BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Langkah-langkah Revisi College Essay

Posted on 5 Desember 2022

Langkah-langkah Revisi College Essay

Menulis esai yang luar biasa untuk kuliah bisa menjadi tugas yang melelahkan. Esaimu harus menarik, mengundang, tidak bercela dan harus memiliki contoh luar biasa dan tidak memiliki grammar error.

Sounds like a lot of work, doesn’t it?

Yes, it is. Dan salah satu cara untuk memastikan esaimu sudah sempurna adalah dengan melakukan revisi sebelum di submit.

Merevisi, proofreading dan mengedit bisa menjadi tugas yang melelahkan jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Kamu harus memastikan bahwa kamu memahami caranya.

Pada artikel ini, minER akan memberikan Langkah-langkah Revisi College Essay.

 

 

BACA JUGA: Do’s and Don’t Agar Bisa Naik Jabatan

 

 

Langkah-langkah Revisi Essay

Kamu mungkin merasa bahwa kamu sudah menulis esai dengan cukup baik. Tapi bagaimanapun, kamu tetap harus melakukan revisi sebelum esaimu dinyatakan selesai.

Jadi, jangan melewatkan langkah penting ini dan lakukan perubahan penting yang kamu butuhkan untuk membuat esaimu lebih baik lagi.

 

Periksa Menyeluruh

Saat membaca pertama kali, abaikan grammar dan fokus untuk membaca seluruh esai untuk mengecek pesan, alur dan kualitas konten. 

Kamu dapat melakukan cross check dengan menjawab pertanyaan ini:

  • Pesan apa yang ingin kamu sampaikan?
  • Apakah kamu telah menjawab pertanyaan?
  • Apakah esaimu berakhir dengan sudut pandang atau cerita?
  • Apakah kamu menggunakan cerita dan contoh untuk mendemonstrasikan value mu? 
  • Apakah esaimu fokus pada dirimu atau terlalu fokus pada orang lain atau ide?

Jika seluruh jawabanmu negatif, kamu harus menulis ulang esaimu untuk memperbaiki masalah ini.

 

Periksa Transisi dan Alur

Garis bawahi setiap topik paragraf dan kalimat transisi untuk memvisualisasikan apakah alurmu sudah jelas dan alami. Jika perlu, tulis ulang kalimat transisi ini untuk membuat garis besar yang logis.

 

Periksa Kualitas Konten

Garis bawahi bagian yang tidak jelas, membosankan atau tidak perlu. Setelah itu, kembali dan perjelas. Hiasi bagian yang membosankan dengan bahasa yang hidup agar esaimu lebih menonjol dan hapus kalimat/kata yang tidak perlu.

Pastikan semua yang ada di esai menunjukkan apa yang dicari kampus: kepribadian, minat dan sifat positif.

 

Baca dengan Keras

Membaca esaimu dengan keras dapat membantumu menangkap masalah yang ada. Misalnya, kamu mungkin menggunakan kata-kata tertentu secara berlebihan, memiliki struktur kalimat yang tidak selaras atau menggunakan kosa kata yang terdengar tidak wajar. Kamu juga dapat menemukan kesalahan tata bahasa dan tanda baca.

 

Periksa Tata Bahasa dan Tanda Baca

Pertama, lakukan pengecekan ejaan untuk mencari kesalahan. Setelah memeriksa ejaan, kamu mungkin akan menemukan beberapa error pada tanda baca.

Kedua, periksa kesalahan struktur kalimat umum seperti fragmen kalimat dan run-on. Sepanjang esai, pastikan kamu memvariasikan panjang dan struktur kalimat untuk aliran yang menarik.

 

Feedback

Akan lebih baik jika kamu mendapatkan feedback  tentang esaimu sebelum mengirimkan aplikasi. Dapatkan feedback dari 2 atau 3 orang pembaca untuk menghindari terlalu banyak saran yang bertentangan. Mintalah feedback dari orang-orang yang mengenalmu dengan baik seperti guru atau anggota keluarga. 

 

 

BACA JUGA: Bagaimana Cara Membuka Rekening Bank di Irlandia?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: