BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

3 Konsep Budget yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Posted on 24 Oktober 2022

3 Konsep Budget yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Menyeimbangkan budget keuangan adalah sesuatu yang harus kamu ketahui saat kuliah di luar negeri. Apakah budgetmu terasa tidak ada habisnya atau justru selalu habis sebelum waktunya?

Artikel ini akan membantumu mengatur keuangan untuk melanjutkan hidup. Ini dia 3 Konsep Budget yang Wajib Diketahui Mahasiswa.

 

Lakukan Pembelian yang Bijaksana

Kita semua pernah mengalami ini. Sedetik kita membeli secara impulsif, sedetik kemudian kita menyesali perbuatan itu. Bisa jadi hal ini adalah baju di dalam lemari, kopi mahal saat nongkrong atau pembelian impulsif saat sedang membayar di kasir seperti permen atau majalah. 

Hal-hal kecil yang kamu beli itu akan menumpuk dengan cepat namun tidak memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Karena itu, ada baiknya kamu mempertimbangkan banyak hal sebelum masuk ke toko (berlaku juga untuk belanja online).

Tip: Lakukan pembelian yang bijaksana dan berhati-hati dengan apa yang ingin kamu beli. Kamu tidak harus berhenti 100%, karena bagaimanapun kamu berhak mendapatkan sedikit hadiah untuk diri sendiri setelah bekerja keras. Hanya saja yang harus kamu lakukan adalah mempertimbangkannya sedikit lagi. 

Coba tunggu satu atau dua hari sebelum membeli barang tersebut. Jika kamu masih menginginkannya, kamu bisa membelinya. Tapi jika kamu bisa melupakannya dengan mudah, berarti kamu tidak benar membutuhkannya.

 

 

BACA JUGA: Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lokal Saat Kuliah di Luar Negeri

 

 

Pelajari Local Sales Taxes

Jika kamu tinggal dan belajar di luar negeri untuk pertama kalinya, kamu mungkin memperhatikan bahwa total harga yang kamu bayarkan lebih tinggi daripada harga yang tertera. Ini disebut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan.

Tip: Pastikan kamu sangat memahami Pajak Penjualan Lokal dan penerapannya. Mengetahui detail kecil ini akan membantumu mengenali total biaya yang akan kamu bayar.

 

Waspada dengan Strategi Penetapan Harga

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa kamu sering kali mengeluarkan lebih banyak budget daripada yang kamu rencanakan saat sedang berbelanja? Penjual besar ini sering menetapkan harga Ganjil-Genap, teknik psikologis yang meyakinkan pembeli untuk membeli lebih banyak.

Kamu mungkin pernah melihat akhiran 0,88 atau 0,44 pada label harga. Akhiran ini terlihat lebih murah dari 0,95 atau 0,99 karena konsumen tidak terbiasa melihat harga 10,88 daripada 10,99. Strategi ini terbukti efektif karena konsumen cenderung lebih memilih membeli barang tersebut.

Tip: Penetapan harga Ganjil-Genap ini akan membantu untuk membulatkan total. Jadi jika kamu melihat label harga 10,70 maka bulatkan saja menjadi 11 agar kamu tidak tergoda untuk membeli lebih banyak. 

 

 

BACA JUGA: Kenapa Kamu Harus Bekerja di Bidang Kreatif?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: