BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Posted on 17 September 2022

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan merupakan langkah penting bagi student yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Beberapa mungkin mengabaikan dan menganggap hal enteng yang kemudian berujung pada penyesalan. 

Banyak student yang berharap mereka dapat mundur dan berpikir lebih matang tentang apa yang sebenarnya mereka inginkan untuk empat tahun ke depan dalam hidup mereka. Meskipun penting memilih jurusan, lebih penting lagi mendapatkan informasi sehingga kamu dapat memposisikan diri untuk sukses secara akademis.

Ini dia 5 Hal Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah.

 

 

BACA JUGA: Student Tips, Kuliah Sesuai Passion atau Peluang Karir?

 

 

1. Pertimbangkan Keunggulan dan Kelemahan

Cari tahu dimana kekuatan, kelemahan dan tujuan karirmu. Bicaralah dengan penasihat akademik atau konselor karir untuk memahami jurusan apa yang sesuai dengan keunggulan dan tujuan masa depanmu. Mereka telah melakukan ratusan interaksi serupa dengan student lain dan memberikan saran berharga dalam memilih jurusan.

 

2. Tentukan Prioritas

Beberapa student memilih jurusan berdasarkan peluang kerja dan kisaran gaji yang menjanjikan. Sedangkan yang lainnya, memilih berdasarkan jurusan yang membuat mereka tertarik.  Perhatikan tiga elemen yaitu manfaat ekonomi, tingkat minat dan bakat.

 

3. Peluang Karir

Tidak semua jurusan sama. Ya mereka menawarkan ijazah, tapi belum tentu menjanjikan pekerjaan. Saat memilih jurusan, akan bijaksana untuk memeriksa statistik penempatan kerja.

 

4. Biaya Kuliah

Jika uang kuliah bukan masalah, kamu dapat melewatkan bagian ini. Tapi jika kamu masih sering cancel belanja online karena ongkos kirim yang kemahalan, kamu wajib mempertimbangkan ini.

Setiap jurusan memiliki biaya belajar yang berbeda-beda dan tidak semua menyediakan beasiswa. Karenanya kamu harus membahas masalah ini kepada konselor untuk menentukan pilihan jurusan dan alternatif terbaik.

 

5. Mata Kuliah

Beberapa jurusan tampak lebih sulit daripada yang lain karena faktor seperti beban pekerjaan rumah, kursus dan frekuensi ujian.Pastikan kamu menyadari tuntutan beban kerja mingguan sebelum menentukan jurusan.

 

 

BACA JUGA: Student Tips, Pilih S2 Atau Kerja?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: