BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tipe Teman yang Akan Kamu Temukan Saat Kerja Kelompok

Posted on 10 November 2022

Tipe Teman Yang Akan Kamu Temukan Saat Kerja Kelompok - Education Republic

Tipe Teman yang Akan Kamu Temukan Saat Kerja Kelompok

Saat kuliah, kamu mungkin akan menemukan beberapa mata kuliah yang memberikan tugas kelompok. Dan pada setiap kelompok, kamu akan bertemu dengan berbagai jenis orang dengan karakter, latar belakang dan bahkan perspektif yang berbeda. 

Kerja kelompok umumnya akan menuntut setiap anggota aktif berkontribusi untuk menyelesaikan tugas, memenuhi tujuan atau mengelola proyek. Tujuan utama adalah mencapai keberhasilan dan mendapatkan hasil terbaik, sehingga biasanya mereka akan berbagi tanggung jawab .

Glenn M. Parker seorang International Workshop Facilitator, Consultant, Conference Speaker dan Author pada bidang kerja kelompok, kolaborasi, tim meeting, menyatakan bahwa terdapat empat tipe teman yang akan kamu temukan saat kerja kelompok atau bekerja dalam tim. Apa saja? Simak artikel ini ya!

 

 

BACA JUGA: Student Tips, Jadi Lulusan Incaran Perusahaan

 

 

1. The Contributor

The Contributor - Education Republic

Kontributor adalah tipe teman kelompok yang berorientasi pada tugas dan bertekad untuk menyelesaikan tanggung jawab. Biasanya mereka sangat terorganisir, teliti dan berorientasi pada detail. Mereka berdedikasi pada tugas dan berkontribusi pada tim dengan menyediakan dan berbagi semua informasi, maupun data teknis. 

Biasanya mereka menetapkan standar kinerja tinggi dan memastikan keberhasilan setiap aspek tugas/proyek yang sedang ditangani.

 

2. The Collaborator

The Collaborator - Education Republic

Menurut Parker, Kolaborator adalah orang yang sangat berorientasi pada tujuan. Ia melihat visi, misi dan tujuan tim sebagai hal yang penting. Umumnya tipe ini adalah sosok yang fleksibel, imajinatif, dan terbuka terhadap ide-ide baru. Mereka juga suka berkolaborasi dengan teman yang lain dan senang mengerjakan tugas lain untuk menambah nilai.

 

3. The Communicator

The Communicator - Education Republic

Komunikator adalah tipe teman yang berorientasi pada proses dan berdedikasi untuk memastikan proses berjalan dengan efektif. Menurut Parker, tipe anggota ini memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.

Mereka adalah pendengar yang baik, dan fasilitator terbaik, juga ahli menyelesaikan konflik. Mereka pandai membawa pesan antara anggota dan bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan kerja kelompok yang sehat dan positif. 

Tipe ini umumnya memiliki sifat yang positif, mudah dikagumi karena perhatian, antusias, suportif dan bijaksana.

 

4. The Challenger

The Challenger - Education Republic

Penantang adalah sosok yang melihat gambaran lebih besar dan sering mengajukan banyak pertanyaan tentang tujuan, metode, dan etika tim. Mereka kerap kali mendorong tim untuk mengambil resiko yang telah mereka perhitungkan dan tidak segan-segan menyatakan ketidaksetujuan. Umumnya mereka memiliki sifat yang jujur, blak-blakan, berprinsip, etis dan suka bertualang.

 

 

BACA JUGA: Manfaat Mentoring Bagi College Student

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER          : t.me/edurepublic

Virtual Office         : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office          : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office               : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office          : +6261 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office  : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office   : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: