BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

USA Application Day

USA Application Day   You're thinking about studying in the US? A US degree is recognized worldwide, such a power move for your resume! US universities are all about projects, […]

Find out more

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee

An Evening with Kaplan Singapore & Scholarship Awardee   Ngobrol seru seputar kuliah & dapetin Beasiswa ke Kaplan Singapore bareng expert speakers from Kaplan yuk! Kamu bisa kepoin kampus? Ada […]

Find out more

STUDY ABROAD EXPO 2024

STUDY ABROAD EXPO 2024!!!   Hadir Kembali di 4 Kota (BALI-BATAM-MEDAN-PEKANBARU)   Siapkan rencana studimu & konsultasi On-Spot bareng Universitas TOP DUNIA Pilihan hingga 15 NEGARA, PULUHAN KAMPUS terbaik, RIBUAN […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Meningkatkan GPA Saat Kuliah ke Luar Negeri

Posted on 8 Agustus 2023

Tips Meningkatkan GPA Saat Kuliah ke Luar Negeri

Berhasil secara akademis membutuhkan dedikasi dan usaha, terutama ketika kamu ingin meningkatkan nilai. Strategi yang tepat dapat mempengaruhi pencapaian pendidikanmu. 

Untuk meningkatkan GPA, pertama kamu harus mengetahui apa itu GPA. GPA adalah Grade Point Average yang kamu capai sepanjang tahun akademik. Hal ini bervariasi tergantung pada nilai di setiap mata kuliah.

Misalnya, jika kamu mendapat nilai A di kelas selama satu semester, 4 poin yang kamu peroleh dari nilai tersebut akan digunakan untuk GPA kumulatif. GPA-mu adalah rata-rata yang dihitung dari nilai yang kamu peroleh selama satu semester atau tahun ajaran.

Jika kamu ingin mendapatkan nilai memuaskan, ini dia Tips Meningkatkan GPA Saat Kuliah ke Luar Negeri.

 

 

BACA JUGA: Ditolak Kampus, Ini Cara Atasi dan Hal yang Bisa Kamu Lakukan

 

 

Menghadiri Kelas Secara Rutin

Ini adalah langkah yang sangat penting, bahkan lebih penting lagi jika menyangkut kelas ilmiah, karena kamu bisa melewatkan penjelasan mendetail dari profesor. Menghadiri kelas secara teratur juga memungkinkan kamu untuk berpartisipasi dan meninggalkan kesan yang baik pada profesor.

 

Jangan Ambil Kelas yang Tidak Kamu Butuhkan

Biasanya ada beberapa kelas yang wajib kamu ambil karena penting untuk mendapat gelar. Kamu harus mengingat kelas tersebut, saat mencari kelas tambahan atau additional. Pilih kelas yang sesuai kemampuan dan hindari kelas yang tidak kamu butuhkan.

 

Hubungi Instrukturmu

Sangat normal untuk menghubungi instruktur ketika kamu merasa kewalahan. Profesor, instruktur, dan konselor memiliki banyak informasi dan cara agar kamu bisa meningkatkan GPA. Mintalah feedback tentang tugas, kuis, ujian, agar kamu mengetahui titik lemahmu dan meningkatkannya.

 

Menyerahkan Tugas Tepat Waktu

Jika menyerahkan tugas terlambat, kamu bisa mendapat hukuman atau pengurangan nilai. Karena itu, aturlah waktu dan fokus pada tugasmu. Kunci untuk mendapatkan GPA yang bagus adalah terorganisir dan belajar mengatur waktu.

 

Bergabung dengan Grup Belajar

Cara paling bagus untuk meningkatkan GPA adalah dengan bergabung grup belajar. Kamu dapat menghubungi teman-temanmu untuk membentuk grup belajar. Kalian bisa berbagi catatan, dan mendiskusikan berbagai topik menarik.

 

Weekly Study Review

Hentikan kebiasaan SKS-mu. Sistem kebut semalam sangat tidak dianjurkan! Kamu harus mempelajari setiap subjek secara bertahap, cobalah untuk mereview materi seminggu sekali. Dengan melakukan ini, kamu akan merasa lebih mudah untuk mengingat semuanya.

 

Tetapkan Tujuan

Motivasi dirimu, tetapkan tujuanmu, dan di akhir minggu, ukurlah seberapa jauh prosesmu, kemudian evaluasi apa yang harus kamu lakukan untuk tahap selanjutnya. Menetapkan tujuan untuk meningkatkan GPA, dan mengetahui kelemahanmu akan sangat membantu peningkatan GPA.

 

Memanfaatkan Sumber Daya Pendidikan

Jika kampusmu memiliki perpustakaan, manfaatkan. Belajar di asrama atau ruang bersama, tidak selalu baik. Namun jika kamu belajar di perpustakaan, kamu akan lebih fokus dan memiliki lebih banyak sumber daya ilmu. 

 

Penutup

Sukses secara akademik dan meningkatkan GPA bukanlah sesuatu yang mudah. Tentu saja kamu harus bekerja keras untuk mencapainya. 

Nah sahabat minER, semoga tips diatas berguna untuk kamu yang sedang berjuang meningkatkan GPA ya!

 

 

BACA JUGA: Apa yang Dimaksud Early Admission?

 

 

Nah, jika kamu butuh konsultasi terkait kuliah di luar negeri, konselor di Education Republic sudah sangat berpengalaman lho.  Jika kamu tertarik, serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: