BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

5 Langkah Menulis Esai Masuk Kuliah

Posted on 10 Agustus 2023

5 Langkah Menulis Esai Masuk Kuliah - Education Republic

5 Langkah Menulis Esai Masuk Kuliah

Selamat ya, proses aplikasimu udah kelar, tes tertulis udah lulus, dan sekarang waktunya membuat kampus tertarik dengan tulisan esaimu!

Biasanya esai untuk aplikasi kuliah membutuhkan sekitar 500 kata, dan 500 kata itulah yang akan menentukan apakah kamu akan diterima atau ditolak. Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan merancang esai, namun bagian pendaftaran hanya membutuhkan beberapa menit untuk membaca esaimu. Jadi, pastikan kamu berhasil menarik perhatian mereka dalam beberapa menit pertama!

Untuk membantu kamu, minER udah menyiapkan  Langkah Menulis Esai untuk Masuk Kuliah! Check this out~

 

 

BACA JUGA: Do’s and Don’ts Saat Kelas 12 SMA

 

 

Baca Instruksi dengan Hati-Hati

Baca Instruksi Dengan Hati Hati - Education Republic

Banyak orang bilang, bagian tersulit dari menulis esai adalah memulainya. Kamu harus benar-benar membaca instruksi dengan hati-hati.

Contoh instruksi yang diberikan adalah jumlah kata/halaman, dan daftar pertanyaan esai yang harus kamu jawab.

Kalau kamu nggak mengikuti instruksi, petugas Admission akan berasumsi bahwa kamu nggak bisa mengikuti arahan kampus yang simpel, apalagi terms & condition sebagai student di kampus tersebut kedepannya.

Setelah membaca instruksi dan mengumpulkan catatan, kamu dapat membuat garis besar kerangka esai.

 

Mulailah dengan Perkenalan yang Menarik

Mulailah Dengan Perkenalan Yang Menarik - Education Republic

Tulisan yang bagus, tentunya nggak mudah. Orang-orang yang bekerja di bidang jurnalisme akan memberikan tips bahwa kamu dapat menarik perhatian pembaca manapun, selama kamu menulis perkenalan yang menarik.

Petugas Admission hanya akan menghabiskan sedikit waktu untuk meninjau esaimu, jadi kamu harus memulai dengan paragraf yang singkat, padat, jelas, dan menarik.

Kamu dapat memulai dengan perkenalan singkat diri, tapi jangan lupa untuk menambahkan sisi menarik, menonjolkan kepribadian dan karakter yang sekiranya perlu diketahui oleh petugas Admission.

 

Gunakan Inner Voice

Gunakan Inner Voice - Education Republic

Universitas mencari student yang memiliki pemikiran asli dan berkualitas, jadi jangan coba-coba untuk menulis esai berdasarkan frasa atau ide yang sudah digunakan sebelumnya. Esai adalah kesempatanmu untuk mengesankan petugas dengan pengetahuan tentang subjek pilihanmu. Pastikan esai itu mencerminkan keterampilan, ambisi, dan rencana masa depanmu.

 

Hindari Klise

Hindari Klise - Education Republic

Saat melakukan penelitian untuk esai, kamu dapat mencari beberapa contoh esai sebagai inspirasi. Ingat ya, sebagai inspirasi. Masalahnya, banyak student justru terlalu terpengaruh oleh contoh esai, sehingga esainya tidak memiliki gaya sendiri.

Pahamilah bahwa ada ribuan student lain yang ingin mendaftar kampus, sehingga kamu perlu menonjolkan diri. Hapus kalimat klise, dan coba temukan sudut pandang yang lebih original.

 

Berikan Contoh yang Bagus Untuk Mendukung Gagasanmu

Berikan Contoh Yang Bagus Untuk Mendukung Gagasanmu - Education Republic

Esai perguruan tinggi pada dasarnya adalah kilasan tentang cara pikir dan cara pandangmu terhadap dunia. Jika kamu ingin esaimu kredibel, kamu perlu memberikan contoh yang sesuai untuk mendukung pandangan tersebut. Luangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana pertanyaan esai berhubungan dengan kualitas pribadimu, kemudian menulis dari sudut tersebut.

 

Penutup

Setelah esaimu selesai, you should get someone to proofread your essay sebelum dikumpulkan ke universitas. Konselor di Education Republic sangat profesional dan berpengalaman untuk membantumu menulis esai dan mempersiapkanmu masuk ke kampus impianmu. 

Now start writing and craft an extraordinary essay!

 

 

BACA JUGA: Langkah-langkah Revisi College Essay

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: