BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

A to Z: All You Need to Know About IELTS

Posted on 16 November 2022

A to Z: All You Need to Know About IELTS

Jika kamu adalah salah satu orang yang bercita-cita untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, maka kamu pasti pernah mendengar tentang IELTS.

Salah satu syarat lolos ke kampus impianmu di negeri nun jauh disana adalah lulus IELTS dengan skor gemilang. Tapi, apa sih sebenarnya IELTS itu? Apa bedanya dengan TOEFL? 

Jangan khawatir! Karena di artikel kali ini, minER akan menjabarkan A to Z: All You Need to Know About IELTS. Simak baik-baik ya.

 

 

BACA JUGA: Get LPDP Scholarship With IELTS Preparation Program by Education Republic

 

 

Apa Itu IELTS?

IELTS atau International English Language Testing System adalah tes wajib yang menjadi syarat masuk ke banyak universitas sebagai bukti kemahiran berbahasa Inggris. Banyak Perguruan Tinggi, pemerintah dan perusahaan swasta juga mengharuskan untuk mengikuti tes jika ingin belajar atau bekerja di negara-negara seperti UK, US, Kanada, Australia, Irlandia, dan masih banyak lagi.

 

Tipe-Tipe IELTS

  • General Training IELTS: Tes ini diperlukan untuk mengkonfirmasi kemahiran bahasa jika kamu berencana untuk pindah ke negara yang menggunakan bahasa Inggris.
  • Academic IELTS: Versi ini berfungsi untuk masuk ke perguruan tinggi di tingkat sarjana atau pascasarjana, atau jika kamu ingin bekerja di organisasi profesional luar negeri.

 

Format Tes

  • Listening (30 menit + 10 menit untuk transfer jawaban): Kamu akan mendengarkan 4 rekaman audio, dan setiap bagian memiliki 10 pertanyaan untuk kamu jawab. Kamu hanya berkesempatan mendengarkan audio satu kali, jadi pastikan untuk mendengar dengan seksama.

  • Reading (60 menit): Untuk General Training maupun Academic, keduanya memiliki 40 pertanyaan. General Training memiliki teks seperti iklan, pengumuman pekerjaan dan deskripsi staf yang menguji kemampuanmu untuk mengatasi komunikasi tertulis di lingkungan sehari-hari. Sedangkan Academic, mengambil dari jurnal, majalah ilmiah atau buku sehingga bersifat deskriptif atau faktual yang berkaitan dengan akademik.

  • Writing (60 menit): Bagian ini terdiri dari dua tugas. Tugas pertama untuk General Training mengharuskanmu untuk menulis surat berisi keluhan, meminta informasi, atau menjelaskan situasi. Tugas pertama untuk Academic akan memberikan diagram yang mengharuskanmu untuk melaporkan fitur utama dalam 150 kata. Sedangkan untuk tugas kedua, kamu harus menulis esai 250 kata.

  • Speaking (11-14 menit): Bagian ini terdiri dari pertanyaan, berbicara panjang lebar, dan diskusi terstruktur. Bagian pertama, penguji akan menanyakan pertanyaan umum sehari-hari. Bagian kedua, kamu akan menerima petunjuk dan memiliki waktu satu menit untuk mempersiapkan topik dari petunjuk tersebut. Bagian ketiga, kamu akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan lebih lanjut jawaban dari bagian kedua untuk memamerkan keterampilan berbicara.

 

Apa Perbedaan IELTS dan TOEFL?

IELTS

Metode: Paper and Online

Scores: 0-9

Result: 13 hari

 

TOEFL

Metode: Online

Scores: 0-120

Result: 10 hari

 

Mana yang lebih mudah?

Beberapa orang lebih menyukai pertanyaan pilihan ganda. Beberapa lainnya lebih suka berbicara dengan seseorang daripada komputer. Kamu bisa mencoba keduanya untuk menentukan mana yang lebih kamu sukai.

 

 

BACA JUGA: Dapat Beasiswa LPDP, Ini Tips Ampuh Ujian IELTS

 

 

Mau tau lebih lanjut untuk program preparation IELTS? Silahkan hubungi Team Republic untuk konsultasi gratis dan pengurusan kuliah. Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER          : t.me/edurepublic

Virtual Office         : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office          : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office               : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office          : +6261 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office  : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office   : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: