BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Student Tips: Langkah Survive Resesi Sebagai Mahasiswa di Luar Negeri

Posted on 18 November 2022

Student Tips Langkah Survive Resesi Sebagai Mahasiswa Di Luar Negeri - Education Republic

Student Tips: Langkah Survive Resesi Sebagai Mahasiswa di Luar Negeri

Pada tanggal 16 November 2022, berbagai portal menayangkan berita negara Rusia yang resmi mengalami Resesi, menyusul Afrika yang telah lebih dulu mengalaminya.

Apa sih resesi itu?

Dari sekian banyak definisi beredar, secara sederhana resesi adalah kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat dan pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak perubahan yang signifikan pada kebiasaan masyarakat hingga mempengaruhi aktivitas ekonomi. Ekonomi yang semakin sulit pastinya akan terasa pada melemahnya daya beli masyarakat.

Dampak ini terjadi secara masif di seluruh dunia dan berbagai negara. Bahkan dampak pandemi juga menyebabkan angka pengangguran dan jumlah penduduk miskin di berbagai negara ikut meningkat yang menunjukkan lesunya perekonomian. 

Lalu, sebagai student yang sedang kuliah di luar negeri sendirian, apa yang bisa kamu lakukan?

Jangan khawatir, pada artikel ini minER telah merangkum Student Tips: Langkah Survive Resesi Sebagai Mahasiswa di Luar Negeri.

 

 

BACA JUGA: Apa Sih Tantangan Untuk International Students?

 

 

1. 50-30-20 Rule

50 30 20 Rule - Education Republic

Aturan 50-30-20 adalah metode penganggaran yang mudah dan dapat membantumu mengelola uang secara efektif, sederhana dan berkelanjutan. Caranya cukup simpel, kamu cukup membagi uang bulananmu ke dalam tiga kategori pengeluaran: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% untuk tabungan.

 

2. Jangan Berhutang

Jangan Berhutang - Education Republic

Jangan coba-coba untuk menambah bebanmu dengan berhutang! Bahkan meskipun itu dari kartu kredit sekalipun. Karena kamu tentunya tidak dapat memprediksi bagaimana kondisi keuanganmu setelah resesi ekonomi menerpa.

 

3. Cari Tambahan Uang Saku

Cari Tambahan Uang Saku - Education Republic

Manfaatkan keterampilan dan waktu luang dengan bekerja paruh waktu. Hal ini akan sangat membantu menambah penghasilan dan uang saku yang sekiranya akan kamu perlukan.

 

4. Split Costs

Split Costs - Education Republic

Berbagi pengeluaran dengan temanmu akan membantumu hemat. Misalnya, saat ingin naik uber, kamu dapat memangkas biaya transportasi hingga setengahnya. Atau mengurangi biaya internet dengan berbagi biaya WiFi secara bergantian setiap bulan.

 

5. Jangan Panik dan Nikmati Hidup

Jangan Panik Dan Nikmati Hidup - Education Republic

Hiduplah dengan sewajarnya. Kamu tidak perlu menghentikan konsumsi secara menyeluruh untuk menjaga uangmu tetap utuh. Justru konsumsi masyarakat sangat berperan besar untuk membantu ekonomi tetap tumbuh. Yang perlu kamu lakukan hanyalah bersikap lebih bijaksana dalam penggunaan uang dan tetap menikmati hidup.

 

 

BACA JUGA: Tips Budget Untuk Kuliah di Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER          : t.me/edurepublic

Virtual Office         : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office          : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office               : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office          : +6261 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office  : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office   : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: