BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024   Calling out to students travelling to Ireland this Summer for the 2024/2025 academic year!   Join us for the Education in Ireland […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Top 10 FAQ Tentang Kuliah ke Luar Negeri

Posted on 4 Oktober 2022

Top 10 Faq - Education Republic

Top 10 FAQ Tentang Kuliah ke Luar Negeri

Apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Making this decision is a HUGE step. Dan kuliah ke luar negeri adalah pengalaman paling berharga untuk karir akademis seorang student. Meski begitu, prosesnya bisa jadi sangat membingungkan dan membuat frustasi.

Tapi jangan khawatir dulu!

Kamu sangat beruntung karena ER menyediakan konselor akademik yang akan memandu dan dan membantu proses aplikasi dan menjawab berbagai pertanyaan yang kamu miliki. Dengan persyaratan yang variatif antara satu kampus dengan kampus lainnya, berikut Top 10 FAQ Tentang Kuliah ke Luar Negeri.

 

 

BACA JUGA: Apa Kuliah ke Luar Negeri Butuh Nilai Sempurna?

 

 

1. Apa Saya Eligible?

Eligibilitas tergantung dari universitas dan program. Ada yang mengharuskan student untuk lulus kelas 12, dan ada yang tidak. Ada pula yang mematok minimal GPA dan ada yang membutuhkan portofolio. Kualifikasi lainnya termasuk personal statement atau surat rekomendasi.

Berkonsultasilah dengan konselor ER untuk mengetahui apakah kamu sudah eligible untuk mendaftar.

 

2. Program Apa yang Sesuai?

Terdapat beberapa program pilihan yang tersedia, seperti:

  • Exchange Program
  • Pathway Program
  • Direct Enrollment

 

3. Kapan Harus Memulai?

Semakin cepat, semakin baik. Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan research kampus dan memilih program yang sesuai dengan potensi akademikmu. Kamu juga akan memiliki waktu untuk memilih akomodasi, durasi hingga biaya.

 

4. Saya Tidak Bisa Bahasa Lokal, Apa Akan Jadi Masalah?

Selama kamu bisa berbahasa Inggris, kamu tidak akan mengalami kendala berarti. Namun, kamu juga membutuhkan sedikit banyaknya kemampuan berbahasa lokal dasar untuk berinteraksi dengan penduduk lokal.

 

5. Apakah Biayanya Mahal?

Kuliah di luar negeri bisa menjadi cukup mahal atau malah terjangkau tergantung dari kampus dan negara yang kamu pilih. Keseluruhan biaya mulai dari program studi, akomodasi tempat tinggal, currency exchange rates, biaya pribadi, dan biaya yang ditetapkan oleh program/universitas.

 

6. Apa Beasiswa yang Tersedia?

Biasanya negara menyediakan beasiswa ke luar negeri untuk student domestik. Bahkan, pemerintah luar negeri juga menyediakan beasiswa untuk student internasional termasuk untuk student dari Indonesia. Kamu dapat menanyakan hal ini kepada konselor ER.

 

7. Apakah Dapat Lulus Tepat Waktu?

Tentu saja! Kebanyakan student yang kuliah ke luar negeri akan lulus tepat waktu. Krusial untuk merencanakan jalur studimu secara menyeluruh sebelum berangkat. Kamu juga dapat mengonfirmasi jumlah kredit yang kamu butuhkan agar lulus tepat waktu.

 

8. Berapa Lama Durasi Waktu?

Ada banyak pilihan program yang dapat kamu sesuaikan dengan durasi dan anggaran. Student yang memilih untuk melanjutkan lebih dari satu program di luar negeri akan sering melakukan kombinasi program semester dan musim panas. 

 

9. Akomodasi Apa yang Tersedia?

Opsi yang tersedia biasanya mencakup student apartment, asrama dan homestay dengan keluarga lokal. Setiap pilihan memiliki fasilitas dan benefit yang berbeda-beda. Ingatlah untuk memilih akomodasi yang nyaman, dekat dengan akses transportasi, dan murah.

 

10. Bagaimana Proses Pengurusan Visa?

Proses pengurusan visa akan dibantu langsung oleh konselor ER. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan biaya tiket ke kedutaan besar Jakarta maupun biaya calo.

 

 

BACA JUGA: Benefit Asuransi Kesehatan Saat Kuliah di Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: