BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

Posted on 9 Desember 2022

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi yang bagus dapat menjadi faktor penentu untuk masuk ke kampus atau jurusan impian mu. 

Saat kamu mendaftar masuk ke universitas atau beasiswa, salah satu persyaratannya adalah menyertakan surat rekomendasi. Dan surat-surat ini biasanya ditulis oleh guru, konselor atau manajer yang bertujuan menjamin kualifikasi dan karakter mu.

Surat rekomendasi yang kuat memungkinkan orang lain untuk meninjau aplikasi mu dan mengenalmu di luar dari resume. Hal ini juga akan memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang siapa kamu dan apa motivasimu dari orang terdekat yang berpengaruh.

Tanpa basa-basi, ini yang bisa kamu lakukan sebagai Cara Untuk Mendapatkan Surat Rekomendasi.

 

 

BACA JUGA: 5 Negara Terbaik di Eropa Untuk Student Internasional Edisi 2023

 

 

Apa Fungsi Surat Rekomendasi?

Surat rekomendasi sering muncul sebagai persyaratan aplikasi perguruan tinggi. Kamu biasanya memerlukan satu hingga empat surat rekomendasi ini saat melamar program sarjana atau pascasarjana.

Bahkan jika kampus tidak mewajibkan surat rekomendasi, melampirkannya dalam berkas pendaftaran dapat memberikan keunggulan kompetitif daripada pendaftar lainnya.

 

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

 

1. Pilih Sosok yang Kamu Ingin Untuk Menulis Surat Rekomendasi

Rekomendasi paling efektif berasal dari seseorang yang mengenalmu dengan baik. Buatlah daftar beberapa orang yang dapat kamu ajak bicara. Kamu dapat mempertimbangkan guru atau konselor akademikmu di sekolah. Pilih guru dengan prestasi baik (dan memiliki hubungan baik). 

 

2. Siapkan Resume

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rekomendasi adalah dengan mempermudah orang yang menulis untuk menyoroti pencapaian dan kelebihanmu. Caranya cukup mudah, kamu dapat memberikan salinan transkrip akademik dan resume kepada orang yang menulis surat.

 

3. Tanyakan Secara Langsung & Pribadi

Sebelum menuliskan permintaan formal, ada baiknya kamu menanyakan perihal surat rekomendasi secara langsung dan pribadi. Kamu harus mempersiapkan diri dengan kalimat-kalimat yang ingin kamu katakan dan alasan kenapa kamu memilih orang ini.

 

4. Follow Up

Lakukan follow up secara sopan sekitar 1-2 minggu sebelum deadline. Ini adalah peluang yang bagus untuk mengucapkan terimakasih atau memberikan informasi tambahan apabila dirasa kurang. 

 

5. Terimakasih

Merupakan tata krama untuk mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan. Tulislah surat ucapan terimakasih dan apresiasi dukungan bagi mereka yang telah membantu mu.

 

 

BACA JUGA: Langkah-langkah Revisi College Essay

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: