BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tentang Metaverse, Definisi dan Istilah

Posted on 28 September 2022

Apa Itu Metaverse - Education Republic

Tentang Metaverse, Definisi dan Istilah

Istilah metaverse adalah portmanteau yang menggabungkan dunia ‘meta’ dan ‘universe’. Merujuk pada iterasi internet masa depan yaitu Web 3.0. Evolusi internet ini diharapkan dapat melihat munculnya online 3D atau lingkungan virtual terintegrasi yang memberikan akses kepada pengguna untuk mencoba virtual reality dan pengalaman augmented reality.

Tapi, apa sih sebenarnya metaverse? Apakah universe virtual dengan kemungkinan tanpa batas? Atau masa depan internet dystopian yang berdiri atas fiksi ilmiah spekulatif?

Membahas metaverse, rasanya seperti membahas internet di tahun 70-80an. Menimbulkan spekulasi mengenai bagaimana dan seperti apa penggunaannya nanti. Semua orang mendengar dan membaca mengenai metaverse, tapi hanya sebagian yang benar memahami cara menggunakannya.

Jadi, Apa Itu Metaverse, Ini Dia Definisi dan Istilah Sekelilingnya.

 

 

BACA JUGA: Gen Z vs Work Culture

 

 

Definisi Metaverse

Definisi Metaverse - Education Republic

Berdasarkan visinya, metaverse diartikulasikan oleh media sosial dan perusahaan teknologi seperti virtual reality headsets, kacamata digital, smartphones dan perangkat lain yang memungkinkan pengguna mengakses lingkungan virtual atau augmented reality 3D dimana mereka dapat bekerja, terhubung dengan teman, menjalankan bisnis, mengunjungi lokasi terpencil dan mengakses peluang pendidikan. Semua dalam lingkungan teknologi digital.

Metaverse bukan hanya satu jenis pengalaman. Ini mengacu pada rangkaian pengalaman digital imersif yang akan tersedia bagi pengguna di masa depan yang akan memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam berbagai aktivitas di ruang digital. Artinya, pengguna dapat berpartisipasi dalam game multiplayer virtual reality yang dapat diakses melalui headset VR.

 

Istilah dalam Metaverse

Istilah Metaverse - Education Republic

  • Virtual World: Lingkungan simulasi yang dapat menjelajahi dunia secara bersamaan dan mandiri melalui penggunaan avatar. Dunia maya menyajikan data perseptual kepada pengguna sekaligus juga mencakup tindakan dan komunikasi dari pengguna lain serta pergerakannya.
  • Virtual Reality: Pengalaman simulasi yang dapat memproyeksikan gambar, suara dan sensasi realistis lainnya. Virtual Reality berguna untuk video game, virtual meeting, medical training atau military training.
  • Augmented Reality: Augmented Reality sangat mirip dengan dunia nyata melalui penambahan sensorik digital seperti visual, suara, data sensorik atau data penciuman. Augmented Reality menampilkan integrasi dunia nyata dan virtual, interaksi dan visualisasi 3D dari objek nyata juga virtual.

 

Metaverse dapat mengubah sektor teknologi. Perusahaan akan menciptakan arsitektur, perangkat keras dan perangkat lunak yang akan menjadi power metaverse Web 3.0. Hal ini juga akan mempengaruhi perusahaan di luar bidang teknologi seperti bagaimana orang akan berbelanja, navigasi kota, tur, apartemen, dan interaksi dengan bisnis serta iklan bagi konsumen.

 

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: