BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

STUDY ABROAD EXPO 2023

Study Abroad Expo 2023 "Hybrid Free Event" is coming soon! Satu expo, 14 negara pilihan studi, ribuan program studi yang bisa dipilih. All this happening in our Study Abroad Expo […]

Find out more »

Future Fest: Discover Your Path to Success

Future Fest: Discover Your Path to Success Future Fest adalah satu-satunya education expo Indonesia yang berkolaborasi dan mengundang public universities luar negeri! Mulai dari NAFA, 3D Sense Media School, Taylors […]

Find out more »

Exploring Your Education & Career in Melbourne

Exploring Your Education & Career in Melbourne Melbourne Polytechnic is one of the best vocational and technical education in Asia Pacific. Ranked 21st out of 50 in Education Forum for […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Atasi Perbedaan Pilihan Jurusan dengan Orang Tua

Posted on 16 September 2022

Tips Atasi Perbedaan Pilihan Jurusan dengan Orang Tua

Orang tua adalah salah satu bagian penting dari hidupmu. Mereka membesarkanmu, membiayai sekolah dan kegiatan, bahkan mungkin menabung untuk membayar biaya kuliahmu. Tidak heran pendapat mereka menjadi sesuatu yang penting dan harus kamu pertimbangkan.

Meskipun kamu memiliki gambaran dan keinginan sendiri mengenai kuliah, orang tua bisa jadi memiliki pendapat berbeda. Hal ini dapat menimbulkan ketegangan antara hubunganmu dan orang tua.

Jika kamu tengah mengalami masalah di atas, tenang saja kamu tidak sendirian. Simak artikel ini untuk mengetahui Tips Atasi Perbedaan Pilihan Jurusan dengan Orang Tua.

 

 

BACA JUGA: Student Tips, Kuliah Sesuai Passion atau Peluang Karir?

 

 

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan aspek terpenting dalam mendiskusikan perbedaan pilihan ini. Penting untuk bersikap terbuka dan jujur tentang alasanmu memilih jurusan tertentu. Pun kamu juga harus mengetahui alasan orang tua di balik ketidak setujuan mereka terhadap pilihanmu.

Ingat, orang tua memiliki pendapat sendiri karena ingin masa depan terbaik untukmu. Pilihan mereka berdasarkan cinta dan perhatian. Meskipun itu bertentangan dengan pilihanmu, kamu tetap harus mengkomunikasikan dengan alasan yang logis secara tenang dan tidak menggebu-gebu.

 

2. Siapkan Alasan

Senjata terbaik dari berdiskusi adalah pengetahuan. Penting sekali untuk menyiapkan alasan kenapa kamu memilih jurusan tertentu. Jika orang tua tidak setuju kamu memilih jurusan Bisnis, maka siapkan data dan deretan fakta yang mendukung alasanmu memilih Bisnis.

 

3. Pertimbangkan Masalah Keuangan

Orang tua bisa jadi bersedia membayar kuliah apabila kamu mengikuti jurusan pilihan mereka. Sebaliknya, mereka bisa menolak membiayai kuliahmu apabila kamu tidak menuruti pilihan itu. Masalah ini bisa jadi cukup rumit, karena kuliah membutuhkan biaya yang besar. 

Komunikasikan dengan cerdas dan tenang mengenai masalah ini dengan orang tua. Dan jika tidak berhasil, kamu dapat meminta nasihat keuangan kampus atau mencari beasiswa.

 

4. Kompromi

Terkadang kompromi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan apa yang kamu mau. Jadi, terbukalah untuk mencari titik tengah dari perbedaan itu. Misalnya kamu ingin masuk jurusan Psikologi namun orang tua ingin kamu masuk Teknik, maka cobalah berkompromi dan beritahu mereka bahwa kamu bersedia mengambil Double Degree.

 

 

BACA JUGA: Gaji Kecil Perusahaan Besar vs Gaji Besar di Perusahaan Kecil, Pilih Mana?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri atau ingin melakukan tes untuk mengetahui potensi terbaikmu? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Education Republic juga menyediakan Tes Psikometrik lho. 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: