BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

TIPS UNTUK ORANG TUA MAHASISWA INTERNASIONAL

Posted on 19 Januari 2022

 

TIPS UNTUK ORANG TUA MAHASISWA INTERNASIONAL

Rasanya sepertinya baru kemarin mereka masih anak-anak, dan tak terasa kini mereka sudah memasuki usia kuliah! Tentu saja Anda akan merindukan anak Anda saat mereka kuliah di negara orang. Tetapi menyaksikan mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar di luar negeri, membuat semuanya menjadi sebuah pengalaman yang berharga.

Jika Anda adalah orang tua dari mahasiswa yang akan kuliah di luar negeri, tak perlu khawatir, karena Education Republic akan memberikan tips mempersiapkan diri untuk sekolah ke luar negeri. Sebagai orang tua, ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat anak Anda kuliah di luar negeri. Berikut beberapa tips untuk orang tua:

 

BACA JUGA: TIPS AGAR ANAK BISA KULIAH DI LUAR NEGERI

 

  • SIAPKAN DOKUMEN PENTING

Saat mempersiapkan anak Anda untuk kuliah ke luar negeri, ada tiga dokumen yang mereka perlukan yaitu:

  • Paspor
  • Visa pelajar F-1
  • Formulir I-20

Meskipun Anda tidak akan bepergian dengan anak Anda ke universitas mereka, pastikan paspor Anda sendiri masih berlaku jika terjadi keadaan darurat. Orang tua mahasiswa internasional dapat melakukan perjalanan dengan visa pengunjung standar B-2.

 

  • TENANGKAN PIKIRAN ANDA

Banyak orang tua mengkhawatirkan keselamatan anak mereka begitu mereka tiba di luar negeri. Salah satu cara untuk merasa nyaman dengan rumah baru anak Anda adalah dengan langsung mengunjungi kampus. Tetapi hal ini tidak selalu memungkinkan bagi orang tua mahasiswa internasional. Jadi, mencari informasi mengenai kampus yang dituju bisa membantu menenangkan pikiran.

 

  • PERCAYA BAHWA ANAK ANDA BERADA DI TANGAN YANG BAIK

Yakinlah, meskipun mereka jauh dari rumah, tetapi mereka tidak akan sendirian. Mereka akan menjadi bagian dari komunitas mahasiswa baru yang dinamis dan beragam, yang semuanya mengalami transisi serupa. Setiap universitas memiliki program yang dirancang untuk mendukung kebutuhan mahasiswa internasional selama tahun pertama kuliah dan seterusnya.

 

  • BANTU MEREKA MENYIAPKAN HIDUP DI LUAR NEGERI

Karena mahasiswa internasional akan berangkat ke universitas di luar negeri, orang tua dapat membantu menyiapkan daftar hal apa saja yang harus dilakukan begitu tiba di negara tujuan. Beberapa orang tua memiliki kesempatan untuk terbang bersama anak mereka untuk membantu transisi mereka ke perguruan tinggi. Tetapi jika ini tidak memungkinkan, counsellor akan siap membantu mereka menyesuaikan diri dengan kehidupan di kampus.

 

  • SIAPKAN MENTAL ANAK ANDA UNTUK TINGGAL JAUH DARI ORANG TUA

Dalam hubungan orangtua-anak, adalah hal yang normal untuk mengkhawatirkan keselamatan dan kesejahteraan anak Anda di negara orang. Sebagai orang tua pasti sering memikirkannya, tetapi juga penting untuk memberi mereka ruang. Hal tersebut membantu mereka beradaptasi untuk hidup mandiri.

Salah satu cara orang tua dapat tetap terlibat adalah dengan menelepon secara teratur. Rencanakan jadwal telepon mingguan atau Zoom yang sesuai dengan perbedaan waktu. Karena anak Anda akan sibuk dengan kehidupan barunya sebagai mahasiswa internasional. Seperti mencari teman baru, fokus pada tugas kuliah, dan terlibat dengan berbagai kegiatan di kampus. Pastikan mereka memiliki paket telepon seluler internasional.

 

BACA JUGA: TIPS FINANSIAL UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

 

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: