BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Ini yang Akan Kamu Rasakan Saat Tinggal Sendirian di Luar Negeri

Posted on 27 Desember 2022

Ini yang Akan Kamu Rasakan Saat Tinggal Sendirian di Luar Negeri

Pindah sendirian ke luar negeri memang menantang, mengerikan, membingungkan. Namun di saat yang sama, kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru, ilmu baru, teman baru bahkan hidup dengan merasakan budaya baru.

You won’t realize how much you took home for granted until you moved out.

Pada awalnya kamu akan mengalami kesulitan memahami budaya, bahasa, bahkan ketidak cocokan dengan makanan setempat. Rasanya juga menyebalkan karena kamu terus-terus dianggap sebagai pendatang.

Tapi bukan ini masalah utamanya.

Penasaran?

Ini yang Akan Kamu Rasakan Saat Tinggal Sendirian di Luar Negeri, simak baik-baik ya!

 

 

BACA JUGA: Top 7 Kontroversial Topik Untuk Esai Argumentatif

 

 

Emotionally Isolated

Masalah utama baru tiba saat kamu sudah tinggal cukup lama, dan mulai merasa emotionally isolated.

Menciptakan hubungan pertemanan di negara asing, cukup sulit. Bahkan jika kamu menemukan teman baru, bahasa masih menjadi hambatan untuk membangun hubungan yang lebih berarti. 

 

Krisis Identitas

Awalnya kamu memiliki sikap yang ceria, blak-blakan, komunikatif. Namun saat tinggal di luar negeri, kamu harus mengubah beberapa aspek tertentu dalam dirimu agar bisa berbaur dengan masyarakat dan budaya setempat.

Akhirnya, kamu akan merasakan krisis identitas hingga kehilangan jati diri. 

 

Terjebak

Kuliah dan tinggal di luar negeri adalah pilihanmu. Namun saat rindu rumah, rasanya kamu ingin segera memesan tiket pesawat dan pulang ke Indonesia.

Kamu rindu keluargamu, masakan khas negaramu, teman-teman, bahkan lingkungan tempatmu tinggal. Tapi kamu tidak bisa pulang.

 

Kesadaran

Setelah mengalami berbagai fase tersebut, akhirnya kamu akan memiliki kesadaran. Bahwa dengan kuliah dan tinggal di luar negeri, artinya kamu memiliki peluang besar untuk berkembang dan lebih maju daripada orang lain.

Yang perlu kamu lakukan adalah bangkit dari perasaan negatif dan mulai menikmati keadaan. Kamu akan menaklukan hambatan bahasa dan memiliki teman, kamu akan terbiasa dengan budaya baru dan masyarakat setempat, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru. Dan pada akhirnya, kamu tidak kehilangan jati diri, namun menemukan identitasmu yang sebenarnya. Karena saat kuliah dan tinggal sendirian di negara asing, kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri.

 

 

BACA JUGA: Pekerjaan yang Bertahan Bahkan Saat Pandemi

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah dan bekerja di luar negeri? Butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: