BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

A Swiss Excellence with #1 Culinary School

A Swiss Excellence with #1 Culinary School Swiss itu nggak cuma soal pegunungan indah dan keju yang enak. Swiss juga punya sekolah kuliner peringkat Top 10 yang seru dan berkualitas […]

Find out more »

Study in Malaysia with Asia Pacific University

Study in Malaysia with Asia Pacific University   APU, kampus Top 50 Asia Tenggara yang super keren, seru dan dinamis. Di kampus ini kamu bisa eksplorasi minat dan passion, bahkan […]

Find out more »

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!   KUAS, kampus teknik multidisiplin berbahasa Inggris pertama di Jepang! Dengan 97% employment rate, KUAS jadi kampus yang konsisten berhasil cetak […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

HOW TO ASK FOR LETTERS OF RECOMMENDATION?

Posted on 6 April 2022

 

WHAT ARE LETTERS OF RECOMMENDATION?

Letters of recommendation memainkan peranan penting dalam proses untuk daftar masuk universitas, internship, atau bahkan untuk melamar pekerjaan. Ketika mahasiswa internasional mendaftar ke universitas di luar negeri, proses aplikasi mungkin memerlukan letters of recommendation. Surat ini adalah pernyataan tertulis dari seseorang dengan otoritas yang dapat berbicara tentang kualitas pribadi, keterampilan, kekuatan, kemampuan akademik, atau pencapaian profesional mahasiswa.

Sering kali bersifat rahasia, penulis surat akan mengirimkannya langsung ke universitas atau perusahaan yang kamu inginkan. Tujuan utama dari letters of recommendation adalah untuk memberikan universitas atau pemberi kerja pandangan rinci tentang siapa kamu sebagai pribadi, di samping prestasi dan kualifikasimu.

Bersamaan dengan lamaran dan interview, letters of recommendation membantu universitas dan pemberi kerja menentukan apakah kamu akan cocok untuk program studi atau pekerjaan yang  dituju — serta apakah cocok di institusi atau organisasi mereka. Letters of recommendation adalah bagian penting dari memulai perjalanan menuju karir masa depanmu.

 

BACA JUGA: CV AND RESUME WRITING TIPS

 

HOW TO ASK FOR LETTERS OF RECOMMENDATION?

Saat meminta letters of recommendation, ingatlah untuk bersikap sopan dan jelas saat pertama kali menghubungi. Yang terpenting, setelah pihak yang kamu mintai bantuan setuju untuk membuat letters of recommendation, pastikan mereka memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk menyiapkan surat tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika meminta letters of recommendation:

 

  • Ask early: Penting untuk menghormati waktu dan jadwal penulis, jadi pastikan untuk meminta suratmu sesegera mungkin. Dengan bertanya beberapa minggu sebelumnya, mereka akan punya waktu untuk menyiapkan surat yang ditulis dengan baik dan penuh pertimbangan.
  • Inform the writer of everything that is expected: Pastikan kamu menjelaskan semua detail yang diperlukan, seperti universitas atau perusahaan apa yang dituju, tujuan jangka panjangmu di universitas atau pekerjaan, tanggal jatuh tempo surat, dan informasi apa yang dibutuhkan dalam surat itu. Hal ini memudahkan mereka untuk memahami apa yang harus didiskusikan dalam surat dan area yang harus mereka tekankan.
  • Offer the option to decline: Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman menulis letters of recommendation atau mungkin terlalu sibuk, jadi ingatlah untuk membuatnya mudah bagi mereka untuk menolak jika perlu. Ini membuat hubunganmu dengan orang tersebut tetap positif, dan membuka kemungkinan bahwa mereka akan menulis surat untukmu di masa depan.
  • Thank the writer: Ketika penulis memberi tahu kamu bahwa letters of recommendation telah dikirim ke universitas atau perusahaan yang kamu tuju, ingatlah untuk selalu mengirimkan ucapan terima kasih. Karena kamu mungkin memerlukan letters of recommendation lain di masa mendatang, penting untuk tetap menjalin hubungan baik dengan penulis.

 

Untuk setiap program atau peluang yang kamu kejar, pertimbangkan dengan cermat pilihan referensimu dan pilih orang dengan latar belakang dan hubungan yang paling cocok dengan kamu. Jika orang yang kamu mintai bantuan belum pernah menulis letters of recommendation sebelumnya, mungkin berguna untuk memberikan beberapa contoh atau tips tentang apa yang harus disertakan dalam surat tersebut.

 

BACA JUGA: WHAT IS A SYLLABUS?

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Atau ingin mencari info mengenai beasiswa? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: