BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Jurnalisme

Posted on 4 Maret 2023

7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Jurnalisme - Education Republic

7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Jurnalisme

Apa kamu punya cita-cita menjadi seorang jurnalis? 

Jika iya, tentunya kamu akan membutuhkan buku yang menawarkan perspektif baru tentang profesi jurnalis konvensional dan jurnalis digital yang sedang berkembang.

Apakah kamu akan bergabung ruang redaksi sebagai jurnalis pemula, atau bahkan tingkat lanjut? Semuanya tergantung dari pengetahuan dan pengalamanmu. 

Kamu dapat mempelajari lebih dalam mengenai jurnalisme dan lanskap digital melalui 7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Jurnalisme. Buku-buku ini sendiri direkomendasikan oleh profesor hingga jurnalis berpengalaman.

 

 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Sastra Inggris

 

 

1. The Journalist and the Murderer Oleh Janet Malcolm

1. The Journalist And The Murderer Oleh Janet Malcolm - Education Republic

Buku ini akan mengajakmu menyelami ke dalam psikopatologi antara seorang jurnalis dan subjeknya. David Graham, seorang pengajar di Duke University yang saat ini mengajar jurnalisme majalah, mengatakan bahwa ia menggunakan buku ini di setiap kelas.

 

2. The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect Oleh Bill Kovach & Tom Rosenstiel

2. The Elements Of Journalism What Newspeople Should Know And The Public Should Expect Oleh Bill Kovach Tom Rosenstiel - Education Republic

Menurut Marina Hendricks, asisten profesor di South Dakota State University, “The Elements of Journalism” adalah sumber referensi bagi jurnalis. Buku ini mencakup sembilan elemen penting yang membentuk inti dari reporter yang berkualitas.

 

3. Inside Reporting Oleh Tim Harrower

3. Inside Reporting Oleh Tim Harrower - Education Republic

Buku ini menyoroti dasar-dasar reporter yang mengajarkan cara mengemas laporan dengan visual yang interaktif. Ellen Meacham, dosen multimedia di University of Mississippi mengatakan bahwa buku ini begitu unik karena menyoroti dasar-dasar menulis dan melaporkan yang solid.

 

4. Writing to Deadline: The Journalist at Work Oleh Donald Murray

4. Writing To Deadline The Journalist At Work Oleh Donald Murray - Education Republic

Writing to Deadline akan membantu pembaca untuk menguraikan draf, memfokuskan cerita dan menyempurnakan tulisan. Pembaca juga akan belajar dari studi kasus jurnalis nyata di lapangan.

Den Kennedy, seorang profesor jurnalisme di Northeastern University, mengatakan bahwa buku ini memberikan saran-saran luar biasa untuk jurnalis muda.

 

5. The View From Somewhere: Undoing the Myth of Journalistic Objectivity Oleh Lewis Raven Wallace

5. The View From Somewhere Undoing The Myth Of Journalistic Objectivity Oleh Lewis Raven Wallace - Education Republic

The View From Somewhere memberikan penjelasan mendetail tentang objektivitas yang sering dialami penulis. Buku ini menceritakan tentang bagaimana beberapa jurnalis terbaik membongkar kebenaran dan transparansi, namun justru dihukum karena dituduh tidak adil.

Steven William Thrasher, asisten profesor jurnalisme di Northwestern University yang berfokus pada teori sosial, mengatakan bahwa dia sangat merekomendasikan buku ini.

 

6. The Best American Magazine Writing Oleh Sid Holt

6. The Best American Magazine Writing Oleh Sid Holt - Education Republic

Jika kamu tertarik dengan industri editorial secara umum, The Best American Magazine memberikan gambaran tentang cara kerja jurnalisme. Buku ini banyak memberikan kutipan dari publikasi seperti Washington Post, New York Magazine, New Yorker, dan lain-lain.

 

7. Investigative Reporting: Proven Strategies for Reporting the Story Oleh William C. Gaines

7 Rekomendasi Buku Untuk Mahasiswa Jurnalisme 1 - Education Republic

Buku ini berfungsi sebagai sumber daya primer yang dapat mengajarkan pembaca untuk mengakses dokumen, sumber wawancara dan membuat laporan komprehensif. Selain itu, buku ini juga akan membawa pembaca masuk ke dalam pikiran seorang reporter lapangan yang membentuk cerita investigasi, sehingga kamu dapat memahami prosesnya dari awal hingga akhir.

Emilie Lounsberry, mantan profesor di College of New Jersey, merekomendasikan buku ini untuk mempelajari cara memunculkan ide cerita dan mengeksekusinya untuk diterbitkan.

 

 

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Jurnalistik

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah jurnalistik dan bekerja di luar negeri? Butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: