BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Virtual Application Day: Monash University Malaysia

Monash University, kampus internasional Australia yang juga ada di Malaysia. Kampus ini berhasil menduduki peringkat 57 di QS World University Rankings 2023 sebagai kampus terbaik di dunia. Selain itu, Monash […]

Find out more »

STUDY IN A WORLD TOP 100 UNIVERSITY IN AUSTRALIA

University of Western Australia (UWA) termasuk ke dalam Group of 8 yang merupakan daftar universitas bergengsi terbaik di Australia. UWA juga merupakan kampus tertua ke-6 yang berhasil menempati peringkat 90 […]

Find out more »

Study Culinary in New Zealand

The Culinary Collective, School of Cooking & Hospitality merupakan kampus berbasis kuliner dan bisnis pelayanan terbaik di Selandia Baru. Reputasi The Culinary Collective sebagai akademi Seni Kuliner dan Perhotelan swasta […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Apa Bedanya Skripsi di Indonesia dan Luar Negeri?

Posted on 5 Agustus 2022

Apa Bedanya Skripsi di Indonesia dan Luar Negeri?

Kamu pasti pernah dengar kata “Skripsi?” Biasanya mahasiswa tingkat akhir akan mendadak mengalami tremor, mual, pusing, dan keringat dingin saat mendengar kata Skripsi. Hampir seluruh kampus di Indonesia mengharuskan skripsi sebagai syarat lulus Bachelor degree atau Sarjana. 

Singkatnya, skripsi adalah karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian dalam bidang tertentu dengan mengikuti kaidah yang berlaku. Proses penelitian pun biasanya berlangsung panjang bahkan bisa berbulan-bulan. Pertama kamu harus mengajukan judul penelitian, mengadakan seminar proposal, kemudian survey atau wawancara, bolak-balik revisi oleh dosen, hingga akhirnya kamu berhasil memaparkan hasil akhir di sidang.

Jangan heran ya kalau skripsi masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia.

Pertanyaannya, apa kuliah di luar negeri juga ada skripsi? Dan kalau ada, apa bedanya skripsi di Indonesia dan luar negeri? Simak artikel ini ya!

 

 

BACA JUGA: Perbedaan Conditional dan Unconditional Offer

 

 

Skripsi di Luar Negeri

Beberapa gelar sarjana tidak mewajibkan student untuk menulis skripsi sebelum mendapatkan gelar. Namun, sebagian program studi mewajibkan skripsi sebagai syarat akhir mendapatkan gelar.

Kamu tidak perlu menulis skripsi jika itu bukan persyaratan dalam program studi. Namun beberapa universitas atau program studi menuntut proyek skripsi. Sebagian lainnya memiliki pilihan untuk menulis skripsi atau melakukan proyek lainnya.

Misalnya di Australia, student akan lulus apabila telah menyelesaikan setiap mata kuliah dan memenuhi kredit yang kamu butuhkan untuk lulus. Jadi, kamu tidak perlu menulis skripsi asalkan kredit kuliahmu sudah terpenuhi.

Lain lagi dengan Jerman, dimana beberapa universitas mewajibkan skripsi. Kamu baru bisa lulus apabila kamu mendapatkan nilai yang bagus untuk skripsimu.

Kalau di Amerika? Jawabannya, tidak pernah ada skripsi! Kamu cukup melalui ujian semester dan memilih antara 3, yaitu:

  • Ujian skripsi
  • Professional proyek (dokumenter, jurnal, presentasi ilmiah)
  • Ujian komprehensif (tulisan)

Dengan kata lain, kalau kamu memilih kuliah di luar negeri, kemungkinan kamu tidak harus menulis skripsi.

 

 

BACA JUGA: Kuliah ke Luar Negeri Packing Guide

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: