BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Virtual Application Day: Monash University Malaysia

Monash University, kampus internasional Australia yang juga ada di Malaysia. Kampus ini berhasil menduduki peringkat 57 di QS World University Rankings 2023 sebagai kampus terbaik di dunia. Selain itu, Monash […]

Find out more »

STUDY IN A WORLD TOP 100 UNIVERSITY IN AUSTRALIA

University of Western Australia (UWA) termasuk ke dalam Group of 8 yang merupakan daftar universitas bergengsi terbaik di Australia. UWA juga merupakan kampus tertua ke-6 yang berhasil menempati peringkat 90 […]

Find out more »

Study Culinary in New Zealand

The Culinary Collective, School of Cooking & Hospitality merupakan kampus berbasis kuliner dan bisnis pelayanan terbaik di Selandia Baru. Reputasi The Culinary Collective sebagai akademi Seni Kuliner dan Perhotelan swasta […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

TIPS FINANSIAL UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

Posted on 6 Desember 2021

 

TIPS FINANSIAL UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

Melanjutkan pendidikan ke universitas di luar negeri adalah impian banyak orang. Namun, jika tidak direncanakan dengan baik dapat beresiko membebani kondisi keuangan kita. Terutama bagi mahasiswa dengan anggaran yang terbatas. Situasi keuangan terkadang dapat menentukan gaya hidup kita saat berada di luar negeri. Tetapi jangan khawatir, karena Western Sydney University memiliki berbagai macam layanan dan peluang bagi mahasiswa untuk mengelola kondisi finansial mereka.

Banyak mahasiswa Western Sydney University telah menemukan cara cerdas untuk menangani kondisi keuangan mereka dan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam artikel ini juga membahas mengenai bagaimana mereka dapat menghemat uang dan bagaimana memiliki kehidupan yang nyaman di luar negeri dengan anggaran yang terbatas. Berikut beberapa tips yang dapat mahasiswa terapkan untuk membantu menjadikan masa kuliah dengan anggaran terbatas semudah dan semenyenangkan mungkin:

 

BACA JUGA: Daftar Kuliah di WESTERN SYDNEY UNIVERSITY

 

TIPS FINANCES AND BUDGETING
  • Penting bagi mahasiswa untuk dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ketika mahasiswa merasa tergoda untuk memiliki sesuatu, jangan langsung mengambil keputusan hari itu. Cobalah beri jarak beberapa hari dan lihat apakah mahasiswa merasa masih membutuhkan atau menginginkan hal tersebut.
  • Hindari menggunakan kartu kredit jika tidak benar-benar perlu. Karena kemudahan menggesek kartu kredit cenderung berakibat ke pengeluaran yang berlebihan dan bisa membuat sulit untuk mengendalikan keuangan kita. Kartu debit dapat digunakan tanpa suku bunga yang tinggi.
  • Buat anggaran dan ikuti dengan disiplin. Berlatihlah untuk disiplin dalam hal keuangan. Ada banyak cara gratis yang dapat digunakan, seperti budgeting apps atau online budget planning tools.
  • Diskusikan keuangan kita dengan orang tua, pasangan, atau teman dekat secara terbuka sehingga mereka memahami situasi yang sedang kita hadapi. Ini dapat menghindari masalah karena mereka sendiri mungkin pernah mengalami hal yang sama.
  • Atur keuangan sebelum memulai kuliah. Rencanakan jauh-jauh hari kondisi keuangan kita. Tidak memiliki uang dan hutang kartu kredit yang menumpuk dapat menyebabkan banyak masalah.
  • Bayar semua kewajiban seperti tuition fee dan sewa apartemen sebelum self-reward. Pengeluaran terbesar saat kuliah itu bukan tuition fee, melainkan biaya untuk mengerjakan tugas. Maka, penting bagi mahasiswa untuk menyiapkan budget untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

 

EMERGENCY FINANCE AND ASSISTANCE
  • Bicaralah dengan Student Welfare Officer jika sedang berada dalam keadaan darurat keuangan. Mereka sangat membantu dan dapat menawarkan solusi jangka pendek dan membantu mengendalikan keuangan mahasiswa.
  • Organisasi masyarakat dapat membantu mahasiswa yang kesulitan membayar tagihan karena berbagai kesulitan keuangan. Mereka dapat membantu dengan voucher makanan, paket makanan, pakaian murah, dan voucher untuk tagihan telepon, listrik dan air jika benar-benar dalam kesulitan. Organisasi-organisasi ini termasuk St. Vincent de Paul, Salvation Army, Lifeline dan Anglicare.
  • Bicaralah dengan Counsellors. Mereka siap untuk mendengarkan dan membantu, tidak peduli seberapa sulit masalah yang sedang dihadapi.
  • Dapatkan bantuan sebelum masalah menjadi terlalu besar. Beri tahu orang lain jika sedang mengalami masalah dalam melakukan pembayaran dan minta bantuan untuk menyelesaikannya.

 

SEKILAS TENTANG WESTERN SYDNEY UNIVERSITY (WSU)

Memilki reputasi yang fokus pada penelitian dan pengajaran, WSU telah masuk ke liga universitas ranking dunia di Top 2%. Komunitas universitas yang beraneka ragam budaya juga membawa WSU menjadi salah satu universitas yang masuk dalam Top 100 Universitas muda terbaik di dunia.

 

BACA JUGA: Syarat Kuliah di Deakin University Australia

 

KONSULTASI GRATIS KULIAH DI AUSTRALIA

Education Republic merupakan perwakilan resmi dari Western Sydney University (SIBT) oleh karena itu kamu bisa konsultasi gratis cara daftar dan persiapan untuk kuliah di Australia. Bagi kamu yang berminat, silahkan hubungin hotline kami di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: