BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Top 10 Makanan Khas Malaysia Wajib Kamu Coba

Posted on 2 September 2022

Top 10 Makanan Khas Malaysia Wajib Kamu Coba

Kecintaan masyarakat Malaysia terhadap makanan, tentu saja dibarengi dengan kenikmatan sajian-sajian khas menggugah selera. Terletak di pusat Asia Tenggara, Malaysia telah menjadi bagian penting dari perdagangan rempah-rempah maritim. Pedagang dari Cina, India dan Arab pernah menukar barang dagangan mereka dengan komoditas berharga seperti cengkeh, pala, dan lada di pelabuhan Malaka yang terkenal.

Dalam beberapa hal, makanan Malaysia mirip dengan makanan Indonesia (catatan: jangan ada perdebatan asal-usul hidangan maupun darimana asal makanan ini berasal). Bagaimanapun ceritanya, kamu dapat mencicipi makanan ini saat kamu kuliah atau berlibur ke Malaysia.

Tanpa basa-basi, ini dia Top 10 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba.

 

 

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Edukasi di Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

 

 

1. Nasi Lemak

Nasi lemak, makanan Malaysia yang proses masaknya menggunakan santan. Tergantung dimana kamu tinggal di Malaysia, penyajian nasi lemak bersama dengan telur rebus, kacang tanah, sayuran, kari domba/ayam/sapi/seafood dan sambal. 

Biasanya makanan ini dapat kamu santap untuk sarapan.

 

2. Mee Goreng Mamak

Hidangan muslim India di Malaysia ini adalah sajian mie kuning dengan daging sapi atau ayam, udang, kecap, sayuran dan telur dengan sedikit cabai. Terdengar sederhana, namun tidak akan bisa kamu replika karena makanan ini memiliki ciri khasnya tersendiri.

 

3. Curry Mee

Biasanya menggunakan mie kuning/bihun atau mie laksa putih kental yang dapat kamu makan menggunakan kuah kari berbahan dasar santan. Sajiannya dengan telur rebus, tahu goreng, tauge dan sesendok sambal.

 

4. Assam Laksa

Assam Laksa mendapatkan ciri khas keasamannya dari jeruk tamarin. Makanan khas Penang yang pembuatannya menggunakan rebusan tulang makarel dengan bumbu halus dan rempah-rempah, bihun kental, suwiran ikan dan irisan sayur.

 

5. Apam Balik

Cemilan ala pancake dengan telur dadar, apam balik yang memiliki isian gula, kacang tanah dan taburan jagung. Kamu wajib mencicipi cemilan manis dan gurih ini saat di Malaysia.

 

6. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu atau nasi berwarna biru yang pastinya menimbulkan rasa penasaran. Dari Kelantan di semenanjung utara Malaysia, Nasi Kerabu mendapatkan warna menariknya dari bunga telang yang telah menjadi tepung. Sajiannya dengan topping tauge, kelapa goreng, siraman budu pedas, saus ikan fermentasi. 

 

7. Nasi Kandar

Nasi Kandar adalah nasi yang menggunakan topping pilihan seperti kari, ikan, telur dan okra. Semuanya tertata dengan gaya prasmanan. Nasi Kandar sangat populer di Malaysia dan biasanya buka selama 24 jam.

 

8. Lemang

Makan dengan lauk daging atau sayur, lemang adalah beras ketan dengan santan dan masak dalam bambu. Proses pembuatan lemang yang memakan waktu, dimulai dengan melapisi pucuk dengan daun pisang, lalu memasak dengan api secara perlahan. Hasilnya adalah nasi basah yang lengket dan nikmat.

 

9. Char Kuey Teow

Berasal dari imigran asal Cina, Char Kuey Teow menggunakan mie beras pipih yang sajiannya dengan lemak babi, kecap asin, cabai, kerang tanpa kulit, tauge, daun bawang, udang dan telur. Poin penting memasaknya menggunakan “wajan hei” dengan api besar.

 

10. Roti Canai

Sajian populer ini berasal dari India. Menggunakan ghee da tepung, Roti Canai terbaik memiliki tekstur renyah di luar namun lembut bermentega di dalam. Penyajiannya biasa menggunakan dhal atau kari (terkadang gula). Isiannya pun bermacam-macam seperti telur, bawang, jamur, keju dan juga irisan pisang.

 

 

BACA JUGA:  Top 10 Makanan Khas Irlandia yang Wajib Kamu Coba

 

 

Itu dia Top 10 Makanan Khas Malaysia yang dijamin mampu membuatmu lidahmu bergoyang. Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di Malaysia? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            :  t.me/edurepublic

Batam Office            :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office            :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: