BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Student Tips, How to Improve Creative Thinking

Posted on 2 September 2022

Student Tips, How to Improve Creative Thinking

Saat mendengar kata “kreativitas”, apa benakmu langsung meluncurkan bayangan seorang pelukis yang melahirkan lukisan mahakarya? Komposer yang menciptakan lagu yang duduk di tangga lagu dunia? Aktor yang membuat penonton menangis dengan dialognya? Penulis yang menciptakan buku legendaris masa ke masa?

Benarkah kreativitas hanya untuk profesi-profesi tertentu?

Kita cenderung mengasosiasikan kreativitas dengan bidang studi dan pekerjaan tertentu. Padahal nyatanya, kreativitas berguna dalam segala jenis bidang. Misalnya untuk membuat tugas makalah, karya ilmiah, penelitian, bahkan kamu perlu menjadi kreatif untuk melakukan presentasi yang menarik.

Pada artikel ini, minER akan memberikan Student Tips, How to Improve Your Creative Thinking.

 

 

BACA JUGA: Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Si Introvert

 

 

1. “Bagaimana Jika?”

Banyak sekali inovator dunia yang berhasil menciptakan inovasi luar biasa bermula dari pertanyaan “Bagaimana Jika?”.

Steve Jobs melihat ponsel biasa dan mengeluarkan pertanyaan, bagaimana jika aku mengubah ponsel ini menjadi lebih baik? Pertanyaan itu berhasil melahirkan smartphone yang menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat hingga kini.

Situs Top Universities melansir tiga pertanyaan untuk meningkatkan kreativitasmu, yaitu:

  • Apa yang akan terjadi jika aku mengubahnya?
  • Apa yang akan aku ubah jika aku ingin menggunakan benda ini untuk 10 tahun ke depan?
  • Apa yang akan aku lakukan jika aku memiliki uang untuk meningkatkan ini?

 

2. Coba Hal Baru

Mulailah lakukan hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Jika saat weekend kamu tidur hingga siang, maka cobalah bangun dan jalan-jalan pagi. Jika kamu suka membaca, cobalah baca buku yang di luar kebiasaanmu.

Mencoba hal baru akan membuat kreativitasmu mengalir.

 

3. Mind Mapping

Jika kamu merasa tidak kreatif, maka kamu harus mencoba untuk menggambar Mind Mapping. Poinnya adalah mengorganisir pikiranmu untuk mendapatkan ide. Mind Mapping sendiri merupakan proses menyambungkan ide secara visual dengan menggunakan bentuk dan garis.

 

 

BACA JUGA: Mind Map for College Students, Manfaat dan Cara Melakukannya

 

 

4. Mengobrol dengan Orang Kreatif

“Jika kamu berteman dengan penjual parfum, maka kamu akan ikut wangi.”

Kalimat itu mengajakmu untuk berteman dengan orang-orang yang dapat memberikan dampak positif kepada dirimu. Jika kamu ingin menjadi orang kreatif, maka bertemanlah dengan orang-orang yang kreatif dan mau mencoba hal-hal positif baru, keluar dari zona nyaman, dan tidak mudah menyerah.

 

5. Lakukan!

Kreativitasmu tidak akan menyelesaikan apapun jika kamu tidak melakukan apa-apa dan hanya sibuk berpikir. Mulailah lakukan sesuatu. Jika kamu ingin menulis karya ilmiah, maka mulai dengan paragraf pertama. Dan jika kamu ingin melakukan penelitian, maka mulai dengan topik yang kamu inginkan. Jika kamu ingin memulai desain, maka mulailah dengan konsep yang kamu rencanakan.

 

 

BACA JUGA: Tips Lulus Interview Kuliah ke Luar Negeri

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri atau ingin melakukan tes untuk mengetahui potensi terbaikmu? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Education Republic juga menyediakan Tes Psikometrik lho. 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: