BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024   Calling out to students travelling to Ireland this Summer for the 2024/2025 academic year!   Join us for the Education in Ireland […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Ditolak Kampus, Ini Cara Atasi dan Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Posted on 7 Agustus 2023

Ditolak Kampus Ini Cara Atasi Dan Hal Yang Bisa Kamu Lakukan - Education Republic

Ditolak Kampus, Ini Cara Atasi dan Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Ditolak gebetan nggak sesakit ditolak kampus! Facts!

Bayangin, seluruh belajar kerasmu selama 3 tahun ternyata masih belum bisa mengantarkanmu ke kampus impian. Sakitnya nggak berdarah. 

Setelah menerima penolakan kamu akan bertanya-tanya, kamu harus apa? Apa yang bisa kamu lakukan? Kenapa hidupmu serasa berhenti dan mimpi-mimpimu semakin sulit tercapai? 

Jangan khawatir sahabat minER. Ditolak kampus memang menyakitkan, tapi hidupmu nggak semerta-merta berhenti begitu saja. Perjalanan masih panjang, hari-hari terus berlanjut, dan mimpimu masih bisa tercapai.

Nah pada artikel ini minER akan memberikan tips and trik Ditolak Kampus, Ini Cara Atasi dan Hal yang Bisa Kamu Lakukan. Check this out~

 

 

BACA JUGA: Apa yang Dimaksud Early Admission?

 

 

Don’t Take It Personally

Dont Take It Personally - Education Republic

  • Stop menyalahkan dirimu sendiri untuk hasil yang nggak bisa kamu kendalikan. Penolakan dari kampus nggak ada hubungannya dengan dirimu secara personal. Penolakan adalah bagian alami dari proses pendaftaran. Ditolak kampus bukan berarti kamu yang bermasalah, namun kampus memiliki pertimbangan sendiri. 
  • Jangan lari dari perasaanmu. Nggak salah kok kalau kamu merasa kecewa dan sedih. Karena gimana pun, perjalanan masa depanmu harus berubah. Perasaan iri yang kamu rasain saat melihat teman-temanmu berhasil keterima kampus, juga sangat lumrah. Feel whatever feelings come up, dan saat kamu sudah siap, yuk kembali fokus dan atur kembali rencana masa depanmu.

 

Cari Cara Untuk Mengatasi

Cari Cara Untuk Mengatasi - Education Republic

  • Look how far you’ve come. Kamu sudah tumbuh dan berkembang dengan luar biasa lho! Dalam persiapan masuk kuliah, kamu mungkin telah menguasai pelajaran yang kompleks, menjadi lebih percaya diri, menguasai public speaking, dan masih banyak lagi. Penolakan, nggak menghilangkan semua itu.
  • Bersimpati dengan student lain yang senasib. Kamu bukan satu-satunya student yang menerima surat penolakan. Pertimbangkan juga untuk membaca cerita-cerita orang terkenal yang ditolak kampus impian dan tetap berhasil mencapai hal-hal hebat.

 

Cari Perspektif

Cari Perspektif - Education Republic

  • Kenapa kamu ingin masuk ke kampus impianmu? Apakah kampus itu memiliki kunci untuk meningkatkan kualitas dirimu? Bisa jadi, ada banyak kampus lain yang bisa membantumu meningkatkan kualitas diri.
  • Lihatlah kualifikasi masuk secara kritis. Apakah nilai-nilaimu memang sudah layak untuk masuk ke kampus itu? Fokuslah pada kampus dimana statistik masuknya menjadikanmu kandidat yang kuat.

 

Fokus Kepada Kampus yang Menerimamu

Fokus Kepada Kampus Yang Menerimamu - Education Republic

  • Pikirkan kampus yang menerimamu dengan serius. Pertimbangkan untuk mengunjungi mereka atau menghubungi student aktif di kampus itu. Percaya deh, setelah diterima ke sebuah kampus, kamu akan melihat kampus tersebut dengan cara berbeda.
  • Kalau kamu nggak diterima dimanapun, buatlah rencana cadangan. Pertimbangkan untuk mendaftar ke community college atau mengambil gap year.
  • Jika kamu masih memikirkan penolakan, stop. Cobalah untuk melepas kampus impian yang menolakmu, kamu harus mencoba opsi lain yang sesuai dengan kemampuanmu.

Menerima penolakan dari kampus memang nggak menyenangkan. Sayangnya, penolakan adalah bagian dari hidup bagi siapa saja yang memiliki keberanian untuk mengejar impian dan cita-citanya. 

Cobalah untuk menganggap penolakan sebagai peluang untuk kamu semakin tumbuh, lalu mulailah melihat ke peluang baru!

 

 

BACA JUGA: 5 Jurusan Kuliah yang Dulu Nggak Ada

 

 

Nah, jika kamu butuh konsultasi terkait kuliah di luar negeri, konselor di Education Republic sudah sangat berpengalaman lho.  Jika kamu tertarik, serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: