BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Student Tips, Pilih S2 Atau Kerja?

Posted on 15 September 2022

Student Tips, Pilih S2 Atau Kerja?

Ketika kuliah Bachelor hampir selesai, maka seperti peristiwa penting lainnya, kamu akan berhadapan dengan pilihan masa depan.

“S2 atau nikah?”

Eh salah. Maksudnya, S2 atau bekerja?

Keputusan karir dan masa depan bukanlah sesuatu yang mudah terjawab. Haruskah kamu melanjutkan gelar Master? Dan jika iya, haruskah kamu langsung memulai atau bekerja dulu selama beberapa tahun?

Jawaban atas dilema yang tengah kamu alami, adalah dengan melakukan evaluasi secara hati-hati pada kedua jalan berbeda ini (it rhymes!). Untuk membantu kamu memutuskannya, minER sudah menyiapkan informasi mengenai Student Tips, Pilih S2 Atau Kerja.

Simak baik-baik ya!

 

 

BACA JUGA: Gaji Kecil Perusahaan Besar vs Gaji Besar di Perusahaan Kecil, Pilih Mana?

 

 

1. Apa Kamu Berencana Mendapatkan Gelar PhD?

S2: Untuk mendapatkan gelar PhD kamu harus mendapatkan gelar Master terlebih dulu.

Kerja: Jika kamu tidak berencana mengejar karir di bidang penelitian, maka kamu tidak perlu memiliki gelar Master.

 

2. Apakah Prospek Kerja dari Jurusanmu Membutuhkan Gelar Master? Cari Tau Apa yang Mereka Butuhkan

S2: Untuk beberapa area dan posisi pekerjaan, rekruter mungkin mencari kandidat dengan gelar Master. Banyak perusahaan dalam bidang keahlian tertentu yang membutuhkan gelar Master.

Kerja: Area pekerjaan dan posisi pekerjaan mungkin menuntut pendekatan yang lebih praktis dan memiliki pengalaman kerja dapat menjadi keunggulan kompetitif pada kasus ini.

Sekali lagi, cari tau apa yang mereka butuhkan!

 

3. How Passionate Are You About the Subject?

S2: Postgraduate bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengetahuan baru dan lanjutan agar keahlianmu pada suatu bidang dapat meningkat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa program Master juga cukup sulit. Dengan kata lain, kamu harus benar-benar menyukai subjek agar program Mastermu selesai.

 

Kerja: Ingatlah bahwa beberapa skills tidak berasal dari kelas, melainkan dari pengalaman.

 

4. Apa Kamu Memiliki Dana yang Cukup?

S2: Tanpa beasiswa, program Master cukup mahal. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit bekerja sambil kuliah. Jadi kamu harus benar-benar mempertimbangkan faktor finansial, sebelum mengambil langkah ini.

 

Kerja: Terkadang sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang bergaji bagus saat kamu baru saja lulus. Namun kamu dapat mencoba magang berbayar dan pekerjaan entry level. Meskipun gajinya tidak setinggi yang kamu impikan, setidaknya masih cukup untuk menghidupi diri sendiri sambil mendapatkan pengalaman kerja yang kamu butuhkan.

 

5. Jelaskan Alasanmu

S2: Siapkan alasanmu memilih S2 dengan matang. Terdapat segelintir student yang memilih program Master karena mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan atau ingin memiliki posisi dengan gaji yang lebih baik. Percayalah, ini bukan jawaban yang bijaksana. Recruiter tentunya ingin mengetahui ilmu apa saja yang telah kamu peroleh selama program Master, dan apakah ilmu tersebut membawa keunggulan serta mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

Kerja: Kenapa memilih kerja ketimbang kuliah S2? Hanya karena memilih bekerja bukan berarti kemampuanmu tidak bertambah. Dalam beberapa kasus, pengalaman bekerja dapat meningkatkan dan membentuk kemampuan baru. Bahkan, kamu bisa mendapatkan sertifikat untuk setiap keahlian yang telah kamu kembangkan.

 

 

BACA JUGA: 5 Cara Education Republic Membantu Mahasiswa Kuliah ke Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: