BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Coffee Talk – Taylor’s University

Taylor's University is coming to Denpasar! Bekerja sama bersama Education Republic, Taylor's University Malaysia mengundang mahasiswa Denpasar untuk hadir di acara Coffee Talk untuk mendapatkan informasi lengkap studi di Malaysia. […]

Find out more »

ASIA APPLICATION WEEK!

Tertarik untuk mendaftar ke salah satu Universitas luar negeri di Asia?  Education Republic menghadiri puluhan universitas Asia setiap minggu, live di Zoom! kesempatan buat kamu untuk 1-1 consultation bersama representatives […]

Find out more »

Career in Digital Marketing!

    Career as A Digital Marketer Skills Digital Marketing kini sudah terbukti menjadi skill yang sangat dibutuhkan oleh setiap Perusahaan seiiring dengan perkembangan teknologi dunia. Masyarakat kini juga mencari […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

TIPS AGAR ANAK BISA KULIAH DI LUAR NEGERI

Posted on 18 November 2021

 

 

Pendidikan adalah bekal terbaik yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya, itu mengapa banyak orang tua yang ingin anaknya melanjutkan kuliah ke luar negeri. Namun, seperti yang kita tahu, kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, penting bagi setiap orang tua untuk merencanakan dana pendidikan anak dari jauh hari. Apa saja yang harus orang tua persiapkan agar anaknya bisa kuliah di luar negeri? Berikut, Education Republic memberikan beberapa tips agar anak bisa kuliah ke luar negeri:

 

Tentukan Jurusan Kuliah

Langkah pertama adalah menentukan mau kuliah di bidang apa. Apakah anak sudah tahu mau kuliah jurusan apa? Atau masih belum ada gambaran? Di Education Republic, kami memiliki Psychometric Test yang membantu anak untuk mengetahui potensi-potensi terbaik dalam dirinya. Hal tersebut dapat dijadikan acuan untuk memilih program studi yang paling tepat.

 

Tentukan Universitas dan Negara Tujuan

Jika sudah menentukan, selanjutnya adalah mengumpulkan informasi mengenai universitas mana yang memiliki jurusan tersebut dan seberapa bagus kualitasnya. Orang tua bisa mencari informasi tersebut dari website kampus atau dari orang-orang yang pernah kuliah di jurusan dan universitas tersebut. Setelah itu, kita menentukan mau kuliah ke negara apa. Apakah memilih yang dekat dengan Indonesia, seperti Singapura atau Australia. Atau memilih negara di benua Eropa atau Amerika?

 

Menghitung Biaya

Setelah menentukan akan kuliah di jurusan apa, universitas mana dan negaranya, kini orang tua perlu mencari tahu informasi tentang biaya-biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya pendidikan per semester hingga akomodasi sehari-hari di negara tujuan. Dari hitung-hitungan itu, orang tua akan bisa memperkirakan jumlah biaya yang perlu dipersiapkan. Beberapa biaya yang harus dipersiapkan adalah:

  • Biaya Tes Bahasa seperti TOEFL/IELTS
  • Biaya Pendaftaran Kuliah
  • Biaya Visa
  • Biaya Akomodasi
  • Biaya Hidup
  • Biaya Akademis

 

Biaya kuliah di tiap negara bervariasi, tergantung pada jurusan yang diambil. Orang tua perlu memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya semester, tugas kuliah, biaya penelitian, dll. Besarnya biaya ini juga tergantung pada jurusan, universitas, juga jenis penelitian yang akan diambil.

Misalnya, untuk kuliah di Inggris, orang tua perlu menyiapkan biaya yang cukup mahal. Umumnya kuliah S1 di Inggris sekitar 300 juta per tahun. Meskipun biaya akademis mahal, namun universitas selalu punya program beasiswa setiap tahunnya. Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan persiapan yang matang. Jika memang ada rencana untuk kuliah di luar negeri, sebaiknya sejak anak di kelas 11 sudah mempersiapkan dana dan keperluan lainnya.

 

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Atau ingin mencari info mengenai beasiswa? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu. Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: