI DALAM MENULIS CV

Posted on 2 Juni 2021

 

Ketika Sahabat ER sudah lulus sekolah dan akan melanjutkan ke perguruan tinggi, ada satu dokumen yang kamu perlu miliki yaitu Curriculum Vitae(CV). CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi mengenai diri kamu.

CV ini nantinya akan menjadi dokumen yang akan selalu digunakan seperti untuk proses mendapatkan beasiswa atau untuk melamar pekerjaan. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menulis CV yang baik dan benar. Terutama bagi yang baru pertama kali menulis CV, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

 

  1. HINDARI DESKRIPSI TERLALU PANJANG

Usahakan isi CV kamu efektif dan efisien, hanya cantumkan informasi yang penting dan relevan. Tak perlu terlalu panjang lebar menceritakan kisah hidup dari lahir sampai dewasa. Pilah dan pilih informasi yang tepat untuk memberi gambaran profesional tentang diri kamu.

 

  1. JANGAN TERLALU BANYAK DESAIN

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam menulis CV adalah desain CV yang terlalu “kreatif”. Seperti pilihan font yang keriting susah dibaca, dengan size font yang terlalu besar. Juga terlalu banyak menggunakan warna-warni, diagram, atau gambar-gambar yang tak perlu. Jika kamu ingin mencantumkan foto, pilih foto yang formal dan berpakaian rapi.

Usahakan desain CV kamu simple, rapi, bersih dan mudah dibaca.

 

  1. JANGAN MENULIS DATA PRIBADI

Hindari mencantumkan data-data pribadi seperti scan KTP berwarna, Kartu Keluarga, alamat lengkap, atau tempat tanggal lahir. Cukup sebutkan saja usia kamu berapa dan lahir di kota apa. Karena tidak ada yang menjamin jika informasi pribadi di CV kamu tidak akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

  1. GUNAKAN ALAMAT EMAIL PROFESIONAL

Gunakan satu alamat email professional untuk mengirim email yang berkaitan dengan sekolah, kuliah atau pekerjaan. Usahakan nama emailnya yang formal dan mengandung nama kamu, seperti:

hindari nama-nama email yang tidak sopan karena akan mempengaruhi penilaian orang terhadap kamu.

 

  1. HINDARI SATU CV UNTUK SEMUA PEKERJAAN

Buatlah beberapa CV berbeda untuk keperluan berbeda. Misalnya untuk mendaftar kuliah atau untuk mendapat beasiswa memiliki desain yang berbeda dari CV untuk melamar pekerjaan. Jika kamu melamar kerja di bidang kreatif bisa menggunakan desain CV yang lebih berwarna daripada desain CV untuk melamar kerja di bidang hukum.

 

Wah, jadi menambah wawasan ya! Jika kalian ingin tahu bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuan kalian, kami di Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik kalian.

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: