BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Student Tips, Kuliah Sesuai Passion atau Peluang Karir?

Posted on 14 September 2022

Passion Vs Peluang Karir - Education Republic

Student Tips, Kuliah Sesuai Passion atau Peluang Karir?

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan terbesar yang akan kamu buat sebagai seorang student.

Jadi, bagaimana cara untuk mengambil keputusan yang tepat? Haruskah kamu mengikuti kata hati dan masuk jurusan yang benar-benar kamu sukai terlepas dari arah karir yang belum jelas? Atau sebaliknya, haruskah kamu memilih jurusan dengan rute karir yang lebih aman?

Kedua jalur sama-sama menggiurkan dan membutuhkan komitmen juga dedikasi yang luar biasa. Dan jika kamu terjebak pada persimpangan itu, maka pertanyaanya adalah jalur mana yang akan kamu tempuh?

Pada artikel kali ini, minER akan memberikan Student Tips untuk membantu kamu memilih antara Kuliah Sesuai Passion atau Kuliah Berdasarkan Peluang Karir?

 

 

BACA JUGA: 5 Organisasi Kampus yang Akan Meningkatkan Resume

 

 

Memilih Jurusan Sesuai Passion

Jurusan Sesuai Passion - Education Republic

Uang adalah instrumen yang sangat kuat untuk kehidupan yang sejahtera. Namun terkadang, sebagai bayarannya kamu harus merelakan sesuatu yang kamu sukai.

“Choose a job you love, and you’ll never work a day in your life.”

Terdengar omong kosong, namun nyatanya hal tersebut benar adanya.Selain itu, memilih jurusan sesuai passion tidak akan membuatmu terpaksa dalam menjalani keseharian, bahkan memiliki peran yang sangat signifikan dalam perkembangan karirmu. 

Ketika kamu memiliki passion pada jurusan atau bidang tertentu, kamu akan menjadi lebih produktif dan termotivasi oleh diri sendiri alih-alih materi. 

Namun seperti koin yang mempunyai dua sisi, jurusan sesuai passion tidak selalu indah, terutama apabila jurusan yang kamu sukai tidak selaras dengan pasar saat ini. Jadi, kemungkinan kamu tidak bisa mencari uang sebanyak yang kamu mau. 

Passion juga bisa mengalami perubahan. Artinya sesuatu yang kamu sukai dapat berubah sesuai dengan pengaruh lingkungan, pertemanan bahkan situasi. Maka pada satu titik, passionmu tidak lagi kamu sukai dan jurusan yang kamu pilih justru terasa membosankan dan tidak lagi semenarik dulu.

 

Memilih Jurusan Sesuai Peluang Karir

Jurusan Sesuai Peluang Karir - Education Republic

Memilih jurusan yang sejalan dengan pertumbuhan industri, cenderung memberikan peluang karir yang lebih besar di masa depan. Hal ini tentunya mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan saat lulus dan membantumu mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Money can’t buy happiness? Well, you might want to think again. Cause money indeed can buy lots of happiness.

Lebih nyaman menangis di mobil daripada di sepeda, iya kan? Memang ada banyak hal yang tidak dapat kamu beli dengan uang, tapi… sejatinya ada banyak masalah hidup yang dapat kamu hilangkan jika memiliki uang.

Tentu saja memilih jurusan kuliah berdasarkan peluang karir juga memiliki sisi negatif. Kamu bisa berakhir dengan gelar yang tidak membuatmu tertarik, terinspirasi dan bergairah. Rasanya sungguh mencekik membayangkan kamu harus bekerja pada bidang yang tidak kamu sukai.

 

Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

Jadi Apa Yang Harus Kamu Lakukan - Education Republic

Salah satu cara untuk mengatasi kerumitan ini adalah memilih jurusan yang akan memberikanmu peluang bekerja pada berbagai industri berbeda. Sehingga kamu memiliki practical skills untuk bekerja sesuai demand industri, namun juga fleksibel dan sejalan dengan passionmu.

Jika kamu masih kebingungan untuk menentukan, kamu dapat melakukan Tes Psikometrik dan berkonsultasi langsung dengan konselor pendidikan di Education Republic.

Menggabungkan passion dan peluang karir adalah pilihan terbaik. Namun pada akhirnya, keputusan terbaik adalah apa yang kamu pilih, percaya, yakini, dan jalani.

 

 

BACA JUGA: Student Tips, How to Improve Creative Thinking

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk menjalani Tes Psikometri atau mendaftar kuliah di luar negeri? Serahkan saja semua ke Education Republic, kami akan memberikan panduan dan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office            :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office            :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office      :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: