BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Menulis Esai Agar Dapat Beasiswa

Posted on 28 November 2022

Tips Menulis Esai Agar Dapat Beasiswa - Education Republic

Tips Menulis Esai Agar Dapat Beasiswa

Melamar beasiswa akan sangat mudah jika bukan karena esai. Esai seringkali memaksa kita untuk merenungkan diri kita sendiri, siapa kita sebagai manusia, dan apa yang telah kita capai sejauh ini dalam hidup. Meskipun ini merupakan bagian tersulit dari mendaftar beasiswa, ini juga merupakan bagian terpenting.

Esai beasiswa adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada panitia mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa. Ini memberikan peluang untuk menunjukkan kepribadian terbaik dan hal paling membanggakan dalam hidup mu. 

Esai beasiswa bukan hanya menginformasikan, namun juga meyakinkan. Panitia beasiswa membacakan ratusan bahkan ribuan esai, jadi menonjolkan esaimu adalah hal yang sangat penting.

Untuk membantu mu, begini Tips Menulis Esai Agar Kamu Dapat Beasiswa.

 

 

BACA JUGA: Tips Lulus Interview Kuliah ke Luar Negeri

 

 

Perencanaan

 

1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Rencanakan Jauh Jauh Hari - Education Republic

Jangan menunda hingga saat-saat terakhir atau kualitas esaimu menjadi taruhan. Untuk memastikan kamu memiliki waktu yang cukup, tandai kalender mu dengan deadline dan hal apa saja yang kamu butuhkan untuk beasiswa yang kamu inginkan.

 

2. Kenali Audiens

Kenali Audiens - Education Republic

Cara terbaik untuk memberikan apa yang panitia inginkan adalah dengan mengetahui apa yang mereka cari. Cari tau siapa kandidat ideal mereka dan bagaimana kamu dapat memenuhi kriteria itu. Tapi ingat, jangan mengorbankan kepribadian dan suaramu, kamu harus tetap memiliki opini sendiri.

 

3. Ikuti Instruksi & Jawab Pertanyaan

Ikuti Instruksi Jawab Pertanyaan - Education Republic

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pelamar adalah tidak mengikuti instruksi. Melebihi atau tidak memenuhi syarat kata, dapat merusak peluangmu mendapatkan beasiswa karena ini menunjukkan bahwa kamu tidak menyiapkan dengan baik.

 

4. Pilih Topik yang Membuatmu Tertarik

Pilih Topik Yang Membuatmu Tertarik - Education Republic

Topik dapat berdampak besar pada seberapa baik hasil esai mu. Jika kamu memilih topik yang membuatmu bosan, kemungkinan besar pembacamu juga akan bosan. Cobalah memilih topik yang kamu sukai atau yang menarik minat.

 

Penulisan

 

5. Pembukaan yang Kuat

Pembukaan Yang Kuat - Education Republic

Pembukaan adalah hal yang menarik pembaca untuk melanjutkan atau berhenti membaca. Alih-alih memulai dengan gambaran umum, kenapa tidak membuka dengan kalimat yang menarik?

 

6. Struktural

Struktural - Education Republic

Buat kerangka dasar dan garis besar poin-poin utama yang ingin kamu bahas dalam esai. Selanjutnya atur kerangka menjadi beberapa bagian: Pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

 

7. Tunjukan Emosi

Tunjukin Emosi - Education Republic

Terhubung dengan pembaca melalui tulisan adalah tantangan. Tapi jika kamu melakukannya dengan benar, kamu dapat menciptakan hubungan yang sangat kuat antara pembaca dan penulis. 

Menunjukkan emosi adalah cara yang bagus agar pembaca dapat berinvestasi secara emosi dalam esai mu.

 

8. Inspiratif dan Tidak Membosankan

Inspiratif Dan Tidak Membosankan - Education Republic

Tidak ada yang ingin membaca esai yang menyedihkan dan depresi. Daripada itu, akan lebih baik jika kamu menulis esai berdasarkan pengalaman negatif dan fokus pada pengalaman serta pelajaran yang dapat kamu ambil. Selain itu, jangan menulis kesimpulan yang membosankan. 

 

Editing

 

9. Proofread

Proofread - Education Republic

Meskipun kamu menganggap esaimu sudah sempurna, manusia tidak akan luput dari kesalahan. Karena itu, sangat penting agar kamu melakukan proofread esai untuk mengetahui letak kesalahan. Dan jika kamu telah melakukannya, kamu bisa meminta bantuan temanmu untuk melakukannya.

 

 

BACA JUGA: A to Z: All You Need to Know About IELTS

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: