BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

USA Application Day

USA Application Day   You're thinking about studying in the US? A US degree is recognized worldwide, such a power move for your resume! US universities are all about projects, […]

Find out more

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee   Ngobrol seru seputar kuliah & dapetin Beasiswa ke Kaplan Singapore bareng expert speakers from Kaplan yuk! Kamu bisa kepoin kampus? Ada […]

Find out more

STUDY ABROAD EXPO 2024

STUDY ABROAD EXPO 2024!!!   Hadir Kembali di 4 Kota (BALI-BATAM-MEDAN-PEKANBARU)   Siapkan rencana studimu & konsultasi On-Spot bareng Universitas TOP DUNIA Pilihan hingga 15 NEGARA, PULUHAN KAMPUS terbaik, RIBUAN […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Lintas Jurusan

Posted on 15 Agustus 2023

Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Lintas Jurusan

“Sekolahnya jurusan IPA, kok kuliahnya di jurusan IPS?”

“Wah menuh-menuhin kuota jurusan IPS aja! Kan kamu jurusan IPA.”

Ribut dah tuh berdua.

Nggak sedikit student yang ingin lintas jurusan dari IPA ke IPS. Nggak mengherankan kalau jumlah pendaftar di jurusan soshum itu lebih tinggi. Situasi ini biasa disebut sebagai lintas jurusan (linjur) atau cross majors.

Lintas jurusan adalah ketika student SMA memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan atau peminatan yang dipilih saat SMA. Biasanya alasan yang mendasari keinginan linjur adalah karena peminatan saat SMA nggak sesuai dengan minatnya, mereka ingin merencanakan karir masa depan sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Pertanyaannya, gimana sih cara belajar jika kamu memutuskan untuk memilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan saat SMA?

Di artikel ini minER akan memberikan informasi, tips, dan apa saja yang perlu kamu siapkan untuk lintas jurusan. Check this out~

 

 

BACA JUGA: Australia Scholarship for 2024 Academic Year

 

 

Melakukan Penelitian

Betul, penelitian. Nggak semua kampus mengizinkan pendaftar lintas jurusan lho. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi apakah kampus incaranmu bisa menerima student lintas jurusan, dan apakah jurusan yang kamu minati menerima sistem lintas jurusan. Selain itu hal yang perlu kamu cari tau adalah berapa nilai yang diperlukan untuk masuk, dan berapa kuota murid yang akan diterima. Hal ini tentunya akan sangat membantu menilai seberapa besar peluangmu masuk ke jurusan tersebut.

 

Membuat Rencana Studi

Membuat rencana studi adalah langkah yang sangat penting! Sebagai student kelas 12, kamu pasti akan sibuk dengan aktivitas sekolah dan berbagai tugas. Dengan membuat rencana studi, seenggaknya persiapan ujianmu akan lebih intensif dan terorganisir.

Untuk anak lintas jurusan, percayalah bahwa persainganmu jauh lebih ketat. Selain menghadapi student lain yang lintas jurusan, kamu juga akan berhadapan dengan student yang memang memilih jurusan itu dari awal.

 

Latihan Tes

Jurusan yang kamu incar pasti memiliki banyak materi. Biasanya materi yang diujikan juga beragam, mulai dari penalaran umum hingga pengetahuan khusus. Biar kamu nggak kalah saing, sering-sering berlatih tes dan ujian agar kamu nggak kaget dan terbiasa menghadapi ujian sesungguhnya.

 

Jauh-Jauh dari Lingkungan Toxic & Tetap Semangat

Kamu harus belajar dengan tenang dan telaten. Carilah teman-teman yang suportif dan saling mendukung. Kalau nemu temen yang toxic dan nggak suportif, mending jauhin deh. Karena berada di lingkungan toxic, bisa membuat mentalmu jatuh dan takut sebelum berperang.

Ingat, kamu harus tetap semangat dan jangan menyerah. Jurusan impianmu harus kamu perjuangkan sebaik-baiknya.

 

Konsultasi dengan Konselor ER

Lintas jurusan adalah keputusan yang sulit. Bagaimana pun pilihanmu akan berdampak pada masa depanmu. Karena itu, sebisa mungkin berkonsultasi dan berdiskusilah dengan konselor akademik di Education Republic. Sampaikan mimpi, harapan, minat, dan mintalah saran juga arahan dari mereka.

 

Penutup

Itu dia 5 tips yang perlu kamu siapkan untuk lintas jurusan. Just remember bahwa usaha nggak akan mengkhianati hasil, jadi lakukanlah yang terbaik. Give your best shot and the universe will grant it!

 

 

BACA JUGA: Kenapa Kamu Harus Ikut Ekstrakurikuler di SMA?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: